Selasa, 25 Maret 2014

iPhone ; iOS 7 ; Cara Menggunakan iCloud Keychain


Jika Anda melakukan upgrade iPhone Anda ke iOS 7.0.3 dan Mac Anda ke OS X Mavericks, maka Anda akan menemukan layanan iCloud Keychain yang merupakan fitur iOS 7 terbaru yang kini menjadi pilihan bagi Anda untuk merasakan pengalaman penyimpanan awan yang paling tinggi.

Diperkenalkan pada ajang WWDC 2013, iCloud Keychain adalah layanan teranyar Apple yang memungkinkan Anda untuk menyimpan username dan password Safari, informasi kartu kredit dan jaringan Wi-Fi yang disinkronisasikan di semua perangkat.

iCloud Keychain bukan alat sederhana dan mudah untuk diatur. Dan untuk alasan apapun, Apple memutuskan untuk membuat pengaturan iCloud Keychain ini tidak terpisah dari pengaturan iCloud dan Safari. Tapi jangan khawatir, Paseban akan memandu Anda untuk menggunakan fitur iOS 7 terbaru ini yang cukup membingungkan bagi para pengguna baru.
  • Set Up
Pertama-tama, mari dimulai dengan perangkat iPhone. Jika software Anda benar-benar up to date, Anda bisa langsung membuka  Settings dan ketuk  iCloud. Anda harus masuk ke akun iCloud Anda dan kemudian gulir ke bawah untuk menemukan menu Keychain. Anda kemudian harus menggesek Keychain ke posisi hijau dan memasukkan empat digit kode keamanan iCloud. Setelahnya, masukkan nomor telepon Anda sehingga Anda dapat menerima pesan SMS dari Apple. Itulah awal pengaturan iCloud Keychain.
Kembali ke Settings, dan cari Safari, di mana Anda akan menemukan  AutoFill sub-setting. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari fungsionalitas ini, maka Anda harus memastikan bahwa semua toggle bar dalam keadaan aktif, termasuk username dan password, serta kartu kredit.
Setelah Anda selesai melakukan pengaturan pada iPhone, maka iCloud Keychain akan dapat diakfitfkan pada Mac Anda, dengan cara cari iCloud di OS X Settings dan pilih Keychain. Anda harus mengubah pengaturan agar Mac Anda meminta kata sandi ketika aktif dari modus sleep sebagai langkah keamanan ekstra, dan tentu saja Anda membutuhkan kode keamanan iCloud Keychain. Sebuah SMS akan dikirim ke iPhone Anda, dan ini akan meminta persetujuan sehingga Mac Anda dapat mengakses  iCloud Keychain.
  • Passwords
Tidak seperti manajer password lain, Apple tidak memiliki tampilan antarmuka khusus untuk manajemen password-nya.  Password akan disimpan pada tampilan layaknya situs web yang sederhana. Dan perlu Anda ketahui, layanan ini tidak memiliki eksistensi Chrome, sehingga hanya bisa dinikmati oleh pengguna Safari dan juga pengguna perangkat Apple.
Ketika Anda mengunjungi sebuah situs yang meminta Anda untuk memasukkan username dan password, Safari akan menanyakan kepada Anda apakah Anda ingin mengingat password Anda, tidak akan pernah mengingat atau meminta hal ini di lain waktu. Tergantung pada pilihan yang Anda pilih, iCloud Keychain akan melakukan sinkronisasi pengaturan di perangkat Anda.
Apple akan membiarkan Anda menyimpan lebih dari satu kombinasi username / password untuk setiap situs. Ketika Anda mengunjungi situs Anda yang memiliki beberapa credential, maka Anda hanya tinggal klik kolom username dan Apple akan mengisi kolom itu secara otomatis.
Anda bisa mengakses username dan password apa saja yang terkoneksikan dengan beberapa website tertentu melalui Passwords & Autofill setting. Dari situ, Anda dapat copy dan paste password rumit yang disarankan oleh iCloud Keychain oleh aplikasi pihak ketiga.
  • Kartu Kredit
iCloud Keychain dapat melakukan lebih dari sekedar menyimpan password. Mungkin sedikit terasa ganjil pada awalnya untuk menyimpan nomor kartu kredit yang terhubung dengan server Apple, tapi perlu diingat, Anda memiliki akun iTunes dengan informasi yang sama. Selain itu, Apple memiliki langkah-langkah keamanan khusus untuk menghindarkan pencurian data kartu kredit Anda di servernya.
Menambahkan info kartu kredit pada iCloud Keychain dapat dilakukan melalui AutoFill sub-setting di bawah pengaturan Safari seperti yang dibahas di awal artikel. Anda akan diminta untuk memasukkan nama pemegang kartu, nomor kartu, tanggal kadaluwarsa dan deskripsi sehingga Anda dapat memberikan perbedaan informasi antara berbagai kartu.
Ketika akan membeli item dari situs web di Safari, di bawah informasi kartu kredit bagian kartu Anda akan muncul autofill. Apple tidak akan menyimpan atau melakukan autofill kode keamanan kartu Anda, sehingga Anda akan perlu untuk menghafalkan kode ini untuk melakukan pembelian.
  • Kesimpulan

Ada banyak pesaing dari pihak ketiga untuk menyaingi layanan Apple ini. Apple masih luput dari beberapa fitur kunci dari pesaingnya, seperti kemampuan untuk menyimpan informasi berbasis teks yang Anda inginkan dalam vault online. Namun Apple tampaknya akan berfokus untuk para pengguna mainstream, membuat hal-hal seperti ini tampak lebih mudah untuk digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar