Jumat, 07 Juni 2013

Tips : Antara Waktu dan Uang

Tips : Antara Waktu dan Uang


Istilah “Waktu adalah segalanya,” pasti anda sudah mendengar sebelumnya. Penggalam kalimat ini juga mempunyai arti diseluruh dunia. Tetapi pernahkah anda mengerti arti sesungguhnya, dan bagaimana mengaplikasikannya dengan inovasi?

Peluang atau kesempatan bisa datang kapan saja. Adalah bagaimana anda mengetahui waktu yang tepat untuk melakukan apapun yang anda anggap benar. Padahal, peluang atau kesempatan dapat anda ciptakan jika anda dapat membuat inovasi. Sama seperti yang dilakukan oleh para pendiri website yang terkenal di dunia seperti Facebook dan Google. Dalam teori 4C, teknologi menjadi langkah pertama dalam perubahan. Ada berbagai macam hal yang pernting untuk memasuki pasar awal sebelum mempedulikan persaingan dalam berbisnis.

Everett Rogers, pernah memperkenalkan Innovation Adoption Curve pada tahun 1962. Dalam model ini, dia menjelaskan bagaimana pasar perlahan berinovasi diawal tetapi cepat berakselerasi dalam persaingan, sebelum akhirnya ketinggalan jaman. Disaat perusahaan membuat asumsis pertumbuhan akan memakan 10 tahun, berarti platform online yang dikembangkan akan kehilangan kesempatan akibat rasa jenuh di tahun ke lima.

Untuk menghadapi tantangan waktu yang tidak pernah berjalan mundur, memanfaatkan startup muda lebih awal akan membuka peluang baru. Tetapi, bukan tanpa resiko, umumnya startup muda belum memiliki pengalaman yang pasti untuk menghadapi masalah hingga dapat memberi solusi. Terkadang sebagai perusahaan, membentuk inovasi baru dalam bentuk apapun harus siap ambil resiko.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar