Minggu, 19 Januari 2014

Tetapkan Standart Kepemimpinan yang Baik


Salah satu cara yang terbukti efektif untuk mengembangkan kepemimpinan yang efektif ialah dengan berfokus pada perilaku yang Anda harapkan untuk dimiliki oleh orang-orang yang dipimpin. 

Paparkan kegiatan itu secara langsung dengan tim bisnis Anda, bukan melalui konsultan, fasilitator, atau buku-buku panduan. Dalam percakapan ini, diskusikan apa saja hal yang perlu dilakukan oleh seorang pemimpin di dalam perusahaan Anda, misalnya bertindak sebagai panutan atau memotivasi orang lain yang ia pimpin dan menggambarkan setiap perilaku dengan kekhususan yang memadai untuk memberitahukan seleksi, pelatihan dan evaluasi. 

Bersikaplah spesifik, nyata dan berorientasi tindakan. Dengan menggambarkan kualitas-kualitas ini sebagai perilaku (daripada sebagai sifat atau watak)Anda akan menemukan dua pesan utama: 
  1. Memiliki sebuah sifat yang tidak Anda amalkan secara nyata hanya akan menjadi sebuah kesia-siaan.
  2.  
  3. Jika Anda masih memiliki kekurangan dibandingkan dengan sosok pemimpin bisnis yang sempurna, Anda akan masih bisa menutup kekurangan itu. Berikan penekanan perilaku dibandingkan sifat-sifat agar membukakan pintu ke keberagaman kepemimpinan, sepanjang para pemimpin dalam perusahaan memelihara standar yang sudah Anda tetapkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar