Rabu, 25 September 2013

iPhone ; iOS7 ; Fungsi Baru Notification Centre


Notification Center iOS 7
Apple menghadirkan Notification Center di iOS 7 dengan konsep yang berbeda. Alih-alih satu, kini kita bisa melihat tersedianya 3 tab berbeda yang ada di bagian atas Notification Center.
Tab itu sendiri adalah Today, All dan Missed.
Fungsi Notification Center di iOS 7 saya rasa cukup lengkap. Dan berikut ini fungsi-fungsi yang bisa kamu manfaatkan dari tiap-tiap tab Notification Center iOS 7.

Today

Today
Tab ini akan memaparkan kepadamu, hal-hal apa saja yang akan kamu jalani pada hari ini dan keesokan hari. Tab ini sendiri terbagi menjadi 5 bagian, yakni:
  • Today Summary: Tugasnya menghadirkan preview singkat, mengenai tugasmu pada hari ini.
  • Calendar Day View: Memaparkan secara jelas kegiatanmu, jam berapa saja kegiatanmu akan berlangsung.
  • Reminders: Setiap hal yang kamu ingin untuk diingatkan, akan ditampilkan di sini. Kamu juga bisa menandai sebuah pengingat langsung dari Notification Center.
  • Stocks: Menghadirkan harga-harga saham yang kamu daftarkan, dari Stocks app di perangkatmu.
  • Tomorrow Summary: Tugasnya menghadirkan preview singkat, mengenai tugasmu di keesokan hari.
Saya suka sekali dengan tab ini pasalnya, saya sekarang bisa mengakses setiap jadwal dan pengingat yang sudah saya buat dengan lebih cepat dan sederhana langsung dari Notification Center.

All

All
Seluruh notifikasi yang ada di perangkatmu, baik itu app, update, email, telepon, sms atau hal-hal lainnya, akan muncul di tab ini. Bayangkan Notification Center di iOS 5 dan 6 hanya saja, hadir dengan desain iOS 7 yang datar.
Tapi masih ada satu hal yang cukup saya sayangkan, tidak dihadirkan Apple pada Notification Center iOS 7, khususnya di tab ini; hapus semua notifikasi sekaligus.
Cukup pegal tangan saya harus menghapus satu per satu notifikasi.

Missed

Missed
Tab ini baru di iOS 7. Fungsinya hampir mirip dengan tab All hanya saja, ia merangkum setiap notifikasi yang belum kita akses setelah beberapa waktu hadir di tab All.
Dengan mengakses Missed, saya bisa menemukan beragam notifikasi apa saja yang sudah saya lewatkan dalam suatu hari. Menyenangkan.

Akhir Kata

Saya suka dengan desain Notification Center di iOS 7, sederhana dan warna hitam transparannya menggambarkan kesan yang manis.
Tapi di samping itu, fungsi yang kini dimiliki oleh Notification Center merupakan yang pantas menerima jempol. Kini, selain menjadi tempat berkumpulnya semua notifikasi dari app yang kita punya, ia juga adalah papan pengumuman untuk membantu kita menjalani hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar