Jumat, 26 Oktober 2012

Customer Service and Retention





 

Marketing.co.id - Banyak perusahaan yang mengandalkan pelayanan pelanggan dan mempertahankannya sebagai salah satu strategi usahanya. Berbagai cara agar strategi yang mereka jalankan berjalan dengan baik dan efektif, seperti dengan menghadirkan produk-produk yang berkualitas tinggi serta ketepatan waktu pada saat pengiriman barang ke tangan para pelanggannya


Strategi untuk mepertahankan pelanggan
Jadi, bagaimana Anda bisa meyakinkan klien bahwa Anda  menginvestasikan waktu dan uang Anda ke dalam bisnis? Pastikan bahwa itu adalah bagian dari rencana layanan pelanggan Anda.


Mengetahui industri Anda dengan baik
Mengetahui secara gamblang industri Anda tidak hanya membantu dalam membangun kepercayaan dengan klien Anda ketika Anda pertama kali menjalin hubungan, akan tetapi memungkinkan Anda untuk mengantisipasi kebutuhan dan harapan mereka.
Misalnya, jika Anda menemukan pesaing Anda secara konsisten menawarkan bonus didalam layanan mereka, Anda jangan berharap klien Anda akan bertahan dengan Anda jika Anda tidak melakukannya juga. Mungkin yang lebih penting adalah dengan mengetahui seluk beluk industri, itu akan membedakan bisnis Anda dengan pesaing dan menunjukkan mengapa layanan Anda lebih unggul daripada  pesaing.


Bangun hubungan yang erat dengan klien Anda.
Bahkan, ketika Anda melakukan pekerjaan untuk orang yang Anda layani, mereka mungkin tidak ingin bekerja dengan Anda lagi dikemudian hari jika mereka tidak merasa dekat  dengan Anda. Untuk membangun sebuah hubungan, keluarlah dan cari tahu tentang kehidupan klien Anda, sehingga Anda dapat mengetahui apa yang terjadi di dunia mereka. Ketika Anda dapat menjalin hubungan antara diri sendri dan orang yang anda layani, hal ini akan dapat mempertahankan mereka untuk jangka  panjang.


Sering berkomunikasi
Untuk memastikan bahwa kebutuhan dan harapan setiap orang terpenuhi, buatlah jadwal rutin untuk bertemu dengan mereka untuk memantau/mengetahui kemajuan proyek apapun yang sedang anda kerjakan. Melalui jaringan internet, melalui  jejaring sosialnya akan terjalin komunikasi yang lebih baik dengan mitra bisnis Anda. Mereka dapat berbagi ide dan mengajukan pertanyaan dimana pun dan kapanpun mereka berada.
Ingat! Dengan membangun strategi yang tepat dan benar dapat menghemat waktu Anda sebaik mungkin.



Sumber : http://www.marketing.co.id/blog/2012/06/26/customer-service-and-retention/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar