Rabu, 25 September 2013

10 Brand Mobil Kelas Dunia yang Belum kamu Tahu


Agan-agan mungkin sudah tidak asing dengan merek atau brand mobil seperti Daihatsu, Toyota, Honda, Mazda, Suzuki, Mitsubhisi, Hyundai, Ford, Pegeout, BMW, Mercedes Benz, VW, dan Kia. Tapi tahukah agan kalau selain brand tadi ada juga brand yang mungkin jarang terdengar atau mungkin agan-agan belum tahu. 

Berikut brand-brand mobil yang jarang kita dengar. 

1. Škoda


Škoda Auto merupakan salah satu produsen mobil utama Ceko dan juga merupakan induk dari Grup Volkswagen. Perusahaan ini berbasis di Mladá Boleslav, Ceko. Didirikan tahun 1895 dengan nama Laurin & Klement. Perusahaan ini mempekerjakan 26.100 pekerja.

2. Saab




SAAB (awalnya merupakan singkatan dari "Svenska Aeroplan AB," di mana "AB" adalah "aktiebolaget" ("perusahaan")) AB didirikan sebagai perusahaan pesawat pada 1937 di kota Linköping, Swedia.

Setelah Perang Dunia II Saab juga mulai memproduksi mobil melalui perusahaan Saab Automobile. Perusahaan ini kemudian dibeli setengahnya oleh General Motors pada 1990, dan kemudian sisanya sepuluh tahun kemudian.

Saab juga memulai bisnis komputer pada akhir 1950-an dengan nama Datasaab.
Pada 1969 Saab mengambilalih pembuat truk Scania AB, dan antara 1969 dan 1995 perusahaan ini disebut Saab-Scania.

3. Adam Opel GmbH

 
Adam Opel GmbH (umumnya disebut Opel) adalah perusahaan manufaktur mobil yang berbasis di Rüsselsheim, distrik Groß-Gerau , Jerman. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 21 Januari, 1863, dan mulai memproduksi mobil pada tahun 1899.

4. Lancia Automobiles S.p.A.

 
Lancia merupakan sebuah perusahaan mobil Italia, didirikan pada tahun 1906 oleh alm. Vincenzo Lancia. Perusahaan ini merupakan bagian dari Fiat S.p.A.. Pusat industrinya berada di Turin, Italia. 

5. Iveco

 
Tipe Bagian dari Fiat Group, Didirikan 1975 di Turin, Letak Turin, Italia
Tokoh penting Paolo Monferino CEO, Industri Manufacturing, Produk, Commercial vehicles, Diesel engines

6. Scania


 
Scania AB merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk truk dan bus. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1900 dan merupakan bagian dari Volkswagen. Bermarkas di Södertälje, Swedia. Perusahaan ini mempekerjakan 32.820 pekerjanya pada tahun 2006.

7. Perodua



Perodua adalah perusahaan mobil Malaysia yang kedua setelah Proton. Diluncurkan pada 27 Agustus 1994, pabriknya terletak di daerah seluas 80 hektar di Serendah, Selangor. Nama Perodua merupakan singkatan untuk "Perusahaan Automobil Kedua".


8. Saleen



Saleen, Incorporated, dikenal sebagai Saleen, adalah perusahaan pembuat mobil sport berperforma tinggi yang berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan ini bermarkas di Troy, Michigan (dulunya di Irvine, California). Didirikan oleh Steve Saleen tahun 1983, Saleen dimiliki oleh Hancock Park Associates dari tahun 2001 sampai 2009.

9. Saturn Corporation

 
Saturn Corporation merupakan sebuah perusahaan mobil Amerika Serikat, didirikan pada tahun 1985. Perusahaan ini merupakan bagian dari General Motors. Pusat industrinya di Detroit, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan oleh General Motors untuk menjawab tantangan akibat suksesnya perusahaan Jepang di AS.

10. SEAT


 
SEAT adalah sebuah perusahaan otomotif yang merupakan divisi dari Grup Volkswagen dan juga pabrikan mobil terkemuka di Spanyol. Perusahaan ini didirikan pada 1950 sebagai subsider Fiat, dengan saham yang penting dimiliki oleh pemerintah Spanyol di bawah pemerintahan diktator Francisco Franco. Pabrik ini berlokasi di Barcelona.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar