Selasa, 18 Desember 2012

Kebiasaan-Kebiasaan Hebat dari Seorang Boss

Kebiasaan-Kebiasaan Hebat dari Seorang Boss


Perintah, pertemuan, dan sudut kantor tidak selalu menyebabkan rambut beruban. Bahkan, menjadi bos benar-benar bisa membuat Anda kurang stres, kata sebuah studi baru di Harvard.

Dalam satu percobaan, peneliti meminta 145 pemimpin dan 65 yang bukan pemimpin tentang tingkat stres mereka, kemudian mengukur tingkat kortisol (hormon stres) pada kedua kelompok. Hasilnya : Pemimpin tidak hanya melaporkan bahwa mereka kurang stres daripada mereka yang bukan pemimpin - tingkat stres sebenarnya adalah 27% lebih rendah daripada rata-rata.

Jadi apa yang menyebabkannya? Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa bos lebih nyaman dan aman dalam pekerjaan mereka daripada mereka dalam posisi yang lebih rendah. Dan ini, peneliti mengatakan, memainkan peran besar dalam bagaimana stres Anda.

Tapi mendaki ke puncak tangga perusahaan tidak terjadi dengan menjentikkan jari Anda (juga tidak menurunkan tingkat stres Anda). Jadi bagaimana Anda bisa menampilkan kepada atasa

Apa yang Bos lakukan : Tahu-siklus perusahaan –dan bekerja dengan mereka.
Apa yang dapat Anda lakukan : "Mengatur pertemuan dengan orang tertinggi di departemen keuangan atau akuntansi bahwa Anda bisa mendapatkan pegangan," kata Katy Tynan, penulis Survive Your Promotion. Mengapa? Sama seperti bos Anda, setiap orang di departemen keuangan akan mengetahui siklus anggaran dan penggajian, target penjualan, atau pengembangan dan upaya penggalangan dana. Hal-hal ini mempengaruhi bisnis di tingkat sehari-hari, dan bos memahami mereka dengan baik, kata Tynan. "Jika Anda meminta orang lain untuk dipekerjakan di departemen Anda dan Anda tidak tahu anggaran, Anda tidak akan pernah mendapatkan apa yang Anda inginkan," tambahnya. "Anda hanya memiliki pengaruh jika Anda tahu apa yang terjadi."

Apa yang Bos lakukan : Bangun dengan matahari.
Apa yang dapat Anda lakukan : peneliti Harvard menemukan bahwa bos bangun lebih awal - sekitar pukul 6 pagi – sementara yang bukan bosa biasanya bangun pada jam 7.30 pagi. Menjadi yang pertama di pintu setiap pagi tidak akan selalu menimbulkan perasaan cinta Anda kepada orang besar, tapi itu penting untuk mengambil keuntungan ketika orang tidak mengganggu Anda, kata Don Moore, Ph.D, seorang profesor manajemen di University of California, Berkeley dan rekan penulis Penghakiman dalam Pengambilan Keputusan Manajerial. "Orang-orang yang mencintai pekerjaan mereka berkomitmen," katanya. Dan jika Anda muncul pukul 9 pagi karena Anda menghabiskan waktu di rumah Anda dengan kesibukan Anda, itu akan memperhatikan.

Apa yang Bos lakukan : Bertindak seperti seorang pelayan yang besar.
Apa yang dapat Anda lakukan : Anda tahu bagaimana pelayan yang baik mengisi gelas Anda tanpa permintaan untuk isi ulang? Mengantisipasi apa yang atasan Anda butuhkan dan lakukan hal itu sendiri - tanpa diminta, kata Moore. "Ini akan menjadikan Anda sebagai seseorang dengan potensi kepemimpinan." Bos tidak duduk kembali dan membiarkan hal-hal terungkap, dan tidak harus Anda, ia menambahkan.

Apa yang Bos lakukan : Jadilah yang pertama untuk berbicara dalam rapat.
Apa yang dapat Anda lakukan : Bicaralah. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang menyatakan diri dalam kelompok-kelompok kecil lebih cenderung dilihat sebagai pemimpin daripada mereka yang tidak, kata Moore. Bahkan jika Anda bukan seorang ahli pemasaran, berbicara pertama dalam kelompok menunjukkan kepercayaan diri dan inisiatif - dua sifat penting dari para pemimpin. Mengusulkan ide, mengomentari presentasi, atau memberikan wawasan tentang sesuatu yang berhubungan dengan materi.

Apa yang Bos lakukan : Tawarkan bantuan untuk rekan kerja dalam menangani proyek.
Apa yang dapat Anda lakukan : Bantulah orang lain. "Penelitian telah menunjukkan bahwa kesediaan Anda untuk melakukan pekerjaan, berkorban untuk perusahaan, dan membantu orang lain dalam tim Anda menandakan bahwa Anda memenuhi syarat untuk menjadi seorang pemimpin," kata Moore. Jika rekan kerja Anda tenggelam dalam kotak di sebelah Anda, itulah tugas Anda untuk menolongnya keluar dari sana.

Apa yang Bos lakukan : Lihat gambaran besar.
Apa yang dapat Anda lakukan : Angkat kepala Anda. "Setiap keputusan tunggal yang Anda buat harus mengalir dari visi dan tujuan dari perusahaan Anda," kata Tynan. "Ini adalah hal nomor satu yang akan membuat Anda dipromosikan." Dan tentu, kadang-kadang manajemen melakukan pekerjaan yang jelek dengan membuat gambaran yang tidak bagus tentang Anda, tapi itu bukan alasan. Jika perusahaan Anda menjual layanan dan layanan itu adalah apa yang membuat Anda berbeda, itulah hal yang paling penting. Katakanlah Anda sedang ditugaskan sebuah proyek database yang tugasnya melacak pelanggan. Orang yang berpikiran sempit akan berpikir tentang hari-hari seperti masalah anggaran, kata Tynan. Orang yang berpikiran besar akan berpikir : Bagaimana kita bisa memberikan layanan besar?

Apa yang Bos lakukan : Memecahkan masalah.
Apa yang dapat Anda lakukan: Anda akan menjadi orang bodoh jika Anda memberikan solusi kepada bos Anda tentang sesuatu yang Anda belum sepenuhnya tahu atau solusi Anda sama sekali tidak menguntungakn dan tidak memecahkan masalahnya. Jika Anda benar telah mengetahui masalahnya dan punya solusi untuk itu, Anda bisa datang dengan beberapa potong kue untuknya dan tentu saja dengan dua atau tiga solusi yang telah Anda pikirkan sebelumnya - kemudian minta pendapatnya, kata Tynan. "Mencoba untuk memecahkan masalah Anda sendiri akan membuat Anda maju."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar