Sabtu, 10 Agustus 2013

Marketing Rumah Sakit ; Tips Memelihara Hubungan Relationships


Salah satu kunci dari marketing di rumah sakit adalah dengan mengenali darimana asal pasien. Ketika anda memulai menjalankan di rumah sakit, maka data asal pasien harus sudah anda pegang. Karena dari data inilah strategi dan program marketing dapat ditentukan dengan lebih akurat.


Setelah mengetahui asal pasien, maka sebaiknya kita membuat gambaran kemana pasien tersebut sebelum datang ke rumah sakit kita. Dalam marketing, istilah tersebut dikenal dengan channel. Misalkan, sebelum datang ke rumah sakit kita, pasien datang ke dokter praktek pribadi, klinik, atau rumah sakit kecil yang ada di tempat tinggalnya. Maka channel rumah sakit kita adalah dokter praktek pribadi, klinik, atau rumah sakit kecil tersebut.
Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan channel tersebut. Beberapa diantaranya adalah :



1. Memberikan informasi kepada channel agar lebih memahami produk layanan kita. Informasi ini menjadi sangat penting, karena dengan informasi tersebut, maka petugas di rumah sakit yang menjadi channel kita dapat menyampaikan informasi tersebut kepada pasien mereka.


2. Menjalin hubungan kerjasama dengan channel. Rumah sakit, klinik dan dokter bisa kita ajak kerjasam dengan prinsip yang saling menguntungkan.


3. Memberikan pelatihan. Pelatihan yang diberikan bisa disesuaikan dengan layanan yang ada di rumah sakit kita. Sebagai contoh, apabila kita memiliki layanan bedah orthopaedi yang lengkap, maka kita dapat memberikan pelatihan kepada petugas di rumah sakit lain tentang bagaimana awal penanganan pasien dengan patah tulang sebelum dikirim ke rumah sakit kita.


4. Meminjamkan peralatan. Rumah sakit yang menjadi channel kita dapat kita berikan pinjaman peralatan dengan skema kerjasama yang saling menguntungkan. Misalkan, rumah sakit kita memiliki alat bedah syaraf yang lengkap, kemudian kita meminjamkan CT-Scan, ke rumah sakit yang lebih kecil, sehingga rumah sakit tersebut dapat mendiagnosis dengan lebih baik, selanjutnya untuk pasien yang mengalami cedera kepala dapat dikirimkan ke rumah sakit kita.


Apapun langkah yang akan anda ambil, binalah hubungan dengan channel trsebut dengan menggunakan prinsip yang saling menguntungkan, dan hubungan jangka panjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar