Jumat, 07 Juni 2013

Leaderships : 10 Karakter Stave Jobs

Leaderships : 10  Karakter Stave Jobs - Apple - iPhone

Ada banyak cara menghormati sekaligus mengenang seorang tokoh yang sudah meninggal dunia. Salah satunya adalah mengumpulkan kata-kata maupun teladan selama ia masih hidup. Berikut adalah 10 “perintah” Steve Jobs yang tak lain adalah nilai-nilai yang ia hidupi selama ini dan menjadikannya dia sebagai seorang yang sungguh berhikmat.

1. Go for perfect
Jobs sangat disiplin pada detail. Semalam sebelum iPod pertama kali diluncurkan, seluruh tim Apple begadang semalam suntuk lantaran Jobs belum memastikan semua bisa berjalan dengan baik satu per satu.
2. Tap the experts
Jobs merekrut orang-orang yang ahli di bidangnya. Jobs merekrut arsitek Pei untuk medesain logo NeXT dan Mickey Drexler dari GAP sebelum membuka jatringan ritelnya.
3. Be Ruthless
Jobs berani “membunuh” produk yang tidak sempurna untuk akhirnya melahirkan produk yang berkualitas prima. Contohnya, kasus iPod.
4. Shun focus group
Ungkapan Jobs yang terkenal,”Orang tidak akan tahu apa yang mereka inginkan sampai kamu menunjukkannya kepada mereka.” Jobs selalu fokus pada grup, membuat prototipe dan mengetesnya berbulan-bulan.
5. Never Stop Studying
Jobs belajar banyak hal. Sebelum membuat brosur untuk Apple, Jobs mempelajari milik Sony, dari jenis huruf sampai berat kertasnya. Sebelum membuat MacBook, Jobs mempelajari bodi kendaraan asal Jerman dan Italia.
6. Simplify
Satu filosofi desain Jobs adalah simpel. Sebab itu, desain produk Apple mengusung kesederhanaan, tapi mempunyai katakter.
7. Keep Your secret
Apple mempunyai tradisi untuk tidak banyak bicara terkait dengan produk maupun program-programnya. Sampai suatu kali saat semua sudah sempurna, informasi itu dibuka. Jobs juga disiplin dalam menyimpan rahasia dalam diri Apple.
8. Keep team small
Jobs membuat Macintosh dengan tim yang terdiri dari 100 orang, tidak kurang dan tidak lebih. Jobs yakin dia hanya bisa mengingat orang dalam jumlah 100 tersebut.
9. Use more carrot than stick
Jobs memang sosok menakutkan. Namun, kharismanya membuat dirinya seorang motivator ulung. Antusiasmenya membuat 100 orang dalam tim Mac bekerja 90 jam seminggu selama tiga tahun untuk menghasilkan produk prima tersebut.
10. Prototype to the extreme
Semua produk yang dikerjakan oleh Jobs selalu ada prototipenya. Semuanya dikerjakan secara teliti di bengkel kerja dekat kantor Apple. Semua proses memakan waktu tidak pendek untuk mencapai kesempurnaan.
Sumber artikel: The Daily Beast
Sumber gambar: http://www.wbur.org/files/2011/10/1006_steve-jobs-young.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar