Rabu, 21 November 2012

Pentingnya Membangun Komunitas


 


Sulit memungkiri kenyataan bahwa komunitas adalah aset penting bagi perusahaan. Mengabaikan keberadaan mereka bukanlah sebuah langkah yang cerdas. Hal ini dapat mengakibatkan kerugian bagi perusahaan.
Pentingnya peran komunitas, baik yang terbentuk secara online maupun offline, telah disadari oleh banyak perusahaan. Mereka dapat memberi dorongan besar bagi bisnis, memberikan word of mouth (WOM), serta feedback bagi perusahaan. Tak heran bila perusahaan rela membayar mahal untuk kehadiran sebuah komunitas. Sayangnya, komunitas bukan soal uang. Ini soal loyalitas.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membangun komunitas, antara lain:


Memancing feedback
Ajukanlah pertanyaan dan biarkan orang-orang terlibat diskusi di dalamnya. Hargailah feedback yang diberikan dengan meresponnya. Tunjukkan bahwa Anda mendengarkan dan ikut terlibat dalam diskusi tersebut.


Biarkan orang-orang berkomentar di blog perusahaan
Hal ini cara yang sangat baik untuk mendapatkan feedback dari pelanggan. Namun, tentunya hal tersebut perlu dikelola dengan baik. Mengelola dengan baik bukan berarti hanya menampilkan komentar yang baik-baik saja. Komentar yang berseberangan dengan perusahaan juga perlu ditampilkan. Hal tersebut justru bisa menjadi cara untuk melakukan dialog. Namun berhati-hatilah dengan komentar yang hanya berisi hujatan dan hinaan.


Bangunlah sebuah forum
Forum dapat menjadi arena bagi pelangganj untuk saling berkomunikasi. Bila diperlukan, Anda juga bisa terlibat di dalamnya. Misalnya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka atau justru melontarkan pertanyaan untuk didiskusikan.


Menggelar “kopi darat”
Buatlah pertemuan para pelanggan, misalnya dengan membuat seminar atau event networking. Undanglah pembicara di kalangan profesional. Biarkan orang-orang berinteraksi dan tampilkan video kegiatan tersebut di situs perusahaan.


Buatlah webinar atau tweetchat
Hal ini merupakan cara yang menyenangkan untuk menjalin komunikasi dengan para pelanggan di dunia maya. Ajaklah pembicara tamu untuk menjawab pertanyaan. Namun, pastikan Anda menjelaskan hal ini kepada para pelanggan yang belum pernah berpartisipasi dalam kegiatan sejenis.


Berikan nilai lebih kepada para pelanggan
Hal ini boleh jadi merupakan poin paling penting dari semuanya. Anda bisa saja memberikan semua hal di atas, tapi bila hal tersebut tak lebih dari kendaraan promosi semata tanpa menawarkan informasi yang berguna, komunitas yang Anda bangun tidak akan bertahan lama.
Pelanggan akan percaya Anda adalah pemimpin dalam industri bila Anda bisa menawarkan sesuatu yang bernilai. Hal ini bisa berupa blog yang informatif, eBook gratis, atau newsletter yang memberikan tips ekslusif untuk komunitas. Membentuk citra sebagai pemimpin akan menguntungkan perusahaan dalam jangka panjang, bahkan jika perusahaan belum memperoleh keuntungan apapun saat ini.

Hal terpenting yang perlu diingat dalam usaha membangun komunitas adalah konsistensi. Kebanyakan perusahaan tidak konsisten melakukan hal-hal di atas. Akibatnya komunitas yang mereka bangun akhirnya mati. Padahal kalau mau konsisten merawat komunitas ini, kita bisa mendapat banyak keuntungan. Karenanya rawatlah komunitas kita, dan mereka akan menjaga perusahaan, baik secara online maupun offline.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar