Rabu, 25 September 2013

iPhone ; 8 Hal Yang Membuatmu Tidak Bisa Lepas Dari Apple Ecosystem



Pernahkah kamu memikirkan bahwa sebenarnya, ada hal-hal yang membuat kita tidak bisa berhenti/pindah dari iOS. Ya, hal tersebut adalah ekosistem yang dihadirkan Appleselama ini, untuk menjaga pengalaman baik para penggunanya dengan setiap produk yang mereka hadirkan.
GigaOm sendiri merangkumkan 9 beserta alasan singkatnya mengenai hal-hal tersebut, dan saya sependapat dengan mereka.
Berikut, inilah hal-hal yang membuatmu tidak bisa pindah dari iOS:

Shared Photo Stream: Berbagi Foto Lebih Mudah

Kamu tidak bisa meninggalkan iOS, atau ekosistem Apple, karena seluruh fotomu di Shared Photo Stream, tidak akan lagi bisa kamu akses. Pasalnya, layanan ini hanya bisa diakses oleh produk-produk Apple saja.

iMessage dan FaceTime Dengan Teman-Temanmu

iMessage bisa menjadi alternatfi buat kamu yang merasa SMS telah sangat ketinggalan jaman. FaceTime juga membuat proses telepon tatap muka jadi lebih manusiawi. Jika teman-temanmu sudah sangat sering berkirim pesan dengan iMessage dan berkomunikasi lewat FaceTime, kenapa harus cari perkara dengan pindah ke platform/layanan lain?

Game Center dan Data-Data di Dalamnya

Beratus-ratus hingga beribu-ribu jam telah kamu habiskan hanya untuk bermain game lewat iPhone milikmu. Tentu saja kamu telah mendapatkan achivement, ranking, dan lainnya di Game Center, benar?
Jika kamu siap untuk kehilangan semua hal sulit yang telah didapat dengan susah payah di Game Center, silahkan ganti platform. Tapi jika dirasa belum siap, lebih baik jangan. Layanan game lain seperti OpenFeint atau Google Play Games, tidak akan menghadirkan seluruh hal yang sudah kamu dapat di Game Center. Ulang lagi dari 0.

Seluruh Hal di iTunes

Bagaimana nasib iTunes Match dan hal-hal lainnya di dalam iTunes jika kamu berganti platform? Ya pastinya terbengkalai. Jika begitu, berarti kamu tidak akan bisa menggunakan iTunes Match dan mengakses seluruh musikmu di mana saja dan kapan saja. Kamu juga tidak bisa menonton, membaca dan lainnya di perangkat berbeda.
Baiklah, platform lain juga telah menghadirkan layanan serupa iTunes Match, tapi sama seperti Game Center, siap mengulang dari 0?

Apple TV, AirPlay, dan AirPrint

Dengan Apple TV dan AirPlay, kita bisa menggunakan perangkat kita untuk streaming lagu, dan menayangkan proses aktivitas di perangkat kita pada layar kaca. AirPrint juga memungkinkan kita mencetak sebuah dokumen tanpa perlu terhubung dengan kabel atau hal-hal merepotkan lainnya.
Untuk hal ini, bukan hanya berpindah platform, tapi bahkan jika kamu menggunakan perangkat iOS yang lainnya, hal itu akan merepotkanmu.

Sinkronisasi iCloud dan Backup

Berterima kasihlah kepada iCloud karena sejak kehadirannya, kita bisa mengerjakan sebuah aktivitas di iPhone kita, dan menuntaskannya di Mac. Tidak hanya aplikasi besutan Apple, aplikasi pihak ketiga juga menghadirkan fitur seperti ini. Hal itu berkat penyimpanan data di iCloud.
Kamu tidak akan lagi bisa menggunakan kemudahan layanan ini dengan platform lain, dan seluruh data yang sebelumnya sudah kamu buat dan di simpan di iCloud sendiri tidak akan bisa kamu akses dengan perangkat beda platform kamu itu.

 

Kabel Eksklusif dan Aksesoris Made for iPod

Seperti yang kita tahu, Apple tidak menggunakan micro USB seperti perangkat-perangkat lainnya. Ia menggunakan kabel khusus, yang hanya bisa digunakan oleh perangkat-perangkat iOS saja. Awalnya 30-pin dan kini Lightning. Dan satu hal lainnya yang akan membuatmu semakin sulit berpindah adalah aksesoris dengan tajuk “made for iPod.”

Aplikasi Khusus iOS

Katakanlah kamu sering menggunakan aplikasi “A” untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Aplikasi itu sendiri, mungkin ada untuk platform lainnya sehingga tidak masalah jika kamu berpindah platform. Tapi ketika kamu sering menggunakan aplikasi “B”, dan aplikasi itu hanya tersedia di iPhone saja, berpindah platform bisa jadi masalah bagi kelancaran kegiatanmu.

Akhir Kata

Bukan berarti saya melarang kamu berpindah platform dari iOS ke lainnya, okay? Saya hanya memaparkan bentuk kesependapatan saya dengan penuturan GigaOm, terkait hal-hal yang membuat orang sulit berpindah dari iOS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar