Jumat, 26 Oktober 2012

Survei Perilaku Menjaga Kesehatan





Sehat itu mahal. Ungkapan itu benar adanya. Coba kalau kita sakit berapa biaya yang harus dikeluarkan. Biaya obat, biaya dokter, dan biaya rumah sakit, apalagi jika sakit sampai berhari-hari. Karena itu, untuk mengantisipasi biaya sakit, sekarang ini banyak orang menyiasatinya dengan berlindung kepada asuransi.
Dampak negatif sakit bukan cuma soal biaya, tetapi juga menyebabkan waktu kita banyak yang hilang. Pekerjaan menjadi tidak tuntas, dan mungkin banyak kesempatan baik jadi lepas. Maka dari itu, menjaga kesehatan adalah sangat penting. Apalagi bila kita memiliki tingkat kesibukan yang tinggi. Tidak hanya sehat saja, tetapi stamina tubuh tetap terjaga prima.
Nah, banyak usaha yang dilakukan orang untuk menjaga kesehatan. Namun, berdasarkan hasil survei yang dilakukan SurveyOne di 6 kota besar yang melibatkan responden dari SES bawah hingga atas, umumnya kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan adalah tidur yang cukup, berolahraga dan menjaga pola makan (makan teratur). Kegiatan ini selain tidak mengeluarkan biaya, juga merupakan cara alami yang tidak menimbulkan efek samping yang negatif.
Mengkonsumsi vitamin juga dilakukan untuk menjaga kesehatan. Hasil survei memperlihatkan, semakin tinggi SES-nya semakin besar persentase responden yang mengkonsumsi vitamin. Cara lain yang dilakukan adalah dengan mengkonsumsi food supplement, terutama oleh mereka yang sedang menapaki karier (usia 21-30 dan 31-40 tahun).
Tetapi, mengingat umumnya harga food supplement relatif mahal, maka pengkonsumsi produk ini lebih banyak dari golongan menengah-atas. Sebaliknya, kegiatan minum jamu lebih banyak dilakukan oleh responden dari golongan menengah-bawah.
Tingkat konsumsi food supplement di Indonesia memang masih rendah. Tercatat hanya 19% dari responden yang mengatakan sering mengkonsumsi produk ini. Lantaran terkait dengan bujet, mereka yang sering mengkonsumsi makanan tambahan ini lebih banyak berasal dari golongan menengah-atas. Jakarta memiliki persentase tertinggi (22,6%), sedangkan persentase terkecil ada di Semarang (10,9%). Rata-rata mereka mengkonsumsi food supplement sebanyak 24,38 kali sebulan.
Selanjutnya, meskipun kesehatan dianggap penting, saat ini tidak banyak orang Indonesia yang secara rutin memeriksakan kesehatannya. Hanya 22,5% responden yang secara rutin mengecek kesehatannya. Kegiatan ini lebih banyak dilakukan oleh mereka yang berusia tua dari kelompok menengah-atas. Responden berusia muda (15-20 tahun) hanya 6,7% yang rutin memeriksakan kesehatannya.
Dalam soal makanan, ternyata banyak konsumen Indonesia sudah peduli dengan kandungan bahan yang ada dalam makanan atau minuman. Ini terlihat, sebagian besar responden (72,3%) mengatakan selalu memperhatikan bahan-bahan yang terkandung pada makanan atau minuman yang mereka beli. Di lain pihak, hampir separuh responden (48%) ternyata tidak tahu tentang bahan pengawet atau pewarna yang terkandung pada makanan atau minuman yang dibeli.
Konsumen di Makassar lebih banyak tidak tahu tentang bahan pengawet dan pewarna ketimbang kota lainnya (Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Medan). Kemudian, jika dilihat dari sisi SES, persentase ketidaktahuan ini semakin kecil bila berada di level SES lebih tinggi. Ini mungkin terkait dengan tingkat pendidikan. Umumnya golongan menengah atas memiliki tingkat pendidikan lebih tinggi.
Pertimbangan dalam Membeli Makanan
Dalam memilih produk makanan yang akan dibeli, konsumen umumnya lebih mempertimbangkan soal gizi dan harga, di samping rasa tentunya. Dari hasil survei, ketiga faktor inilah yang menjadi pertimbangan utama responden dalam membeli makanan. Responden yang dari golongan menengah-atas umumnya lebih mempertimbangkan kandungan dan gizi. Sementara, harga lebih banyak dipertimbangkan oleh responden dari golongan menengah-bawah.
Selain ketiga faktor tadi, tempat pembelian dan desain kemasan juga cukup banyak dijadikan pertimbangan oleh responden. Semakin tinggi level SES responden, kedua faktor ini semakin banyak dipertimbangkan pula. Pertimbangan tempat pembelian lebih banyak dikemukakan oleh responden di Medan dengan persentase 50%. Sadang pertimbangan desain kemasan lebih banyak dikemukakan oleh responden di Makassar. 


Sumber : http://www.marketing.co.id/blog/2008/08/27/survei-perilaku-menjaga-kesehatan/

4 komentar:

  1. Nama saya adalah Cynthia Johnson. kita hipotek, pinjaman rumah, kredit mobil, pinjaman Hotel, tawaran komersial Umum Mr John Carlson, orang harus memperbarui semua situasi keuangan di dunia / perusahaan untuk membantu mereka yang terdaftar pemberi pinjaman uang pinjaman pribadi, kredit konstruksi, rendah suku bunga 2% dll kredit modal, pinjaman usaha dan pinjaman kredit buruk bekerja, Memulai. Kami membiayai proyek di tangan dan perusahaan Anda / mitra dan saya juga ingin menawarkan pinjaman pribadi untuk klien mereka. hubungi kami melalui e-mail untuk informasi lebih lanjut: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. KABAR BAIK!!!

      Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

      Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

      Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

      Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

      Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

      Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

      Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

      Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

      Sepatah kata cukup untuk orang bijak.

      Hapus
  2. Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzaninvestment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah Indonesia (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 72 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga dapat menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  3. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Fraanca Smith karena telah memberi saya
    pinjaman sebesar Rp900.000.000,00 saya telah berhutang selama
    bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan
    saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua
    menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah
    yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan
    belajar tentang Franca Smith di salah satu blog saya menghubungi franca
    smith konsultan kredit via email:(francasmithloancompany@gmail.com) dengan
    keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun ini tahun dan
    harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan
    pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya
    telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan
    usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk
    diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan
    hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu franca Smith via email:(
    francasmithloancompany@gmail.com)

    BalasHapus