Kamis, 01 Mei 2014

Tips : 13 Strategi Lulus Uji Kompetensi Perawat


Uji Kompetensi (UK) bagi Perawat secara nasional telah dilaksanakan satu kali di Indonesia pada tahun 2013 lalu, namun hingga kini masih menyisakan beragam pertanyaan. Terutama bagi fresh-graduate yang akan menghadapinya di tahun 2014 ini. Begitu juga bagi mahasiswa yang gagal lulus di tahun 2013 lalu, tidak kalah pening memikirkannya.
Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan bagi alumni lembaga pendidikan keperawatan di Indonesia agar lulus ujian kompetensi tersebut? Berikut ini ada 13 Strategi Lulus Uji Kompetensi yang dapat Anda aplikasikan. Selamat membaca!

Strategi Pertama: Persiapkan Diri Anda
Kandidat yang berhak untuk mengikuti ujian kompetensi adalah mereka yang telah lulus pendidikan keperawatan, baik pendidikan diploma keperawatan maupun sarjana keperawatan (plus ners). Tujuan utama dari ujian kompetensi adalah untuk menguji pengetahuan dan tingkah laku kandidat dan menetapkan bahwa kandidat tersebut memiliki kompetensi yang diperlukan.
Pastikan bahwa Anda telah melakukan persiapan yang diperlukan untuk mengikuti ujian kompetensi ini. Setidaknya Anda harus sudah familiar dengan format dan tipe soal yang akan diujikan nanti. Oleh karena itu berlatih secara rutin akan membuat kemungkinan Anda lulus lebih tinggi.
Berdasarkan informasi yang berkembang bahwa ujian kompetensi ini terdiri dari 120 soal pilihan ganda dan wajib diselesaikan selama 2 jam. Berarti setiap soal hanya diberikan waktu 1 menit untuk memilih satu jawaban yang paling tepat.
Di awal ujian kompetensi, Anda akan diberikan satu set soal ujian kompetensi bersama dengan lembar jawaban. Anda wajib mengisi semua informasi yang diperlukan dalam lembar jawaban secara akurat. Setelah itu, Anda baru diperbolehkan untuk membulatkan jawaban yang paling tepat dalam lembar jawaban yang telah diberikan dengan menggunakan pensil 2B. Pastikan bahwa jawaban yang Anda berikan cukup tebal dan bulatan telah terisi dengan sempurna.
Lembar jawaban ini akan dikoreksi oleh alat yang sesuai, oleh karenanya Anda perlu untuk memperhatikan hal-hal berikut ini:
  • Apabila Anda ingin merubah jawaban yang diberikan, pastikan bahwa jawaban yang telah diberikan sebelumnya telah Anda hapus dengan bersih,
  • Jangan berikan tanda apapun di lembar jawaban menggunakan pulpen atau pensil, kecuali pada tempat yang diperbolehkan,
  • Anda tidak perlu merubah apapun bagian sebelah kiri dari lembar jawapan yang tampak berbayang, biarkan saja apa adanya,
  • Jangan melipat lembar jawaban Anda agar alat korektor lembar jawaban dapat membaca lembar jawapan Anda dengan sempurna.
  • Akhirnya, jangan lupa selama ujian kompetensi, perhatikan jumlah halaman dari set soal yang diberikan, pastikan bahwa Anda tidak tertinggal satu halamanpun untuk menjawab soal tersebut.

Strategi 2: Fahami Soal Ujian
Pembuat soal pada umumnya akan secara general mengambil bahan untuk diujikan yang biasanya akan tampak asing bagi peserta ujian kompetensi. Anda tidak mungkin berharap bahwa semua topik Keperawatan Medikal Bedah yang Anda kuasai yang akan dikeluarkan. Namun, apabila ternyata soal ujian kompetensi yang keluar sesuai dengan prediksi Anda, berarti Anda sedang beruntung. Tapi jangan harap keberuntungan Anda tersebut akan 100% terjadi.
Setiap studi kasus dan skenario biasanya berbeda. Coba dan fahami semua bahan yang diujikan, sambil Anda memilah jawaban-jawaban yang mengelirukan. Studi kasus juga biasanya akan diambil dari pengalaman nyata yang terjadi di rumah sakit atau layanan kesehatan lain. Oleh karena itu, pasangan jawaban yang akan Anda temui dalam soal ujian kadang terlihat diluar konteks dan kerapkali dimulai dari pertengahan proses pengobatan. Selama ujian, Anda tidak akan mendapati soal yang menjelaskan topik secara umum (berbeda dengan yang Anda biasa jumpai di buku), melainkan Anda akan langsung dibawa ketengah-tengah jenis soal ujian yang baru dan tidak Anda kuasai.

Strategi 3: Belajarlah mengikuti Irama Anda
Tidak perlu ngoyo semasa anda mempersiapkan diri untuk menghadapi uji kompetensi. Tiap orang mempunyai learning style yang beragam. Jika anda senang belajar bersendirian, lakukanlah. Namun jika anda lebih menyukai belajar dalam diskusi berkelompok carilah rekan yang mempunyai learning style yang sama.

Strategi 4: Jangan Ingin Terlalu Sempurna
Pepatah mengatakan no body is perfect. Setiap orang pasti memiliki kelemahan. Namun, kelemahan yang kita miliki bisa kita tutupi dengan giat belajar dan berlatih. Orang barat sering mengatakan – practice makes perfect – semakin sering belajar atau berlatih maka kepandaian atau kemampuan kita kian sempurna.

Strategi 5: Kesalahan yang Biasa Terjadi
Seorang mahasiswa ataupun calon peserta uji kompetensi biasanya malas dan sering menunda-nunda aktivitas untuk belajar. Sebagaimana saat kuliah dahulu, masih sering menganggap sistem kebut semalam masih ampuh untuk dijalankan dalam menghadapi uji kompetensi, ini adalah kesalahan yang fatal.
Perlu difahami bahwa kejayaan seseorang adalah berkat usaha gigih yang dilakukannya secara sedikit demi sedikit namun berkesinambungan. Bukan hasil keberuntungan karena soal uji kompetensi yang keluar hasil belajar dengan sistem kebut semalam.

Strategi 6: Perbanyak Informasi Tambahan
Banyaklah bergaul dengan kawan-kawan anda yang sedang menghadapi problem yang sama. Saling berkomunikasi untuk bertukar fikiran dan sharing resource yang dimiliki. Yakin anda akan banyak mendapatkan pencerahan jika dibandingkan dengan duduk melamun sendirian di kamar karena berfikir masalah anda tidak ada yang membantu.
Anda juga bisa mengunjungi berbagai laman web yang menyediakan berbagai soal untuk uji kompetensi secara gratis, baca dan pelajari dengan baik, insha Allah anda akan banyak mendapatkan informasi tambahan yang tidak sedikit disana.

Strategi 7: Jawaban yang Mencolok biasanya Salah
Setiap uji apapun, biasanya kita temukan jawaban-jawaban yang lain dari pilihan yang ada, misalnya jawaban yang karakternya paling panjang sendiri, jawapan yang sangat bertolak belakang maupun jawapan yang tidak rasional. Biasanya jawaban yang mencolok seperti itu salah. Pilihlah alternatif jawaban lain yang berbeda dan yang menurut anda paling benar.

Strategi 8: Trik Jawaban
Ketika menjawab soal uji kompetensi, pandai-pandailah anda memilah dan memilih. Gunakan analisa anda dari hasil-hasil pembelajaran yang telah anda lalui. Setiap pilihan jawaban kaitkan dengan memori anda, kemudian pilihlah satu jawaban yang paling tepat.
Selain itu berbeda dengan penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi negeri dimana jawaban salah akan dikurangi beberapa point, pada uji kompetensi jawaban salah tidak akan dikurangi point. Jadi jawablah semua soal dengan yakin. Jangan biarkan ada soal yang dibiarkan kosong dan tidak terisi karena hal tersebut berarti mengurangi kesempatan anda untuk lulus ujian.

Strategi 9: Idea yang Pertama Muncul Biasanya Betul
Saat membaca soal uji kompetensi biasanya akan muncul ide-ide secara sekelebat tentang jawaban dari soal yang sedang kita hadapi. Perhatikan baik-baik dan koneksikan dengan memori anda, karena biasanya ide yang pertama muncul adalah jawaban yang betul.

Strategi 10: Rileks
Soal uji kompetensi tidak akan menelan anda. Oleh karenanya berusahalah untuk rileks. Anda yang harus bisa menaklukkan serangkaian soal-soal tersebut, bukan sebaliknya. Jika stress sudah anda rasakan, istirahat sejenak, tarik nafas dalam dan hembuskan perlahan sehingga perasaan anda lega. Ulang berkali-kali selama anda mengikuti uji kompetensi agar tetap rileks.

Strategi 11: Dapatkan Gambaran dari yang Tidak Anda Ketahui
Anda mendapati soal uji kompetensi yang benar-benar baru dan belum pernah membaca atau mempelajarinya, tenang. Jangan stress.  Gunakan fikiran anda untuk membayangkan soalan tersebut dan dapatkan gambaran yang rasional darinya, setelah itu carilah jawaban yang menurut anda sesuai dengan gambaran yang telah anda dapatkan tersebut.

Strategi 12: Optimalkan Ilmu yang telah Dipelajari
Disaat Anda menemukan soal ujian yang memiliki jawaban yang berlawanan, jawaban yang tepat biasanya ada di salah satu pilihan jawaban tersebut.
Contoh:
A. Calcium is the primary mineral linked to osteoporosis treatment.
B. Potassium is the primary mineral linked to osteoporosis treatment.
Kedua pilihan jawaban diatas saling berlawanan, ini mengindikasikan bahwa salah satu pilihan jawaban adalah benar.

Strategi 13: Tidak perlu jadi Genius untuk Lulus Ujian Kompetensi

Anda tidak harus menjadi Einstein atau mengetahui semua topik yang dipelajari selama di bangku kuliah untuk lulus ujian kompetensi. Bahkan, kerapkali soal yang dikeluarkan tidak pernah Anda dengar dan mengaburkan. Jika Anda harus mengetahui semua topik secara detail, malah Anda akan pusing sendiri. Jadi, kuasailah topik-topik penting yang Anda anggap perlu Anda fahami.

Management : Sales Force Seperti Tim SWAT Harus Akurat dan Cepat dan Lincah


Memahami sales untuk perusahaan Teknologi Informasi (TI) seperti Microsoft cukuplah kompleks – sekompleks dengan industrinya. Paling tidak inilah yang dikatakan oleh Peter Lydian Sutiono, Direktur Small and MidMarket Solutions & Partners Group PT Microsoft Indonesia. “Di dunia TI, produknya cukup kompleks dan range cukup lebar. Selain itu, perubahannya juga sangat cepat dan dinamis khususnya siklus produk pendek. Dan, Microsoft mengambil semuanya,” ujar Peter.

Di tengah lanskap yang cukup kompleks tersebut, segmentasi pasar menjadi penting. Hal ini juga akan menentukan strategi segmentasi tim sales di Microsoft tersebut. “Selain itu, cara membangun kekuatan sales juga berbeda-beda. Ini menjadi tantangan tersendiri, terkait dengan cara kami melihat pelanggan, portofolio produk, dan mengelola talent,” kata Peter.

Peter menambahkan Microsoft senantiasa menempatkan salesforce sebagai bagian yang ada untuk melayani pelanggan. “Sebab itu, ketika melakukan segmentasi, kami mendasarkan pada pelanggan,” kata mantan CEO Dell Indonesia tersebut.

Segmentasi yang dimaksud menyangkut tiga area, yakni segmen consumer, enterprise, dan small and medium business (SMB). Namun, segmentasi ini masih dibagi dalam industrial base. Tujuannya, agar salesforce bisa memahami pelanggan di ketiga segmen tersebut dalam industri yang berbeda-beda. Ditambah dengan mereka yang menangani solusi dan layanan purnajual.

“Bicara soal salesforce di Microsoft tidak hanya menyangkut salesforce itu sendiri karena kompleksitasnya. Misalnya, 95% bisnis kami datang dari partner. Jadi, di kami, masih ada partner unit lagi. Banyak hal terangkai dengan salesforce,” kata Peter.
Peter mengatakan dalam rangkaian kompleks organisasi itu, mau tidak mau, salesforce harus menjadi “komandan perangnya.” Di segmen enterprise, misalnya, Peter menggambarkan salesforce sebagai komandan SWAT Team. “Prinsipnya di salesforce enterprise ini, kami mengedepankan kemampuan  berkolaborasi dan berkoordinasi yang luar biasa,” kata Peter.
Konsekuensi sebagai komandan di enterprise itu, lanjut Peter, Microsoft harus mencari orang yang sudah memiliki banyak pengalaman di ranah tersebut. Ibaratnya seperti orang yang sudah mengenal medan perangnya. Sedikit berbeda dengan yang mengelola segmen consumer di mana aktivasi pemasaran menjadi salah satu yang dikedepankan seturut dengan tren kebutuhan di kalangan konsumen. Tentunya, sedikit berbeda dengan yang ada di segmen SMB.

“Semua itu disusun dengan satu tujuan utama bagaimana kami akhirnya bisa peduli pada kebutuhan semua pelanggan. Organisasinya memang kompleks. Tapi, kompleksitas ini dibangun agar layanan pelanggan menjadi sederhana,” tandas Peter.

Karakteristik Ciri Rumah Sakit yang Kinerja Buruk


Penerapan sistem pembiayaan kesehatan nasional berdampak pada semakin dituntutnya efisiensi pada dengan tetap mepertahankan mutu pelayanan sesuai dengan standar yang berlaku.

Tidak tertutup kemungkinan, RS yang tidak mampu efisien akan collaps dan pada akhirnya tidak mampu bertahan hidup. RS-RS di Indonesia perlu banyak belajar dari kegagalan RS di negara lain.

Meskipun banyak faktor eksternal dan internal RS sebagai pembeda, namun ada indikator mutu yang berlaku secara universal. Beckers Hospital Review baru-baru ini merilis laporan berisi empat ciri RS yang berkinerja buruk.

  1. BOR  Rendah
    Menurut laporan ini ada banyak RS yang terpaksa tutup karena BOR kurang dari 27%. BOR yang rendah akan memicu rendahnya pendapatan dan tingginya biaya.

  2. Angka admisi ulang yang tinggi
    Jika angka admisi ulang mencapai 10% maka RS tersebut dapat digolongkan sebagai RS berkinerja rendah. Angka admisi ulang yang dimaksud adalah yang terjadi akibat pasien terpaksa kembali ke RS karena mengalami infeksi atau komplikasi tambahan akibat buruknya mutu pelayanan sebelumnya.

  3. Rendahnya angka kepuasan pasien
    Berita tentang buruknya pelayanan di sebuah RS akan lebih cepat menyebar dan efektif bila berasal dari mantan pasien, dibandingkan berita baik apalagi yang berasal dari staf RS. Ini akan mepengaruhi penilaian masyarakat secara umum dan kemudian mempengaruhi keputusan passien dalam memilih RS mana yang akan dituju untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

  4. Lokasi RS (di perkotaan atau di daerah)
    Secara umum RS yang berkinerja buruk memiliki kombinasi dari ketiga ciri di atas. Selain itu, RS yang berkinerja buruk biasanya memiliki kapasitas kurang dari 138 TT (daerah perkotaan) atau kurang dari 78 TT (daerah kota kecil dan pedesaan), hasil sensus pasiennya berada pada level rata-rata untuk 50 pasien (daerah perkotaan) dan 30 pasien (untuk daerah kota kecil dan pedesaan), dan biasanya berlokasi tidak jauh dari RS lain (5 mil untuk RS di daerah perkotaan dan 25 mil untuk RS yang ada di daerah kota kecil dan pedesaan) yang memiliki pelayanan lebih baik .
Dengan sistem pembayaran JKN melalui tarif paket, maka selayaknya para pengelola RS di Indonesia memiliki pola pikir yang berbeda dalam mengelola biayanya. 
Dalam hal ini, tarif paket menuntut RS memiliki informasi biaya dalam paket-paket pelayanan, bukan lagi biaya per tindakan per pasien seperti yang selama ini diperhitungkan oleh RS.

Dengan demikian, tingkat efisiensi RS hanya dapat diketahui setelah menghitung biaya dan pendapatan secara keseluruhan, bukan per kasus pasien.


Karena JKN baru diterapkan beberapa bulan, belum semua RS, khususnya RS swasta, yang bergabung untuk melayani passien BPJS. Oleh karenanya, pasien BPJS di beberapa daerah mungkin tidak memiliki banyak piliha, namun di daerah lain khususnya di kota besar masih bisa memilih jika dirujuk ke RS. 
Dalam hal ini, kepuasan pasien menjadi salah satu kunci keberhasilan RS dalam meningkatkan angka kunjungan dan tingkat hunian RS.


Oleh karenanya, selain informasi yang dikumpulkan oleh RS melalui pelaporan RS ke Dinas Kesehatan setempat, RS juga perlu melakukan monitoring secara terus menerus dan evaluassi berkala terhadap berbagai indikator lainnya, misalnya yang terdapat pada SPM maupun pencapaian target pada RSB.

Bagi manajer RS, data ini akan sangat bermanfaat untuk memberikan informasi tingkat mutu dan efisiensi RS. 

Sudahkan RS anda melakukan monev secara berkala terhadap pencapaian SPM dan RSB/RBA?

Tips 10 Bahan Alami Obati Sakit di Tour Perjalanan


Rencana liburan akhir pekan sudah sempurna. Pakaian sudah dikemas, tiket perjalanan sudah dibeli, perbekalan pun sudah tersimpan rapi dalam koper.

Menghabiskan akhir pekan panjang dengan berlibur memang menyenangkan. Karena itu, jangan biarkan gigitan serangga, mual, atau penyakit lainnya merusak waktu liburan Anda.

Jika tidak sempat membawa obat-obatan yang merepotkan, ada berbagai bahan alami yang sebenarnya bisa dijadikan obat. Mengutip Express, berikut yang bisa Anda gunakan.

Soda untuk tersengat tawon : Selain menyegarkan, minuman bersoda ternyata juga bisa menyembuhkan kulit yang tersengat tawon. Minuman bersoda mengandung asam fosfat yang dapat menghilangkan rasa sakit akibat sengatan. Tapi, efek minuman bersoda seperti cola tidak berlaku untuk sengatan lebah.

Tomat  untuk gigitan serangga dan penetralisir bau
Tomat bisa menjadi obat alami untuk mengatasi bengkak dan gatal akibat gigitan serangga. Cukup iris, dan letakkan di bagian yang gatal atau bengkak. Itu juga berguna mengatasi bau badan. Tuang dua cangkir jus tomat dalam air hangat di bak mandi. Berendamlah 15-20 menit.

Cuka  untuk sengatan ubur-ubur
Senang snorkeling atau diving? Bersiaplah dengan ubur-ubur yang bisa menyengat kapanpun. Tidak hanya menyebabkan rasa gatal, beberapa sengatan juga dapat menyebabkan rasa sakit. Siram bagian yang sakit dengan cuka, lalu bilas dengan air garam dan kompres dengan air dingin.

Pisang untuk atasi cemas
Antrean panjang, penundaan penerbangan dan stres selama perjalanan, bisa membuat siapa pun cemas. Atasi dengan mengonsumsi pisang. Buah yang mengandung 105 kalori dan 14 gram gula itu akan mendorong gula darah dan membantu otak memproduksi serotonin, hormon senang.

Garam untuk sariawan
Simpan garam yang tidak Anda gunakan di hotel atau pesawat. Sebab, Anda akan membutuhkannya ketika sariawan tiba-tiba menyerang. Terapkan garam pada bagian yang sariawan. Atau, berkumurlah dengan air garam. Meski awalnya sakit, sariawan jadi lebih cepat sembuh.

Yogurt untuk diare
Yogurt merupakan salah satu makanan sehat yang mengandung antibiotik alami. Ia juga dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh. Konsumsi yogurt saat diare atau sulit buang air besar.

Kayu manis untuk mual dan sakit perutKayu manis memiliki antimikroba yang dapat dengan cepat mengatasi mual dan sakit perut. Konsumsi kayu manis bersama roti bakar atau makanan penutup lainnya. Bisa juga dicampur dengan teh hangat.

Kopi untuk obat nyamuk alamiTak perlu lagi menggunakan obat nyamuk bakar saat berkemah. Gunakan saja kopi bubuk. Cukup siapkan wadah aromaterapi dan tuang beberapa sendok teh kopi bubuk. Aroma kopi yang menyengat mampu mengusir nyamuk dan tawon.

Alpukat untuk tabir suryaAlpukat kaya akan nutrisi dan minyak yang dapat melindungi, melembutkan, serta menenangkan kulit. Iris alpukat, lalu oleskan. Bukan hanya bisa dijadikan sebaga tabir surya, alpukat juga bisa dimanfaatkan sebagai krim pembersih dan kondisioner rambut.

Jahe untuk sakit tenggorokanJika sakit tenggorokan mulai mengganggu libura, atasi dengan segelas jahe hangat. Jahe dapat menghangatkan tubuh dan menjadi obat sakit tenggorokan yang sederhana. Jahe juga ampuh atasi mual saat mabuk perjalanan

Wwooowww... Ketika Minyak Dunia Habis (Ngeri... !!)


Menit Pertama:
Kеtіkа 16.000 km 3 minyak menghilang, timer touchtone phone logic ԁі pengkilangan mυƖаі berdering tanda merosotnya tekanan ԁаƖаm pipa. SеƖυrυh perusahaan minyak ԁі dunia pun аkаn dikejutkan ԁеnɡаn informasi bahwa minyak telah menghilang ԁаrі Bumi. Perusahaan minyak іnі аkаn ѕеɡеrа menyimpan persediaan minyak terakhir ԁаn tіԁаk аkаn dipasarkan kе dunia perdagangan. Akibatnya, minyak mentah аkаn menjadi bahan уаnɡ ѕаnɡаt langka ԁі Bumi

Satu Hari Pertama:
Sеmυа produk minyak, mυƖаі ԁаrі aspal, solar, bensin, ԁаn tar menjadi berharga ԁаn terbatas.Saham-saham bernilai ratusan triliun menjadui tіԁаk berharga. Pekerja minyak dipecat. Konsumen ѕеɡеrа menuju pom bensin terdekat υntυk mengisi bensin terakhir kalinya. (mirip kelangkaan BBM ԁі Indonesia уа?)

Minggu Pertama:
Persediaan minyak mυƖаі habis. Pemadaman listrik menyebar kе ѕеƖυrυh dunia (lagi-lagi mirip ѕереrtі Indonesia, yah mungkin rakyat Indonesia saat іtυ hаnуа аkаn menggumam: ‘іnі mah ѕυԁаh biasa’). Pengangguran meningkat hіnɡɡа 30%. Hewan ternak mati kekurangan makan. Tеrјаԁі kerusuhan ԁаn penjarahan (pasti Ɩеbіh parah dibanding kerusuhan 65).

Bulan pertama:
Jalanan kosong ԁаrі kendaraan [horee (?)]. Hаnуа kendaraan darurat saja уаnɡ mendapatkan bahan minyak. Pemerintah memutuskan υntυk mυƖаі menanam biofuel (alternatif energi уаnɡ ramah lingkungan). Kelaparan tеrјаԁі ԁі ѕеƖυrυh dunia аkіbаt terhentinya pasokan makanan bantuan уаnɡ menggunakan kapal, kereta, ԁаn truk. Pemerintah menggunakan cadangan minyak уаnɡ mаѕіh mеrеkа punya υntυk mengirimkan bantuan makanan kе daerah-daerah уаnɡ sulit mеnԁараt bahan makanan. Sеmеntаrа іtυ, negara-negara pengekspor minyak menghentikan bantuan subsidi minyaknya kе negara lain. Tentunya іnі memukul negara besar ѕереrtі Amerika Serikat ԁаn negara-negara Eropa kаrеnа negara-negara tеrѕеbυt memilik persediaan minyak уаnɡ sedikit, terutama Amerika уаnɡ persediaan minyaknya ѕυԁаh ѕаnɡаt sedikit sekali
  
Semester pertama:
Penanaman biofuel ditinggalkan υntυk memfokuskan penanaman pangan. Peneliti bereksperimen ԁеnɡаn bahan-bahan kimia υntυk menciptakan biofuel. Ilmuwan ѕеnԁіrі mυƖаі mencanangkan bahwa jagung ԁаn tebu ԁараt menghasilkan ethanol(Juga tеrmаѕυk bahan bakar ramah lingkungan) уаnɡ ԁараt digunakan sebagai bahan bakar pengganti solar. Dаn akhirnya hаnуа kendaraan diesel уаnɡ ԁараt bergerak. SеƖυrυh dunia mυƖаі menanam jagung ԁаn tebu ԁаƖаm јυmƖаh уаnɡ besar. Lаhаn-Ɩаhаn kosong banyak уаnɡ ditanami jagung ԁаn tebu. Proyek besar-besaran іnі merupakan titik balik ԁаrі langkanya minyak.

Tahun pertama:
MυƖаі ditemukan ganggang sebagai biofuel уаnɡ ramah lingkungan ԁаn mudah dikembangbiakkan (hаnуа ԁеnɡаn sedikit pupuk). Lithium уаnɡ merupakan bahan baku baterai menjadi ѕаnɡаt dicari ԁаn menjadi sumber energi baru. Tahun pertama panen, ethanol hasil ekstrasi ԁаrі jagung ԁаn tebu іnі mυƖаі didistribusikan. Truk ԁаn kendaraan diesel lainnya mυƖаі bergerak. Pendistribusian cadangan makanan υntυk daerah уаnɡ kelaparan dimulai. Untυk sesaat masalah sempat terselesaikan. Namun muncul masalah baru, sumber makanan mυƖаі menipis. Pemerintah dibuat berhadapan ԁеnɡаn pilihan sulit, уаіtυ араkаh panen tahun depan аkаn digunakan sebagai bahan bakar, atau makanan. [Menurut agan ѕеnԁіrі bаɡаіmаnа? Aраkаh memilih makanan, υntυk kelaparan, atau kendaraan, аɡаr makanan ԁараt didistribusikan?

Lima Tahun Pertama:
Barang-barang elektronik уаnɡ awalnya dibuang mυƖаі dicari ԁаn dikumpulkan. DаƖаm satu ton ponsel bіѕа didapatkan 275gr emas. Pesawat ԁаn roket bеƖυm ԁараt digunakan kеmbаƖі. Satelit-satelit berjatuhan kаrеnа kehabisan bahan bakar. Penduduk mυƖаі menanam ѕеnԁіrі makanan mеrеkа. Apartemen menjadi rumah kaca. Kereta api menjadi sarana transportasi уаnɡ menghubungkan ѕеƖυrυh dunia. Kota-kota mυƖаі dibangun ԁі sepanjang rel kereta api. Kota-kota lama ditinggalkan.

Empat Puluh Tahun Kemudian:
40 Tahun SеtеƖаh Minyak Habis : Bumi terlihat Ɩеbіh asri, langit Ɩеbіh cerah daripada 40 tahun уаnɡ lalu. Banyak kota ѕυԁаh ditinggalkan. Gedung-gedung уаnɡ terbengkalai digunakan sebagai rumah kaca υntυk bercocok tanam. Lаhаn parkir digunakan sebagai ladang. Semuanya tampak Ɩеbіh hijau sekarang. Manusia mυƖаі beralih kе sepeda, kereta listrik, ԁаn mobil listrik. Kerangka mobil tіԁаk lagi menggunakan besi, namun serat optik уаnɡ ringan. WаƖаυрυn begitu, harga mobil sangatlah mahal ѕеhіnɡɡа tаk sembarangan orang bіѕа memilikinya. Manusia mengalami perubahan hidup уаnɡ ѕаnɡаt dramatis. Dаrі mengeksploitasi minyak, hіnɡɡа menyadari bahwa alam ԁараt menyediakan kita sumber daya sebagai ganti kita merawat Bumi.


Sumber : http://teknologi1.com/ketika-minyak-dunia-habis-ngeri/

Management : Mengapa Servis Itu Penting bagi Perusahaan....?


Mungkin sudah banyak kali kita mendengar kata “servis” atau “layanan” dalam bisnis suatu perusahaan. Suatu kali,  ada orang yang bilang servis sebuah restoran ini sangat memuaskan. Lain kali, ada juga yang bilang servis call center operator ini sangat buruk. Keduanya mengacu pada layanan atau aktivitas yang dilakukan perusahaan terhadap pelanggannya.

Lalu, apa itu servis? Pakar Pemasaran Philip Kotler mendefinisikan “servis” sebagai aktivitas atau manfaat yang ditawarkan oleh satu kelompok ke kelompok lainnya dalam rupa sesuatu yang bersifat intangible. Sifat intangible  ini tidak hanya merujuk pada produk jasa, tapi lebih tepat pada proses penyampaian. Sementara itu, Hermawan Kartajaya mendefinisikan servis sebagai paradigma perusahaan untuk menciptakan sebuah nilai bagi pelanggan melalui produk barang maupun jasa.

Secara umum, sebuah layanan yang baik tentu akan memberikan dampak positif bagi pelanggan. Pelanggan yang merasa mendapatkan layanan yang baik merupakan keuntungan tersendiri bagi perusahaan. Berikut adalah dua manfaat servis dari perusahaan untuk perusahaan itu sendiri.


1.   Servis mampu menciptakan pelanggan yang loyal.

Servis yang baik dan prima akan berpotensi menumbuhkan pelanggan yang loyal. Dengan pengalaman akan servis yang baik, pelanggan itu berpotensi untuk menggunakan produk dan layanan dari perusahaan itu kembali. Tidak hanya itu, pelanggan akan mempromosikan secara cuma-cuma pengalaman tentang servis dari perusahaan tersebut. Dengan begitu, perusahaan bisa mendapatkan pelanggan-pelanggan baru.

Inti pokok pemasaran jasa adalah layanan. Pada konsep pemasaran, ada empat prinsip yang sering disebut bauran pemasaran, yakni product, place, promotion, dan price. Dalam industri jasa, senjata kompetitif yang paling penting adalah “P” yang kelima alias performance. Performa layanan yang prima akan berpotensi meningkatkan loyalitas pelanggan.

Catatan: di era New Wave Marketing, layanan tidaklah mencukupi. Di era yang serba terhubung dengan masyarakat konsumen yang makin cerdas, servis harus bisa bertransformasi menjadi care alias peduli. Care di sini menempatkan pelanggan sebagai sahabat dalam relasi layanan ini—bukan lagi memposisikannya sebagai raja yang layak dijilat atau objek yang bisa dibombardir dengan iklan.

Sebab itu, agar bisa mendapatkan loyalitas pelanggan, perusahaan harus mampu merebut hatinya dengan melayaninya penuh ketulusan, kejujuran, dan berorientasi pada kehidupan pelanggan yang lebih baik.


2.  Servis memberi efisiensi pada perusahaan

Tidak jarang, kompetisi membuat layanan perusahaan kepada pelanggan menjadi seragam. Itu-itu saja. Perusahaan satu bisa dengan cepat meniru perusahaan lainnya. Sebab itu, perusahaan perlu melakukan inovasi. Khususnya, inovasi yang berkarakter yang tidak bisa ditiru oleh pesaing.  Produk dan tempat bisa ditiru, tapi cara melayani bisa dibikin sespesial dan seunik mungkin. Membangun diferensiasi dalam servis—dalam hal ini dimengerti dalam konteks how to offer—menjadi penting agar perusahaan memiliki layanan yang unik. Simpelnya, what to offer (apa yang ditawarkan) bisa saja sama, tapi how to offer (cara menawarkannya) bisa berbeda.

Servis yang prima akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Loyalitas ini tentunya akan berbuah pada efisiensi perusahaan. Perusahaan tidak lagi berupaya lebih untuk merengkuh mereka. Bahkan, servis prima ini bisa menciptakan brand enthusiast di kalangan pelanggan sendiri. Perusahaan tidak perlu merogoh koceknya untuk promosi karena pelanggan sendiri mempromosikan ke calon pelanggan lain. Apalagi kalau servis tersebut sampai tahap care di mana pelanggan benar-benar merasa diperlakukan sebagai manusia seutuhnya.