Sabtu, 10 Agustus 2013

Siklus Normal Bisnis Dari Ide Hingga Initial Public Offering (IPO)




Saat mendirikan bisnis, seorang entrepreneur pasti memimpikan usahanya menjadi bisnis yang besar dengan omset luar biasa. Untuk dapat melakukan itu, seorang pengusaha tentu saja harus mengetahui siklus bisnis dengan baik.

Dari sekedar berupa ide, sebuah bisnis dapat berevolusi terus hingga akhirnya menarik investor untuk menanamkan modal. Evolusi bisnis biasanya berakhir dengan mencatatkannya ke bursa saham.
FundersandFounders.com yang dikutip Coolinfographics mengatakan bahwa siklus bisnis biasanya dimulai dari sebuah ide. Sang pemilik ide selanjutnya menjadi pendiri yang mendedikasikan perhatian penuh pada bisnis tersebut. Bila sebuah ide terlalu rumit untuk dikerjakan sendiri, maka dicarilah co-founder yang mengerti detail lain dari bisnis itu. Dalam tahap ini pembagian hak dan tanggung jawab lantas dipilah menjadi dua bagian.

Untuk merealisasikan bisnis, tentu saja dibutuhkan dana operasional. Fase awal bisnis umumnya menggunakan dana yang dikumpulkan dari saudara dan teman. Setelah beberapa bulan beroperasinya, ada beberapa investor yang disebut “angel investor” yang tertarik dengan bisnis tersebut dan memberikan dananya.

Bila ide bisnisnya bagus dan potensinya besar, dari tahap tersebut akan muncul venture capital yang menarik orang-orang untuk bergabung menanamkan uangnya. Ingin tahu tahap-tahap selanjutnya? Simak infografiknya berikut ini:





Rumor : Standar Gaji di Indonesia

Standar Gaji di Indonesia

Tahukah Anda berapa standar gaji yang harus Anda terima dengan posisi pendidikan Anda sekarang? pada umumnya orang tidak mengetahui berapa sebenarnya standar gaji yang harus diterimanya sehingga menyebabkan seseorang secara serabutan mencari pekerjaan apa saja dengan gaji berapa saja.
Saat Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan biasanya salah satu pertanyaan favorit yang akan dimunculkan pada sesi wawancara adalah berapa standar gaji yang Anda inginkan jika nanti diterima dip perusahaan tersebut.
Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang management skills, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.
Pada umumnya para pelamar memberikan jawaban yang disesuaikan dengan kemauan pihak perusahaan berapa akan menggajinya. Namun jawaban ini ternyata salah besar jika Anda tahu berapa sebenarnya standar gaji di Indonesia terlebih jika Anda memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi dan pengalaman kerja yang cukup lama.
Jawaban cerdas yang harus Anda berikan untuk menjawab pertanyaan seputar gaji adalah bayaran gaji yang sepadan dengan kualitas diri dan kinerja Anda di perusahaan.
Jika Anda merasa memiliki potensi yang cukup baik, maka akan lebih cerdas jika Anda meminta standar gaji yang Anda butuhkan. Ingat bahwa Anda bukan sedang mengemis pada orang, namun Anda sedang memperjualkan potensi diri yang selama bertahun-tahun diperbaiki.
Bagi Anda para pencari kerja memang idealnya harus mengetahui berapa standar gaji di Indonesia agar Anda bisa sedikit mengukur berapa gaji yang pantas Anda tawarkan dengan posisi dan potensi yang Anda miliki. Berikut ini beberapa standar gaji di Indonesia untuk beberapa posisi:
1. Pemilik bisnis dengan gaji tak terbatas
Bila ingin memiliki standar gaji yang tak terbatas, maka jadilah para pengusaha. Di Indonesia standar gaji tertinggi masih dipegang oleh para pengusaha, sebagai bukti nama-nama yang masuk ke dalam deretan 10 orang paling kaya di Indonesia adalah mereka yang berprofesi sebagai pengusaha. Jika ingin kaya hanya ada satu cara, jadilah pengusaha bukan buruh yang senantiasa bergantung nasib dengan pihak perusahaan.
Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang management skills, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.
2. Posisi direktur utama, direktur, eksekutif maupun kepala divisi diperkirakan jumlah standar gaji sekitar 50-100 juta
Jumlah gaji yang besar tentunya sebanding dengan potensi yang dimiliki dan lamanya mereka merintis karir kerja. Seorang direktur utama tentunya memiliki riwayat bekerja yang jauh lebih lama dibanding seorang karyawan baru fresh graduate.
3. Posisi general manager, standar gaji sekitar 20-30 juta perbulan.
4. Manager atau kepala bagian memiliki kisaran standar gaji sebesar 10-15 juta per bulan.
5. Posisi asisten manager memiliki standar gaji perbulannya 5-10 juta perbulan.
6. Untuk posisi fresh graduate S1 memiliki standar gaji 2-3 juta perbulan.
Jika diperhatikan sekilas, angka-angka standar gaji di atas cukup fantastik nilainya, mengingat masih sedikit posisi para pekerja di Indonesia yang memiliki standar gaji sesuai dengan angka di atas.
Faktanya masih banyak para sarjana yang masih pengangguran, bekerja di bawah upah minimum rata-rata. Dengan memperhatikan tarif standar gaji berbagai posisi di atas tentunya Anda bisa mengukur sejauh mana potensi Anda sekarang dan bisa memberikan jawaban yang tepat saat diberi pertanyaan soal gaji pada wawancara perusahaan.
Dari data di atas juga tampak bahwa posisi aman sebenarnya ada di profesi sebagai pengusaha. Posisi dengan jumlah gaji tanpa batas sesuai dengan keuntungan yang diperoleh oleh pihak perusahaan. Akan tetapi sedikit yang mau menekuni wirausaha karena alasan standar gaji atau penghasilan yang tidak jelas.
- See more at: http://rajapresentasi.com/2013/06/standar-gaji-di-indonesia/#sthash.YEhlA1H6.dpuf

 

Tahukah Anda berapa standar gaji yang harus Anda terima dengan posisi pendidikan Anda sekarang? pada umumnya orang tidak mengetahui berapa sebenarnya standar gaji yang harus diterimanya sehingga menyebabkan seseorang secara serabutan mencari pekerjaan apa saja dengan gaji berapa saja.

Saat Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan biasanya salah satu pertanyaan favorit yang akan dimunculkan pada sesi wawancara adalah berapa standar gaji yang Anda inginkan jika nanti diterima dip perusahaan tersebut.


Pada umumnya para pelamar memberikan jawaban yang disesuaikan dengan kemauan pihak perusahaan berapa akan menggajinya. Namun jawaban ini ternyata salah besar jika Anda tahu berapa sebenarnya standar gaji di Indonesia terlebih jika Anda memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi dan pengalaman kerja yang cukup lama.

Jawaban cerdas yang harus Anda berikan untuk menjawab pertanyaan seputar gaji adalah bayaran gaji yang sepadan dengan kualitas diri dan kinerja Anda di perusahaan.
Jika Anda merasa memiliki potensi yang cukup baik, maka akan lebih cerdas jika Anda meminta standar gaji yang Anda butuhkan. Ingat bahwa Anda bukan sedang mengemis pada orang, namun Anda sedang memperjualkan potensi diri yang selama bertahun-tahun diperbaiki.

Bagi Anda para pencari kerja memang idealnya harus mengetahui berapa standar gaji di Indonesia agar Anda bisa sedikit mengukur berapa gaji yang pantas Anda tawarkan dengan posisi dan potensi yang Anda miliki. Berikut ini beberapa standar gaji di Indonesia untuk beberapa posisi:

1. Pemilik bisnis dengan gaji tak terbatas
Bila ingin memiliki standar gaji yang tak terbatas, maka jadilah para pengusaha. Di Indonesia standar gaji tertinggi masih dipegang oleh para pengusaha, sebagai bukti nama-nama yang masuk ke dalam deretan 10 orang paling kaya di Indonesia adalah mereka yang berprofesi sebagai pengusaha. Jika ingin kaya hanya ada satu cara, jadilah pengusaha bukan buruh yang senantiasa bergantung nasib dengan pihak perusahaan.

2. Posisi direktur utama, direktur, eksekutif maupun kepala divisi diperkirakan jumlah standar gaji sekitar 50-100 juta
Jumlah gaji yang besar tentunya sebanding dengan potensi yang dimiliki dan lamanya mereka merintis karir kerja. Seorang direktur utama tentunya memiliki riwayat bekerja yang jauh lebih lama dibanding seorang karyawan baru fresh graduate.

3. Posisi general manager, standar gaji sekitar 20-30 juta perbulan.

4. Manager atau kepala bagian memiliki kisaran standar gaji sebesar 10-15 juta per bulan.

5. Posisi asisten manager memiliki standar gaji perbulannya 5-10 juta perbulan.

6. Untuk posisi fresh graduate S1 memiliki standar gaji 2-3 juta perbulan.

Jika diperhatikan sekilas, angka-angka standar gaji di atas cukup fantastik nilainya, mengingat masih sedikit posisi para pekerja di Indonesia yang memiliki standar gaji sesuai dengan angka di atas.

Faktanya masih banyak para sarjana yang masih pengangguran, bekerja di bawah upah minimum rata-rata. Dengan memperhatikan tarif standar gaji berbagai posisi di atas tentunya Anda bisa mengukur sejauh mana potensi Anda sekarang dan bisa memberikan jawaban yang tepat saat diberi pertanyaan soal gaji pada wawancara perusahaan.

Dari data di atas juga tampak bahwa posisi aman sebenarnya ada di profesi sebagai pengusaha. Posisi dengan jumlah gaji tanpa batas sesuai dengan keuntungan yang diperoleh oleh pihak perusahaan. Akan tetapi sedikit yang mau menekuni wirausaha karena alasan standar gaji atau penghasilan yang tidak jelas.

Standar Gaji di Indonesia

Tahukah Anda berapa standar gaji yang harus Anda terima dengan posisi pendidikan Anda sekarang? pada umumnya orang tidak mengetahui berapa sebenarnya standar gaji yang harus diterimanya sehingga menyebabkan seseorang secara serabutan mencari pekerjaan apa saja dengan gaji berapa saja.
Saat Anda melamar pekerjaan di sebuah perusahaan biasanya salah satu pertanyaan favorit yang akan dimunculkan pada sesi wawancara adalah berapa standar gaji yang Anda inginkan jika nanti diterima dip perusahaan tersebut.
Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang management skills, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.
Pada umumnya para pelamar memberikan jawaban yang disesuaikan dengan kemauan pihak perusahaan berapa akan menggajinya. Namun jawaban ini ternyata salah besar jika Anda tahu berapa sebenarnya standar gaji di Indonesia terlebih jika Anda memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi dan pengalaman kerja yang cukup lama.
Jawaban cerdas yang harus Anda berikan untuk menjawab pertanyaan seputar gaji adalah bayaran gaji yang sepadan dengan kualitas diri dan kinerja Anda di perusahaan.
Jika Anda merasa memiliki potensi yang cukup baik, maka akan lebih cerdas jika Anda meminta standar gaji yang Anda butuhkan. Ingat bahwa Anda bukan sedang mengemis pada orang, namun Anda sedang memperjualkan potensi diri yang selama bertahun-tahun diperbaiki.
Bagi Anda para pencari kerja memang idealnya harus mengetahui berapa standar gaji di Indonesia agar Anda bisa sedikit mengukur berapa gaji yang pantas Anda tawarkan dengan posisi dan potensi yang Anda miliki. Berikut ini beberapa standar gaji di Indonesia untuk beberapa posisi:
1. Pemilik bisnis dengan gaji tak terbatas
Bila ingin memiliki standar gaji yang tak terbatas, maka jadilah para pengusaha. Di Indonesia standar gaji tertinggi masih dipegang oleh para pengusaha, sebagai bukti nama-nama yang masuk ke dalam deretan 10 orang paling kaya di Indonesia adalah mereka yang berprofesi sebagai pengusaha. Jika ingin kaya hanya ada satu cara, jadilah pengusaha bukan buruh yang senantiasa bergantung nasib dengan pihak perusahaan.
Jika Anda ingin mendapatkan materi presentasi yang bagus tentang management skills, strategi bisnis dan personal development, silakan KLIK DISINI.
2. Posisi direktur utama, direktur, eksekutif maupun kepala divisi diperkirakan jumlah standar gaji sekitar 50-100 juta
Jumlah gaji yang besar tentunya sebanding dengan potensi yang dimiliki dan lamanya mereka merintis karir kerja. Seorang direktur utama tentunya memiliki riwayat bekerja yang jauh lebih lama dibanding seorang karyawan baru fresh graduate.
3. Posisi general manager, standar gaji sekitar 20-30 juta perbulan.
4. Manager atau kepala bagian memiliki kisaran standar gaji sebesar 10-15 juta per bulan.
5. Posisi asisten manager memiliki standar gaji perbulannya 5-10 juta perbulan.
6. Untuk posisi fresh graduate S1 memiliki standar gaji 2-3 juta perbulan.
Jika diperhatikan sekilas, angka-angka standar gaji di atas cukup fantastik nilainya, mengingat masih sedikit posisi para pekerja di Indonesia yang memiliki standar gaji sesuai dengan angka di atas.
Faktanya masih banyak para sarjana yang masih pengangguran, bekerja di bawah upah minimum rata-rata. Dengan memperhatikan tarif standar gaji berbagai posisi di atas tentunya Anda bisa mengukur sejauh mana potensi Anda sekarang dan bisa memberikan jawaban yang tepat saat diberi pertanyaan soal gaji pada wawancara perusahaan.
Dari data di atas juga tampak bahwa posisi aman sebenarnya ada di profesi sebagai pengusaha. Posisi dengan jumlah gaji tanpa batas sesuai dengan keuntungan yang diperoleh oleh pihak perusahaan. Akan tetapi sedikit yang mau menekuni wirausaha karena alasan standar gaji atau penghasilan yang tidak jelas.
- See more at: http://rajapresentasi.com/2013/06/standar-gaji-di-indonesia/#sthash.YEhlA1H6.dpuf

Manajemen Bisnis Rumah Sakit ; Cintai Pelanggan, Hormati Pesaing


Joe Kamdani, self-made man yang pendiri Data Script, Office Supplier terbesar di Indonesia punya cerita  menarik. Dia bahkan pernah diundang Kick Andy untuk berceritra di acara televisi yang sangat human spirit itu.

Pada suatu ketika, dia yang sudah berusia jantung 70 tahun, mau check up ke Mayo Clinic. Inilah klinik terkenal di dunia yang lokasinya di Rochester yang berpenduduk hanya 100.000 orang. Tapi, anehnya, pasien datang dari seluruh dunia tanpa iklan sama sekali.

Saya juga pernah check up dua kali ke sana. Pertama, ketika saya sudah bikin janji lima hari, tapi disuruh menstop  setelah tiga hari karena semuanya oke. Kedua, dua tahun kemudian, saya malah disuruh  supaya tidak datang saban tahun. Tiap dua tahun sudah oke, kata mereka. ”Kalau Anda datang terus berarti kami gagal bikin Anda sehat.”

Tapi, pada kasus pak Joe Kamdani sebaliknya. Dalam perjalanan, dia sudah kena heart attack dan ditolong orang tidak dikenal di suatu bandara di AS. Saat itu, ia sedang transit mau terbang ke Rochester. Ternyata belakangan, baru ketahuan bahwa penolong itu kebetulan adalah seorang dokter di Mayo yang kebetulan juga ada di bandara itu.

Begitu sampai di Mayo, langsung dilakukan pemeriksaan intensif. Hasilnya, Joe Kamdani harus langsung dioperasi karena keadaan sudah parah. Kalau tidak mau, akibat harus ditanggung sendiri. Jadi, kebalikan dengan situasi saya yang malah ‘disuruh pulang lebih cepat’ dan ‘dilarang balik tiap tahun’.
Sebagai manusia biasa, Pak Joe  masih belum yakin akan keputusan Mayo itu karena dia takut dioperasi. Siapa tahu ada jalan lain atau pendapat lain. “May I have a second opinion?” ”Sure, which hospital do you want to do it? We will help you you for a registration, since we have a good relationship with all good medical center in US”

Wow! Pak Joe tidak menduga jawabannya seperti itu.  Langsung saja, dia membatalkan rencananya dan minta langsung dioperasi aja di Mayo.  Karena itu, dia lantas diberi CV tiga dokter yang mungkin melakukan operasi yang boleh ia wawancarai. Pak Joe tidak mau mengambil risiko terlalu besar karena itu dia menanyakan pengalaman masing-masing dan kemungkinan berhasilnya operasi yang akan dilakukan.
Akhirnya, dia memilih salah satu dokter yang mengatakan bahwa probabilitas suksesnya 98 persen. Dua dokter yang lain hanya berani 90 dan 95 persen. Singkat kata, operasi jantungnya sukses dan sekarang Joe Kamdani jadi Ambassador Mayo secara suka rela.
Mayo memang mencintai pasien yang selalu dijadikan center dari pelayanan kesehatan yang diberikan. Mulai dari pendirinya almarhum Dokter Mayo dulu. Ia selalu mengusahakan supaya pembedahan dilakukan dengan mengurangi rasa takut maupun sakit pasien. Mayo tidak melihat pasien sebagai target yang harus diperas uangnya karena kebetulan lagi bermasalah dengan jiwanya.

Tapi, benar-benar mencintai pasien sebagai seorang manusia pada manusia yang lain. Bukan sebagai Brand terkenal pada Customernya yang lagi butuh dan panik. Dalam kasus saya, Mayo tidak mau dapat uang kalau memang tidak diperlakuan. “Don’t buy unnecessary services from us!”

Dalam kasus Joe Kamdani, Mayo justru meminta supaya operasi segera dilaksanakan karena cinta mereka pada pak Joe sebagai manusia yang harus diselamatkan jiwanya. Yang lebih hebat adalah ketika Mayo bahkan mau mendaftarkan Pak Joe untuk melakukan second opinion pada rumah sakit kompetitornya. Mereka justru bekerja sama dengan pesaing untuk bertukar pengetahuan dalam menolong pasien.

Padahal biasanya, sebuah perusahaan akan mengobarkan semangat pada karyawannya untuk “berperang” dengan pesaing dalam  ”target” pasar.  “Target your customers, Kill your Competitors!” Itulah filosofi “Marketing Warfare” yang ditulis Al Ries dan Jack Trout! Marketing adalah perang untuk merebut Market Share. Dan, di dalam perang, Anda boleh melakukan apa saja!

Tapi, Marketing 3.0memiliki 10 kredo dan yang dialakukan Mayo adalah Kredo Pertama: “Love your Customers, Respect your Competitors!” Sulit memang pelaksanaannya. Tapi, itulah Marketing with Human Spirit!


Mailbox : Aplikasi Email Terbaik Buat iPhone



Mailbox Untuk iPhone

Mailbox adalah aplikasi email yang menarik perhatian media pada awal tahun 2013. Berbagai upaya pengembang menggabungkan to-do dengan email tidak berhasil memikat para pengguna untuk berpindah dari aplikasi email tradisional. Tidak semua sukses dengan pendekatan mereka. Bagaimana dengan Mailbox? Ia berbeda dengan apa yang kita lihat selama ini. Alur yang diciptakan oleh Mailbox benar-benar sederhana dan efektif.

Menggunakan Mailbox berarti menentukan prioritas tugas berdasarkan email yang diterima. Tidak. Mailbox tidak menggunakan sistem pelabelan rumit untuk menentukan mana yang lebih penting atau kurang penting. Hanya terdapat 3 kolom: Mailbox, Later, Archive.


Mailbox dan Later

Cukup masuk akal bila kita melihat cara kita bekerja dengan email selama ini. Pada dasarnya, kita berhadapan dengan tumpukan tugas saat melihat ratusan email dalam inbox. Selanjutnya tinggal tergantung keputusanmu dalam menangani setiap email. Email yang sudah dibalas akan dianggap sudah selesai dan diarsipkan; demikian juga buat yang sengaja diarsipkan. Kamu bisa melihat semua email yang sudah diarsipkan pada kolom Archive.

Bagaimana dengan email-email yang tidak bisa dibalas dan dikerjakan pada hari itu juga? Kamu dapat menyapukan email ke kiri untuk menampilkan berbagai jadwal pengingat. Pilihan yang ditawarkan bervariasi dan relevan. Kamu bisa memilih Later Today agar email kembali masuk ke Mailbox 3 jam kemudian (di mana durasi bisa diubah pada halaman pengaturan), This Evening, atau Someday bila kamu memang belum tahu kapan mau menyelesaikan tugas pada email tersebut.

Setiap penjadwalan yang sudah ditentukan bisa kamu lihat pada kolom Later. Email-email dikelompokkan berdasarkan tanggal, diatur kembali, atau dikembalikan dalam Mailbox. Tidak memiliki waktu melihat semua email? Kosongkan email dengan menarik bar paling bawah untuk mengarsipkan semua email, atau sekadar menjadwalkannya untuk malam hari. Inbox zero setiap saat.


Conversation dan List

Bukan hanya itu fungsi Mailbox. Ia juga bisa berfungsi sebagai daftar to-do untuk berbagai kegiatan. Salah satu jenis email yang paling sering diterima adalah email promosi dari vendor-vendor langganan kita. Pada saat kamu tertarik dengan sebuah produk dan ingin membelinya satu hari nanti, maka tinggal pilih tombol «list» untuk memasukkannya ke label “To Buy”. Tidak ada batas label yang bisa dibuat sehingga Mailbox menjadi cukup fleksibel untuk berbagai keperluan.

Mengenai performa dan antarmuka, Mailbox tidak mengecewakan. Animasi dalam aplikasi lancar dan elemen antarmuka cukup mudah dipahami. Selama mencoba Mailbox, saya masih belum menemukan kekurangan yang membuat saya menjadi frustrasi.

Mungkin satu-satunya kekurangan Mailbox adalah ketergantungan terhadap layanan Gmail untuk bekerja dengan baik. Apabila kamu tidak menggunakan Gmail ataupun Google Apps, maka semua fitur yang baru saya bahas menjadi tidak berguna. Namun integrasi dengan Gmail justru mempermudah sinkronisasi email dalam Mailbox dengan pengguna Gmail, meskipun menghiraukan pengguna layanan email lainnya yang juga ingin antusias terhadap Mailbox.

Pada saat ini Mailbox tersedia di App Store secara gratis. Sayangnya, kamu harus bersabar mengantri untuk menggunakan Mailbox. Sistem pemesanan yang diterapkan Mailbox menghasilkan puluhan review dan rating jelek di App Store. Tetapi perlu diketahui bahwa alasan Mailbox mengambil langkah ini adalah untuk memastikan layanan mereka mampu berjalan dengan lancar dalam menyamakan kondisi email di Gmail dan Mailbox. Jadi tetap bersabar sambil menunggu giliranmu mencoba aplikasi email terbaik tahun ini.


Pengertian : Domain, Hosting dan Website.... ?


Apa itu Domain ?
Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet.
Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.

Domain memiliki beberapa level, yaitu :
1. Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti
.com (dotcommercial)
.net (dotnetwork)
.org(dotorganization)
.edu(doteducation)
.gov(dotgoverment)
.mil(dotmilitary)
.info (dotinfo)
dll

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).

2. Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.

3. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com.

Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang gratis seperti co.cc, cz.cc dst.


Apa itu Hosting ?

Hosting adalah space harddisk dalam komputer server  yang digunakan untuk penyimpanan database, email dan file web.
Ada banyak spesifikasi hosting, tetapi beberapa yang penting adalah :
- Space / kapasitas hosting : Ini adalah besarnya data yang bisa Anda taruh di hosting. Ukurannya adalah Megabytes, Gigabytes, Terabytes
- Bandwidth atau besarnya kuota transfer data per bulan. Ukurannya adalah Megabytes/bulan, Gigabytes/bulan, Gigabytes/bulan. Bandwidth ini direset ke nol tiap bulannya.
- Jumlah database : Ini adalah menentukannya banyaknya database yang bisa Anda buat / taruh di hosting
- Jumlah addon domain : Banyaknya domain lain yang bisa Anda tambahkan ke hosting
- Jumlah akun email : Banyaknya akun email yang bisa Anda buat


Apa itu website ?

Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet.

Website merupakan kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara, animasi, video sehingga lebih merupakan media informasi yang menarik untuk dikunjungi.

Berdasarkan content management system (CMS) :
- Web Statik (Static Website)
Yaitu situs web yang langsung ditulis dalam bentuk HTML dan berbentuk sederhana seperti website dengan 5 (lima) halaman, website yang berisi brosur produk dan jasa.
- Web Dinamis (Dynamic Website)
Yaitu situs web yang ditulis dalam bentuk bahasa pemrograman dan database, seperti PHP, ASP, Javascript, Ajax, jQuery dan MySQL. Dalam perkembangannya web dinamis menggunakan CMS sebagai back-end untuk administrator web tersebut. Salah satu yang paling terkenal karena sangat SEO Friendly adalah WordPress. CMS lain adalah Joomla, Drupal, CMS simple, Aura CMS dll. Contoh : detik.com, kompas.com dll
- Website Interaktif
Ada komunikasi dua arah antar pengunjung dan pengelola web. Salah satu contoh website interaktif adalah blog dan forum.
Berdasarkan fungsi dan kegunaan web :
- Web Perorangan : web yang digunakan untuk menceritakan tentang biografi diri, pengalaman pribadi, catatan harian dll (contoh : Blog Pribadi)
- Web Komersial : Web yang dipakai untuk menunjukkan produk dan jasa suatu perusahaan, atau juga dapat melakukan transaksi penjualan online (dengan shopping cart). Contohnya yaitu web company profile, toko online, yang biasanya menggunakan domain dengan akhiran/ekstensi .com, .co.id, dsb).
- Web Pemerintahan : Web jenis ini hanya boleh dipakai untuk keperluan website pemerintahan yang resmi. Seperti .gov untuk pemerintah US, atau go.id untuk web instansi pemerintah di Indonesia.
- Web Non-Profit : Website yang digunakan untuk kepentingan non protif. Jenis web ini biasanya digunakan oleh yayasan, sekolahan, universitas, organisasi, LSM dll. Web jenis ini biasanya menggunakan domain dengan akhiran.org, .edu, ac.id, or.id, dll.


Apa itu cPanel ?

cPanel adalah sebuah control panel untuk mengatur hosting Anda. Dengan cPanel, maka pengelolaan hosting Anda akan lebih mudah ketimbang dengan control panel jenis lainnya atau yang gratisan.

Banyak layanan hosting yang menggunakan cPanel, sehingga akan lebih mudah dalam proses pemindahan data antar hosting dlsb.


Perbedaan Protokol Email : POP3 vs IMAP


Seringkali kita dengar istilah POP3, IMAP dan SMTP di dunia email. Supaya Anda tahu pengertian dan perbedaannya, mari simak pembahasan kami berikut ini :

POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol email yang digunakan untuk mengambil email dari server. Protokol POP3  ditujukan agar ada yang menampung email untuk sementara sampai email tersebut diambil oleh penerimanya di komputernya.

IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses atau mengambil email dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan email yang akan diambil, membuat folder di server, mencari pesan email tertentu, maupun menghapus pesan email yang ada. Jelas ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali. Dengan IMAP terjadi komunikasi dua arah, sehingga terjadi sinkronisasi data. Berbeda dengan POP yang hanya satu arah, yaitu download saja dari email server ke komputer.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol email yang umum digunakan untuk pengiriman email di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim ke server email penerima.

Email Client adalah software/aplikasi yang digunakan untuk membuka maupun mengirim email, baik di PC maupun gadget, seperti : mozilla thunderbird, microsoft outlook dll.

Sedikitnya ada 6 perbedaan yang mencolok antara POP3 dan IMAP.
POP3
1. Email harus didownload terlebih dahulu sebelum ditampilkan sehingga memiliki beberapa kelemahan seperti : Anda harus mendownload lagi dari awal secara berulang – ulang jika menggunakan komputer yang berbeda.
2. Email yang sudah didownload ke komputer akan terhapus dari server tergantung dari setting Email client. Jika hal ini terjadi, maka saat Anda menggunakan komputer lainnya, Anda tidak bisa lagi membaca semua email anda secara penuh.
3. Semua email dan file attachment akan terdownload secara menyeluruh saat melakukan cek email dari email client.
4. Outgoing Email hanya akan tersimpan secara lokal di komputer (email client).
5. Anda hanya bisa mengatur email di komputer lokal saja. Saat anda menghapus sebuah email, maka hanya email di komputer Anda saja yang terhapus, sedangkan di email server tetap ada dan harus anda hapus secara manual.
6. Butuh waktu yang lama untuk reload email dari email server ke komputer Anda.


IMAP
1. Email masih tersimpan di server email sehingga tidak perlu mendownload semua email dari awal jika diakses menggunakan komputer lain. Perubahan yang dilakukan di komputer  satu akan berdampak pada email server dan komputer yang lain tentunya.
2. Sangat mudah dalam mengidentifikasi Email yang belum terbaca.
3. Pesan yang didownload hanya pesan yang anda akses saat itu untuk ditampilkan di komputer remote. Lebih praktis, cepat dan hemat waktu.
4. Outgoing Email bisa tersimpan secara realtime di email server dan bisa diakses oleh komputer manapun yang menggunakan IMAP.
5. Anda bisa mengatur email server dari komputer secara real time. Saat anda mengapus email di komputer remote, maka anda juga telah menghapusnya dari Email server. Sinkronisasi antara server email dan komputer  akan selalu terjadi secara otomatis sehingga yang kita akses di komputer adalah kondisi email secara real time yang ada di email server.
6. Waktu reload email jauh lebih cepat dari POP dan sinkronisasi antara email server dan komputer remote akan selalu terjadi secara otomatis saat anda melakukan aktivitas di komputer remote anda.

Dari perbedaan diatas dapat Anda lihat bahwa IMAP jauh lebih baik daripada POP3 dalam melakukan sinkronisi folder dan rule terhadap email server (webmail). Untuk Anda yang menggunakan HP atau smartphone, jelas lebih cocok jika memilih IMAP.

IMAP dan POP3 tersedia secara gratis di email seperti gmail.com dan juga email hosting yang menggunakan cPanel.

Cara Matikan Layanan Push Email di iPhone

 

Menurut sebuah studi yang dilakukan Microsoft, diketahui bahwa rata-rata orang akan memakan seperempat hari untuk memeriksa email pada smartphone-nya. Seperti yang diketahui, hampir semua smartphone masa kini sudah terintegerasi dengan layanan email yang membuat penggunanya dapat mengecek, mengirim dan menerima pesan kapan pun dan di mana pun.

Tetapi, tidak jarang juga ketika email masuk terus menerus di sela-sela kesibukan Anda dapat mengganggu konsentrasi dan menguras baterai mobile Anda. Oleh karena itu, bagi pengguna 
iPhone berikut ini tips untuk menghentikan sejenak layanan email yang masuk.

1.    Matikan pemberitahuan (notification) layanan push email dengan masuk ke Setting kemudian pilih Mail, Contact, Calenders.

2.    Pilih ‘Fetch New Data’

3.    Pilih “Select Manual” pada menu Fetch New Data untuk mematikan layanan kotak pesan masuk setiap berapa waktu sekali. Dengan memilih ini pun baterai iPhone Anda dapat lebih tahan lama.

4.    Untuk mengakses email baru, maka Anda cukup buka aplikasi email di iPhone dan tarik ke bawah layar ponsel.

Komplain Pasien vs Strategi RS


Pelayanan jasa medis atau jenis pelayanan jasa lainnya tidak akan terlepas dari keluhan pengguna jasa pelayanan tersebut. Keluhan yang terjadi dapat merupakan keluhan yang memang benar-benar dirasakan mengganggu pengguna jasa atau hanya sekedar harapan berlebih yang tidak terwujud dari pengguna jasa tersebut.


Setiap keluhan yang ada pada suatu pelayanan kesehatan, dalam hal ini pelayanan RS maka sebaiknya dilakukan pengolahan yang terstruktur. Pengolahan keluhan yang terstruktur membantu para pasien mengemukakan keluhannya dan Rumah Sakit sendiri mengetahui siapa penanggungjawab yang berkaitan dengan keluhan yang terjadi. Dengan demikian setiap keluhan yang diterima dapat ditanggapi oleh penanggungjawab layanan sehingga kelak dari keluhan yang di organisir tersebut menghasilkan sebuah strategi baru untuk peningkatan pelayanan.

Saat ini sudah sering kita temui CRO ( Customer Relation Officer ), divisi ini biasanya berkaitan erat dengan kepuasan dari pasien. Ada baiknya setiap RS mempunyai CRO untuk lebih mempererat hubungan RS dan pasien. Seandainya sebuah RS tidak memiliki CRO, bukan berarti tidak bisa menangani complain/keluhan/ masukan pasien; setiap petugas yang menerima complain dapat menangani complain secara langsung atau meneruskan ke divisi yang terkait. Berkenaan dengan prosedur yang sudah dijalani oleh setiap RS, maka untuk penanganan complain RS harus memiliki prosedur tersendiri sehingga kecepatan dan ketepatan penananan complain dapat diwujudkan.

RS merupakan sebuah organisasi yang tersusun dari  berbagai divisi dengan hubungan saling keterkaitan antar divisi, hal ini perlu diperhatikan baik-baik. Dengan timbulnya sebuah complain dapat dipastikan tidak hanya perlu perbaikan 1 divisi saja namun ada kaitan dengan divisi lainnya. Sebagai contoh : “ complain pengurusan adminitrasi pasien pulang rawat inap yang lama”. Dalam persoalan tadi ,  bukan semata – mata hanya pihak kasir saja yang perlu diperhatikan, namun bagian lain seperti perawat atau bahkan dokter yang memiliki pasien juga dapat terlibat. Apakah perawat sudah memberikan data – data pasien keluar secara lengkap? Apakah dokter sudah memberikan resep pasien pulang? Apakah kasir  menerima memeriksa ulang secara cepat dan tepat pengeluaran pasien? Dengan timbulnya complain perlu dikaji lebih lanjut, bagian mana yang membutuhkan perbaikan lebih lanjut, atau hanya sekedar meningkatkan kejelasan dalam komunikasi antar divisi.

Dalam menentukan kecepatan penanganan pasien bisa dilakukan “cross check “ kinerja bagian demi bagian, apakah kecepatan penanganan sudah terpenuhi atau terkendala di salah satu bagian. Tolok ukur kecepatan penanganan sebisa mungkin dapat diukur secara objective, sebagai contoh : memiliki tolok ukur waktu tunggu pasien sejak pasien ambil nomer antrian hingga pasien selesai mendapatkan pelayanan dan kembali ke kasir untuk membayar (waktu tunggu pasien ).

Komplain dari pasien bukan sebagai bahan pencatat ”dosa” bagian tetapi sebagai dasar perbaikan divisi yang terkait sehingga strategi yang dibentuk lebih mendekati sasaran yakni “ kepuasan pasien” 

Sistem Antrian Rumah Sakit


Sebelum masuk ke dalam bahasan bagaimana menganalisis sistem antrian dengan model antrian yang ada, kita perlu mengenal dulu karakteristik dari suatu sistem antrian. Paling tidak ada 3 elemen dasar dalam suatu sistem antrian, yaitu kedatangan (arrival), struktur antriannya, dan layanan (service) yang diberikan. Mari kita lihat satu-per satu

1. Kedatangan (arrival)
Suatu antrian mungkin terjadi karena adanya kedatangan.Faktor kedatangan ini dapat dilihat dari sumbernya, perilakunya, tingkat kesabaran, ataupun besarannya. Sumber kedatangan dapat berasal dari populasi yang tak terbatas (unlimited atau infinite) seperti kendaraan yang akan mengisi bahan bakar di pompa bensin, atau dapat pula berasal dari populasi yang terbatas (limited atau finite) seperti mesin-mesin atau fasilitas yang perlu dirawat dalam sebuah organisasi. Kedatangan dapat juga dilihat dari pola distribusinya yang umumnya terjadi secara acak dengan distribusi poisson. Dari tingkat kesabaran orang yang datang, maka ada tipe orang yang langsung pergi ketika melihat panjangnya antrian (balking), ada juga orang yang mencoba antri tapi kemudian juga pergi karena tidak sabar (reneging), dan ada orang yang berpindah-pindah dari satu antrian ke antrian lain karena ingin dilayani lebih cepat (jockeying). Terakhir, kedatangan dapat terjadi secara tunggal (single) atau pun secara bersamaan (batch). Faktor-faktor ini perlu kita perhatikan karena masing-masing membutuhkan analisis yang berbeda.

2. Struktur Antrian
Yang dimaksud dalam struktur ini ada beberapa hal, diantaranya: panjang antriannya, jumlah baris antrian, dan disiplin dalam antrian.  Panjang antrian perlu dipertimbangkan khususnya untuk populasi yang tak terbatas karena akan memakan banyak tempat. Perlu dipikirkan bagaimana alur antriannya agar disesuaikan dengan ruang yang tersedia, apakah berbentuk garis lurus atau kah melengkung. Jumlah baris antrian dapat berupa banyak baris (jalur) seperti di supermarket atau satu jalur dengan banyak server. Disiplin antrian menunjukkan bagaimana prioritas diberikan kepada para pelanggan. Umumnya menggunakan FCFS (First COme First Served), tetapi mungkin juga LCFS (Last Come First Served) seperti barang-barang di gudang.

3. Layanan (service)

Untuk faktor layanan, rancangan sistem antrian dapat dilihat dari tahapan antrian dan jumlah fasilitas pelayanannya (server). Tahapan antrian mungkin hanya 1 tahap selesai, tetapi dimungkinkan juga beberapa tahapan layanan. Sedangkan jumlah server bisa hanya satu tetapi juga bisa banyak. Dengan demikian kombinasi dari kedua aspek ini memungkinkan terbentuknya sistem dengan 1 tahap 1 server, 1 tahap multi server, multi tahap 1 server, atau multi tahap multi server. Hal lain yang perlu diperhatikan dalam aspek layanan ini adalah distribusi waktu layanan. Seperti halnya waktu kedatangan, waktu layanan pun berdistribusi acak. Biasanya pola distribusi acak waktu layanan dapat didekati dengan distribusi eksponensial.

Marketing Rumah Sakit ; Tips Memelihara Hubungan Relationships


Salah satu kunci dari marketing di rumah sakit adalah dengan mengenali darimana asal pasien. Ketika anda memulai menjalankan di rumah sakit, maka data asal pasien harus sudah anda pegang. Karena dari data inilah strategi dan program marketing dapat ditentukan dengan lebih akurat.


Setelah mengetahui asal pasien, maka sebaiknya kita membuat gambaran kemana pasien tersebut sebelum datang ke rumah sakit kita. Dalam marketing, istilah tersebut dikenal dengan channel. Misalkan, sebelum datang ke rumah sakit kita, pasien datang ke dokter praktek pribadi, klinik, atau rumah sakit kecil yang ada di tempat tinggalnya. Maka channel rumah sakit kita adalah dokter praktek pribadi, klinik, atau rumah sakit kecil tersebut.
Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan channel tersebut. Beberapa diantaranya adalah :



1. Memberikan informasi kepada channel agar lebih memahami produk layanan kita. Informasi ini menjadi sangat penting, karena dengan informasi tersebut, maka petugas di rumah sakit yang menjadi channel kita dapat menyampaikan informasi tersebut kepada pasien mereka.


2. Menjalin hubungan kerjasama dengan channel. Rumah sakit, klinik dan dokter bisa kita ajak kerjasam dengan prinsip yang saling menguntungkan.


3. Memberikan pelatihan. Pelatihan yang diberikan bisa disesuaikan dengan layanan yang ada di rumah sakit kita. Sebagai contoh, apabila kita memiliki layanan bedah orthopaedi yang lengkap, maka kita dapat memberikan pelatihan kepada petugas di rumah sakit lain tentang bagaimana awal penanganan pasien dengan patah tulang sebelum dikirim ke rumah sakit kita.


4. Meminjamkan peralatan. Rumah sakit yang menjadi channel kita dapat kita berikan pinjaman peralatan dengan skema kerjasama yang saling menguntungkan. Misalkan, rumah sakit kita memiliki alat bedah syaraf yang lengkap, kemudian kita meminjamkan CT-Scan, ke rumah sakit yang lebih kecil, sehingga rumah sakit tersebut dapat mendiagnosis dengan lebih baik, selanjutnya untuk pasien yang mengalami cedera kepala dapat dikirimkan ke rumah sakit kita.


Apapun langkah yang akan anda ambil, binalah hubungan dengan channel trsebut dengan menggunakan prinsip yang saling menguntungkan, dan hubungan jangka panjang

Konsep Manajemen Operasi dalam pelayanan kesehatan


Sudah diakui bahwa organisasi dan manajemen tidak dapat dipisahkan. Setiap organisasi memerlukan manajemen untuk meraih tujuan organisasinya. Tidak terkecuali institusi penyelenggara pelayanan kesehatan, apalagi sekelas rumah sakit. Semua fungsi manajemen sangat dibutuhkan rumah sakit. Satu diantara fungsi tersebut, bahkan boleh dikatakan yang berperan sangat penting adalah manajemen operasi. Bagaimana konsep dan penerapan manajemen operasi di rumah sakit, mari kita lihat secara sekilas.

Manajemen operasi adalah aktivitas manajemen (plan do check action – desain eksekusi perbaikan) dalam menciptakan nilai bagi pelanggan melalui transformasi input menjadi output dengan efektif dan efisien. Manajemen operasi tidak berarti hanya terkait dengan masalah operasional, tetapi menyeluruh dari isu strategis sampai isu operasional. Kalau boleh mengklaim, manajemen operasi adalah inti dari proses manajemen. Karena aktivitas operasi itulah dibutuhkan fungsi manajemen yang lain seperti manajemen sdm, keuangan, dan pemasaran.

 Di rumah sakit, isu strategis yang perlu dijawab adalah bagaimana strategi operasi rumah sakit untuk mencapai visi, misi RS dengan efektif. Selain itu, isu perencanaan kapasitas juga tidak kalah penting. Tidak mungkin RS dibangun untuk waktu yang singkat, dan kemudian diperluas secara sporadis. Isu yang menyangkut investasi yang besar serta waktu yang panjang lainnya adalah pemilihan lokasi atau fasilitas fisik RS. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah bagaimana RS menjawab isu-isu keberlanjutan (sustainability).
Pada tingkat taktis, RS harus memiliki perencanaan yang baik mengenai estimasi pasien dan kebutuhan RS setiap tahun agar rencana kerja tahunan dapat direalisasikan dengan baik. Berdasarkan estimasi tersebut, maka RS harus memperkirakan sumber daya yang dibutuhkan, khususnya SDM. Manajemen persediaan juga tidak kalah penting dan mendesak mengingat fakta menunjukkan besar sekali biaya yang dikeluarkan untuk persediaan.

 Pada tingkat operasional, RS harus memiliki sistem penjadwalan yang baik, sistem pengendalian kualitas, penanganan antrian di setiap instalasi, pemeliharaan sarana dan prasarana alat, efisiensi sistem pendukung (seperti air, listrik, gas, dan sampah). Ini semua tidak dapat dikelola dengan ala kadarnya. Diperlukan manajemen yang profesional agar misi mulianya kepada para pemangku kepentingannya terpenuhi, juga pengelolaannya efisien.

13 Prinsip Marketing Inspiratif di Tahun 2013


Sumber Ilustrasi: http://3.bp.blogspot.com/

Ada 13 prinsip inspiratif yang bisa dipakai dan diperhatikan oleh pemasar di sepanjang tahun 2013.  Ketigabelas prinsip ini tidak lepas dari konsep pemasaran kontemporer New Wave Marketing dan prinsip-prinsip dari pemasaran masa depan Marketing 3.0, marketing berbasis Human Spirit.
Pertama, Be Always CONNECTED with your Landscape.  Pada saat ini, Chaos is the New Normal.  Karena itu adalah suatu kemutlakan  untuk selalu ter-connect  pada Customer, Competitor, dan Change tanpa putus. Marketer perlu terhubung selalu dengan Customer  agar bisa memahami apa yang senantiasa menjadi kebutuhannya yang berubah. Termasuk memahami perilakunya. Terhubung dengan perubahan agar senantiasa siap menghadapi perubahan-perubahan di pasar. Terhubung dengan apa saja yang dilakukan kompetitor.
Kedua, Identify relevant COMMUNITIES in your chosen segments. Pada saat ini, customer sudah semakin menjadi  mahluk sosial  yang terlibat dalam berbagai Komunitas on-line maupun off-line. Karena itu, communities are the real dynamics of segmentation.  Sebab itu, para marketer seharusnya bisa merangkul sekaligus masuk ke dalam komunitas pelanggan. Di sana, marketer bisa melalukan percakapan, mendengarkan, membantu, memberdayakan, maupun merangkul mereka.

Ketiga, CONFIRMATION is the entrance gate to your target market. Pada saat ini, posisi marketer dan customer sudah semakin horisontal. Karena itu, tingkat  acceptance  yang tinggi dari suatu Komunitas merupakan langkah awal yang sangat penting.  Di era sekarang, it’s not targeting anymore, it’s confirming!  Konfirmasi ini sejalan dengan langkah sebelumnya, yakni komunitisasi.  Setelah kita mengindetifikasi sejumlah komunitas, kita melakukan konfirmasi, ke komunitas mana kita akan bergabung.  Konfirmasi dilakukan untuk menemukan apa yang disebut dengan “sweet spot.” Jadi, marketer harus menemukan komunitas yang mampu memberikan manfaat kepadanya secara optimal. Komunitas memiliki pilihan untuk confirm atau ignore. Ini menunjukkan komunitas cukup powerful. Prinsipnya, antara perusahaan dan pelanggan sudah sama-sama sejajar.
Keempat, CLARIFY your positioning statement.  Pada saat ini, customer sudah semakin smart dan  knowledgable. Karena itu, positioning tidak cukup hanya direfleksikan dalam sebuah slogan atau tag-line, tapi harus dijelaskan dalam berbagai aspek. Klarifikasi dalam hal ini adalah upaya memperjelas persona maupun karakter kepada komunitas yang sudah confirm sebelumnya.  Marketer sebaiknya melakukan klarifikasi secara kontinu mengingat  persepsi tentang merek maupun  perusahaan terbentuk dari berbagai pihak, seperti dari perusahaan sendiri, pelanggan, media massa, dan bahkan dari kompetitor.
Kelima,  Differentiation needs an authentic CODIFICATION. Pada saat ini, persaingan sudah bersifat  borderless, seamless,  dan limitless. Karena itu, diferensiasi yang sustainable adalah yang bersifat seperti suatu DNA yang unik, original, dan kreatif.  Perusahaan harus benar-benar bisa mengindentifikasi perbedaan yang ada sampai pada tingkat DNA. Bukan sekadar di permukaan.  Perusahaan harus senantiasa terkoneksi dengan pelanggan agar mampu membuat produk yang benar-benar sangat personal bagi pelanggan sehingga tidak ada satu produk lain yang bisa menyerupai produk tersebut.
Keenam, Give chances to customers to do Product CO-CREATION.  Pada saat ini, orang tidak mau hanya disodori produk standar tapi mau sesuatu yang  pas dengan pribadinya. Karena itu, lebih banyak kemungkinan untuk melakuan co-creation, produk akan lebih mudah laku. Ini eranya untuk berkreasi bersama pelanggan. Dengan kreasi bersama ini, rasa kepemilikan dan bahkan tanggung jawab pelanggan terhadap merek akan terbangun dengan sendirinya.
Ketujuh, CURRENCY is the key pricing formula.  Pada saat ini, manusia punya value-imperative  masing-masing. Karena itu, sistem harga yang terbaik adalah suatu  floating-price berdasarkan suatu variabel yang dipilih.
Kedelapan, COMMUNAL-ACTIVATION will strengthen channeling.  Pada saat ini, orang ingin punya kebebasan dalam memilih channel untuk suatu pembelian. Karena itu, pengaktifan suatu komunitas merupakan channeling yang termudah.
Kesembilan, Don’t Promote, just do CONVERSATION.  Pada saat ini, orang sudah capai dan eneg jadi sasaran segala macam promosi. Karena itu, suatu model pembicaraan informal tentang sesuatu hal akan lebih efektif. Pelanggan tidak bisa lagi dibombardir dengan aneka promosi dan iklan. Apalagi yang sifatnya satu arah yang menjadikan pelanggan sebagai objek.
Kesepuluh, Transform Selling efforts to COMMERCIALISATION.  Pada saat ini, orang akan  lari dan menghindar  apabila didekati oleh seorang salesperson yang agresif. Karena itu, usahakan terjadinya suatu transaksi yang punya  commercialisation value untuk kedua belah pihak.
Kesebelas, CHARACTER is the spirit of a Brand. Pada saat ini, orang sudah tidak percaya lagi pada sekadar nama besar. Karena itu, buktikan bahwa nama besar itu didukung oleh Karakter yang kuat.  Saat ini bukanlah era untuk branding ala narsis maupun pencitraan saja. Mengingat pelanggan semakin cerdas. Branding without character is nothing!

Keduabelas, Service shall transform to CARE.  Pada saat ini, pelanggan tidak suka suatu pelayanan yang bersifat  lip-service. Karena itu, berilah kepedulian yang sungguh sebagai seorang teman sejati, bukan sebagai pelayan!
Ketigabelas, COLLABORATE more to refine your process.  Pada saat ini, kapabilitas dan kompetensi harus makin fokus dan spesifik. Karena itulah, mengelola kerjasama strategis atau pun taktikal dengan lebih banyak pihak akan lebih menyempurnakan Quality, Cost, dan Delivery.
Demikianlah 13 prinsip inspiratif bagi marketer di tahun 2013. Mau tidak mau, marketer harus bisa melakukan hal itu. Senantiasa menghorisontalkan diri dengan pelanggan dan berlaku berdasarkan nilai-nilai Human Spirit. 


Negara Penghasil Uang Terbanyak


Source: http://dobby.dyndns.biz/
Perubahan situasi ekonomi dunia dalam lingkungan makro ekonomi beberapa negara juga ikut mempengaruhi sektor mikro. Secara keseluruhan TSR (total shareholder return) tingkat pengembalian pemegang saham turun sebanyak 6 persen secara global. Penyebab utama seperti yang kita ketahui, krisis utang Eropa dan pemulihan ekonomi global yang masih tersendat.
BCG telah melakukan riset seputar TSR pada 5.000 perusahaan di 40 negara dan 37 industri di berbagai sektor. Penurunan TSR mengindikasikan terdapat penurunan jumlah safe havens bagi kalangan investor. Pada grafik berikut ini akan membandingkan rata-rata TSR tahunan antara sejak saat krisis tahun 2008 sampai dengan tahun 2011 dibandingkan dengan TSR tahunan 2011.



Source: BCG Perspectives
Pada grafik dapat dilihat hanya terdapat enam negara yang memiliki TSR yang positif yaitu Amerika, Indonesia, Malaysia, Filipina, Afrika Selatan, dan Thailand yang tergolong pasar berkembang. Afrika Selatan memiliki tingkat TSR tertinggi (10 persen) yang diikuti oleh Filipina (8 persen).
Hal yang menarik di sini ekonomi negara-negara Asean memiliki prospek yang baik bagi para investor. Pertumbuhan ekonomi yang baik di kawasan, daya tahan yang cukup baik terhadap krisis ekonomi 2008 dan krisis Eropa. Namun memang saat ini Thailand masih berusaha memulihkan diri dari bencana banjir beberapa waktu yang lalu yang sempat memukul beberapa industri terutama sektor otomotif dan perangkat elektronik untuk pasar ekspornya.
- See more at: http://the-marketeers.com/archives/negara-penghasil-uang-terbanyak.html#.UgFkzvwgGc0


Kamu Bisa Melaporkan Spam iMessage Langsung ke Apple


Berdasarkan berita yang kami kutip dari MacStories, Apple kini membuka jalan bagi para pengguna buat melaporkan iMessage spam langsung kepada Apple.
Pengguna bisa mengirimkan laporan kepada Apple di alamat iMessage.spam@icloud.com, dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Menyantumkan screenshot dari pesan tersebut
  2. Menyantumkan alamat email atau nomor telepon si pengirim pesan spam
  3. Menyantumkan tanggal dan waktu penerimaan pesan tersebut
Mungkin kamu belum pernah mendengar ada kasus spamming lewat iMessage, tapi pada kenyataannya, beberapa pengembang pernah menjadi korban hal penyerangan spammer iMessage.
Berikut kutipan beritanya via AppAdvice:
The attacks are accomplished by sending a quick succession of messages via iMessage. These messages, which are supposedly sent automatically from the OS X Messages app with the aid of an AppleScript, can arrive at such a high rate that they completely crash the recipient’s Messages app on OS X and even on iOS.
Langkah yang dilakukan Apple kali ini semakin menegaskan keinginan Apple untuk menjamin pengalaman baik pengguna yang menggunakan produknya.
Sebelumnya Apple baru saja mengumumkan bahwa hingga saat ini, total sudah ada 900 milyar iMessage yang dikirimkan oleh para pengguna.


Cara Mengisi Lagu di Iphone dengan Copy Paste dari PC


Bagi anda yang mempunyai Iphone mungkin anda akan kebingungan bagaimana mengisi lagu pada ponsel tersebut. Karena seperti yang kita ketahui, iphone tidak dilengkapi dengan fasilitas slot microSD. Inilah yang menjadikan suatu kerepotan tersendiri saat ingin memindahkan lagu dari PC atau laptop untuk diisikan pada perangkat Iphone. Namun jangan cemas karena ada cara tersendiri yang dapat dilakukan untuk mengisi lagu di Iphone anda. Caranya? Ada beberapa alternatif yang dapat digunakan untuk mengisi lagu di Iphone yaitu dengan menggunakan aplikasi iTunes yang tersedia pada ponsel, atau bisa juga dengan memindah lagu dari PC dengan CopyTrans Manajer. Pelajari caranya pada pembahasan ini!

Memindah Lagu Pada PC ke Iphone Melalui iTunes
Para pengguna Iphone pastinya sudah sangat akrab dengan aplikasi iTunes. Di aplikasi inilah tempatnya para pengguna Iphone untuk menikmati fitur-fitur hiburan dan untuk mengurangi kebosanan. Sayangnya belum banyak yang tahu bagaimana cara memindah lagu ke Iphone melalui iTunes ini. Sebenarnya pada aplikasi iTunes kita dapat membeli lagu-lagu atau video. Namun untuk menghemat biaya maka anda bisa juga hanya memindah lagiu-lagu yang sudah dipunyai, misal dalam PC, maka anda hanya tinggal memasukkan lagu-lagu tersebut pada Iphone. Berikut cara-caranya:
  • Sambungkan Iphone dengan PC, kemudian buka aplikasi iTunes
  • Pilihlah file mana yang ingin anda pindahkan ke Iphone. Blok file tersebut kemudian buka kembali iTunes.
  • Pilihlah Tab Musik, kemudian klik file yang dipilih.
  • Tahan dan drop/drag file itu ke iTunes. Maka otomatis iTunes akan mengupdate musik pada Iphone anda.
Memindah lagu dengan software CopyTrans Manager
Jika menggunakan iTunes mungkin sudah banyak diketahui, maka penggunaan software CopyTrans Manager juga dapat diandalkan untuk memindah lagu dari PC ke Iphone. Kelebihan software ini yaitu sifatnya portable dan tidak perlu adanya sinkronisasi. Software ini dapat diunduh di internet untuk semua jenis komputer windows. Langkah-langkahnya antara lain:
  • Jalankan aplikasi CopyTrans Manager pada PC atau laptop anda
  • Hubungkan Iphone dengan PC
  • Mulai masukkan lagu dengan mengklik lagu yang diinginkan, kemudian pilih update.