Selasa, 03 Desember 2013

Perbedaan Class Pada MicroSD Card


 

 


MicroSD adalah sebuah perangkat penyimpanan data yang berukuran kecil dan digunakan untuk perangkat portable/ gadget. MicroSD merupakan sebuah perangkat yang penting bagi sebuah gadget, karena dengan perangkat ini gadget dapat menampung file lebih banyak. Sekarang ini hampir semua perangkat portable/gadget terutama handphone yang sudah suport penyimpanan data pasti dilengkapi dengan microSD.

Tapi apakah anda tahu kalau sebenarnya microSD memiliki tingkatan-tingkatan. Tingkatan tersebut menentukan kecepatan read/write dari perangkat ke microSD. Tingkatan pada microSD disebut sebagai Class.

MicroSD yang banyak beredar di pasaran terdiri dari beberapa class, yaitu class 2, 4, 6, 8 dan 10. Dan berikut saya berikan tabel kecepatan transfer dari masing-masing class tersebut.


ClassMinimum Speed
22  MB/s
44  MB/s
66  MB/s
88  MB/s
1010  MB/s


Jadi dengan kata lain semakin tinggi class yang dimiliki sebuah microSD maka semakin cepat eksekusi datanya, baik untuk menjalankan sebuah file ataupun untuk menjalankan sebuah aplikasi. Tapi semakin tinggi classnya maka semakin tinggi pula harganya.

Sekian dulu post tentang MicroSD kali ini. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar