Senin, 29 September 2014

Management : Pemimpin yang Baik... ? Contoh Mark Zuckerberg Mendapat Approval Rating 99% dari Karyawannya


Posting ini awalnya diterbitkan di Quora, dalam menanggapi pertanyaan, “Mengapa Mark Zuckerberg memiliki approval rating 99% dari karyawannya?” Pertanyaan ini tampaknya mengacu pada survei Glassdoor tahun 2013 yang menemukan 99% dari karyawan Facebook menyetujui Zuckerberg sebagai CEO. Tahun ini, rating persetujuan itu turun menjadi 93%, yang masih membuat dia menjadi salah satu dari 10 CEO Amerika dengan nilai tertinggi.

  1. Kisahnya (The story) : Dia membangun miliar pengguna dan miliar dolar perusahaan ini dari kamar asramanya, mengatasi kendala yang dihadapinya satu demi satu, dan merakit sebuah perusahaan dengan karyawan yang paling berbakat di dunia.
  2. Prinsipnya (The principle) : Dia (Mark) selalu terfokus pada prinsip “membuat dunia lebih terbuka dan terhubung.” tanpa pernah goyah ; semua investasi dalam R & D dan akuisisi telah sejalan dengan prinsip tersebut.
  3. Hatinya (The heart) : Dia adalah filantropis terbesar sepanjang 2013, dan umumnya minimalis. Dia jelas berkomitmen untuk Internet.org, meskipun itu belum tentu pendapatannya meningkat dalam jangka pendek. Kami benar-benar merasa dia ingin mengubah dunia menjadi lebih baik.
  4. Nyalinya (The guts) : Apa CEO lain memiliki nyali untuk membeli sebuah perusahaan chat 19 miliar dolar ??? Ini adalah pembelian yang sangat cerdas karena berbagai alasan, tapi tetap saja, 19 milyar dolar! Tidak sedikit CEO Silicon Valley lainnya mengakui keberanian Zuck.
  5. Kebijaksanaannya (The wisdom) : Ketika kita mendengar dia berbicara, ia memberi kita keriput di otak kita. Dia memiliki kemampuan luar biasa ini untuk membuat semua langkah-langkah strategis yang tepat, dan ketika ia menjelaskan alasan untuk membuat mereka bergerak, itu masuk akal. Tentu saja ia membuat kesalahan, tetapi kesalahan yang dibuat untuk alasan yang benar.
  6. Kepercayaan (The trust) : Dia tidak membuat semua keputusan, pada kenyataannya jauh dari itu. Kami merasa dipercayakan dan diberdayakan untuk mengarahkan fitur yang kami buat sesuai perasaan kami untuk yang terbaik bagi pengguna Facebook. Hal ini sangat berbeda dari banyak perusahaan top-down. Kami senang dengan keseimbangan antara management-mandated and grass-roots-inspired decision making.
  7. Karakter (The character) : Dia memakai T-Shirts dan jins, berbicara dengan rendah hati, dan dia seperti orang-orang pada umumnya, sangat mudah didekati. Kami suka itu.
  8. Bisnis (The Business) : Facebook adalah bisnis yang kokoh yang meningkat pesat dalam pendapatan. Facebook membuat lebih dari 70% lebih pendapatan dari apa yang dibuat satu tahun yang lalu.
  9. Makanan gratis dan fasilitas (Free food and perks) : Ya, ini membuat kami menyukai dia dan juga perusahaan. Dia memiliki kemampuan untuk mengakhiri hal ini setiap saat, tetapi dia terus melanjutkannya. Jika seseorang memberi saya cookie gratis, saya suka mereka, this part is not rocket science.
Memiliki rating approval yang rendah bukanlah hal yang baik, karena bisa berarti pendapat karyawan tidak didengar.  Merupakan hal yang baik apabila karyawan menyukai bos mereka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar