Rabu, 25 September 2013

Manager ; Membangun Strategi Perusahaan Bebasis Kapabilitas


Apa yang menjadi kompetensi utama dari perusahaan Anda? Apabila Anda sendiri tidak bisa menjawab atau hanya bisa menjawabnya sebagai produk yang perusahaan Anda jual, maka perusahaan Anda tidak koheren dalam melaksanakan strategi pengembangannya.

Paul Leinward dan Cesare Mainardi di Harvard Business Review menyampaikan pentingnya konsistensi strategi dalam pengembangan perusahaan, yang disebutnya sebagai “coherence premium”.Yang dimaksud dengan coherence premium adalah perusahaan menyusun strategi berdasarkan kapabilitas utama perusahaan.

Dalam artikel tersebut, Paul Leinward dan Cesare Mainardi menyampaikan hasil evaluasi terhadap beberapa perusahaan di berbagai industri. Dari hasil evaluasi tersebut, terlihat korelasi antara konsistensi strategi terhadap kapabilitas dengan profitabilitas perusahaan.

Coherence premium bukan berarti perusahaan mengacuhkan kondisi pasar dalam penyusunan strategi, karena bagaimanapun strategi harus mempertimbangkan berbagai aspek, hanya saja melakukannya dengan pendekatan yang berbeda. Jadi, alih-alih melakukan perbandingan dengan kompetitor dan berusaha melakukan hal yang sama dengan lebih baik, perusahaan harus dapat menemukan apa yang menjadi kapabilitas utamanya dan membangun keunggulan kompetitif dari kapabilitas tersebut.

Perusahaan yang coherent memiliki berbagai keuntungan yang mendorong profitabilitas dan keberlangsungan perkembangan. Pertama, konsistensi antara strategi dengan kapabilitas perusahaan dapat memperkuat keunggulan kompetitif perusahaan. Dengan fokus pada kapabilitas utama mereka, secara tidak langsung selalu memperbaiki diri terus menerus, karyawan menjadi ahli dan sistem pun menjadi lebih adaptif.

Kedua, dengan mengutamakan investasi pada hal-hal yang penting, perusahaan dapat melakukan keputusan pertumbuhan dan mencapai akuisis yang sesuai dengan kapabilitas utama mereka, sehingga mengurangi pemborosan. Perusahaan yangcoherentmengutamakan modal, waktu, dan sumber daya manusianya untuk aktivitas dan produk yang sesuai dengan kapabilitas utamanya.

Ketiga, perusahaan yang coherent  lebih efisien karena pengembangan satu kapabilitas utama yang mereka miliki dapat mempengaruhi perkembangan di berbagai produk dan jasanya. Dan terakhir, perusahaan yang koheren menciptakan keselarasan antara tujuan strategis dan pengambilan keputusan sehari-hari, sehingga eksekusi strategi dapat dilakukan lebih baik dan lebih cepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar