Minggu, 15 Juni 2014

Manager ; 7 Langkah Problem Solving dalam Lean Health Care


Lean Healthcare menawarkan sebuah bukti dari strategi problem solving yang sering disebut dengan A3 problem solving. Teknik A3 problem solving telah lama digunakan sebagai tool dalam proyek-proyek berbasis Lean Six Sigma dan telah terbukti efektif. Teknik membantu perusahaan atau rumah sakit memecahkan permasalahan dengan  pengembangan dari proses yang dilakukan.
Metodologi A3 problem solving memaksa kita untuk memahami masalah sebelum kita memutuskan untuk memecahkan masalah tersebut. Dengan melakukan analisa dan pengumpulan data, pengembangan metode A3 problem solving memberikan gambaran yang jelas tentang akar penyebab masalah.
Berikut 7 langkah untuk menerapkan A3 problem solving di rumah sakit :
1. Latar Belakang Masalah
Pada langkah ini, anda akan melakukan studi untuk memilih masalah tertentu. Setelah anda menentukan masalah apa yang akan anda coba selesaikan, gambarkan juga dampak apa yang terjadi dari segi bisnis yang menyangkut pelanggan, proses, keuangan, produk baru, dan lain sebagainya.
2. Problem Statement
Dalam membuat pernyataan mengenai masalah, anda harus menjelaskan masalah dengan lebih detail dan spesifik. Termasuk besarnya masalah, dimana masalah itu terjadi, kapan, dan dampak apa yang ditimbulkan dari masalah tersebut. Dalam problem statement yang anda buat, anda harus membawa masalah itu lebih hidup atau dengan kata lain menciptakan “sense of crisis” bagi perusahaan.
3. Goal Statement
Pada langkah ini, tentukan apa yang ingin anda capai dengan memulai inisiatif penerapan A3 problem solving. Lakukan mapping untuk tujuan yang ingin anda capai kemudian tetapkan kerangka waktu untuk menyelesaikan masalah tersebut.
4. Root Cause Analysis
Teknik RCA ini membantu anda dalam menemukan akar penyebab masalah dengan 3 macam teknik yang bisa anda gunakan, yaitu teknik 5 wyhs, Cause & Effect Diagram ataupun DMAIC.
5. Countermeasures
Dengan menggunakan teknik RCA, maka anda akan mampu menyusun rencana rinci yang menjelaskan siapa yang akan menyebarkan solusi potensial dari pemecahan masalah tersebut.
6. Effect Confirmation
Setelah menerapkan solusi potensial yang ada, kemudian tentukan apakah hasil nya menunjukkan bahwa solusi untuk masalah tersebut efektif dalam mencapai tujuan anda.
7. Follow Up Action
Setelah mencapai hasil yang anda inginkan, lakukan perbaikan pada infrastruktur untuk mempertahankan manfaat yang sudah anda dapat dari penyelesaian masalah tersebut, seperti standar, audit, dan juga review. Pastikan bahwa anda menjelaskan dan menyebarkan apa yang anda temukan dalam menyelesaikan masalah yang ada kepadal seluruh pihak organisasi. Yang dalam bahasa Jepang disebut yoko-narabi-tenka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar