Selasa, 18 Desember 2012

10 Cara Agar Otak Tak Lemot

10   Cara Agar Otak Tak Lemot

 


Untuk menjaga agar fungsi otak bekerja dengan maksimal, maka perlu juga untuk selalu diasah agar kinerja otak  tidak lemot atau lambat untuk merespon apa yang diperintahkan.
Proses berpikir yang cepat bisa membantu meningkatkan kemampuan orang dalam melakukan banyak tugas diwaktu yang sama. Untuk mencapai hal tersebut, butuh pelatihan otak yang sederhana. Namun, harus  efektif sehingga kebugaran pikiran meningkat.
Otak adalah pusat sistem saraf yang ada pada organ manusia. Selain itu, otak adalah struktur pusat pengaturan yang meliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri dari 100 juta sel saraf atau neuron. Maka otak mempunyai tugas untuk mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh seperti detak jantung dan tekanan darah.
Berikut ini 10 hal yang bisa dilakukan agar otak tidak lemot dan proses berpikir jadi lebih cepat, seperti dikutip dari Timesofindi:
1. Jangan gunakan kalkulator
Memang kita selalu dimanjakan oleh kalkulator, jika kita mau menghitung yang seharusnya bisa dengan jari tangan maupun menghitung di kepala. Agar otak selalu berpikir. Coba Anda jangan terbiasa menggunakan kalkulator agar otak tetap aktif.

2. Memperluas kosa kata
Memperluas kosa kata adalah salah satu agar otak tak lemot. Cara memperluas kosa kata itu seperti membaca artikel, berita atau novel. Agar otak terbiasa mempelajari kata-kata baru yang sebelumnya tidak akrab didengar. Teknik ini akan membantu mempertajam memori dan meningkatkan kosakata dalam otak.

3. Melakukan seni
Melakukan seni adalah salah satu sumber latihan yang membantu meningkatkan bagian di otak yang bekerja mengekspresikan diri secara non-verbal. Seni membuat orang jadi kreatif, menggunakan keterampilan motorik halus dan berpikir analitis.

4. Gunakan tangan yang tidak dominan
Biasanya seseorang melakukan menggunakan tangan kanan. Tapi,  cobalah menggunakan tangan yang tidak dominan saat melakukan tugas dasar yang membutuhkan konsentrasi,. Kegiatan ini akan memerlukan perhatian ekstra sehingga membuat diri lebih fokus menyelesaikan tugas-tugas sederhana.

5. Mendengarkan lagu favorit berulang
Tidak dipungkiri jika seseorang menyukai sebuah lagu tertentu, orang akan terus menerus mendengarnya. Hal ini akan membantu otak menghapal lirik yang secara tidak disadari membantu otak meningkatkan kekuatan menghapalnya.


6. Belajar bahasa asing
Belajar bahasa asing selain mendapatkan pengetahuan baru,  juga bisa meningkatkan karir profesional seseorang. Di samping belajar bahasa asing menjadi sumber latihan untuk pikiran karena menjaga otak tetap sibuk.

7. Bermain video game
Tidak semua video game buruk, beberapa permainan seperti memecahkan teka-teki sudoku membutuhkan banyak penalaran dan berpikir sehingga membantu mengembangkan kekuatan otak.

8. Hindari GPS, tapi gunakan peta
GPS membuat seseorang lebih mudah mencapai tujuan, tapi teknologi ini membuat orang kehilangan kekuatan berpikir analisis. Untuk itu cobalah gunakan peta sebagai penggantinya, peta membuat orang menggunakan imajinasi dan kemampuan analisis.

9. Jangan menggunakan daftar belanja
Kebanyaka orang mencatat daftar belanjaan yang ingin dibeli, tapi mulai sekarang cobalah untuk tidak mencatatnya melainkan mengingatnya di kepala. Awalnya mungkin akan sulit dan melupakan beberapa hal, tapi seiring waktu pikiran akan jadi lebih aktif dan tak perlu pakai bantuan daftar belanjaan lagi.


10. Melakukan multitasking
Melakukan  multitasking atau tugas ganda adalah kegiatan dasar yang sederhana. Meski bisa membuat orang bingung tapi latihan sederhana ini dapat meningkatkan kemampuan konsentrasi seseorang, agar otak tetap berkonsentrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar