Senin, 27 Januari 2014

Management : 7 Kebiasaan Orang Profesinoal Produktif


Dalam kegiatan keseharian kita baik dikantor maupun dimana pun tempat kita bekerja produktivitas adalah hal yang sangat penting. Produktivitas untuk melahirkan sesuatu yang kreatif dan inovatif di era digital seperti saat ini mungkin merupakan obesesi kita semua. Kebiasaan seperti apa yang bisa kita lakukan dalam aktivitas keseharian kita untuk meningkatkan produktivitas dalam bekerja? berikut kebiasaan-kebiasaan tersebut :

1. Stop Multi-Tasking.
Apabila anda seorang yang sanggup mengerjakan tugas yang cukup banyak dalam sehari dan mampu mengganti-ganti pekerjaan anda dalam satu waktu. hentikan. Karena mengerjakan tugas lebih dari 10 kali dalam sehari akan menyebabkan penurunan rata-rata IQ hingga 10 poin. cobalah untuk fokus kepada satu pekerjaan hingga selesai dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin.

2. Bedakan Antara Efisiensi Dengan Kemalasan.
Sering kali kita tidak mau mengakuinya, namun faktor utama hilangnya produktivitas adalah kemalasan. Kita harus bisa membedakan antara efisiensi dengan efektivitas. Tempatkan dan fokus pada hal-hal yang paling penting seefisien dan seefektif mungkin.

3. Awali Pagi Hari Anda Untuk Fokus Pada Diri Anda Sendiri.
Apa yang anda lakukan ketika anda bangun dipagi hari?, membuka e-mail? melihat kalender?, melihat jadwal janji dan apa yang anda akan lakukan dihari ini?. Hal tersebut akan membunuh produktivitas anda. kebiasaan seperti ini akan memberikan peluang lain kepada orang lain untuk mendikte kita. Maka mulailah dengan sarapan yang baik, membaca berita, melakukan meditasi, atau berolahraga ringan. kebiasaan ini akan memberikan energi yang cukup untuk mengawali hari anda.

4. Akhiri Tantangan Sebelum Makan Siang.
Kejar dan selesaikanlah pekerjaan anda ketika otak anda masih segar. fokus pada apa yang harus anda kerjakan didalam kantor sebelum jam makan siang. Jika anda memiliki janji meeting ataupun tugas diluar kantor, gunakan sisa waktu anda disore harinya, dengan menjadwalkan kegiatan keseharian anda seperti ini. anda akan menciptakan pola produktivitas kerja anda dengan memanage waktu yang tepat.

5. Istirahat.
ketika otak sudah merasa lelah pertanda kita harus beristirahat sejenak. memaksakan otak untuk terus bekerja menyebabkan penurunan daya berfikir dan menghambat produktivitas. Oleh karena itu, gunakan momen yang tepat ketika dikantor untuk penyegaran. Bisa anda lakukan dengan berjalan-jalan sejenak, makan siang atau memakan snack sambil berbincang dengan teman disebelah anda, atau sekedar meditasi di meja kerja anda dengan menggunakan musik yang anda dengar melalui headphone yang anda kenakan biasanya ketika anda bekerja.

6. Ikuti Aturan 80/20.
sekitar 20% dari apa yang kita kerjakan setiap harinya memberikan 80% hasilnya. kurangi hal-hal yang tidak terlalu penting yang memiliki dampak atau efek kecil pada keseluruhan produktivitas selama bekerja. Asalkan jangan melupakan bantuan anda kepada tim kerja anda diluar Job Desk yang anda kerjakan.

7. Mengurangi to-do List Hingga Separuhnya.
Ini merupakan poin penting dalam keterkaitannya dalam memanage waktu kerja dan apa yang harus anda kerjakan dengan produktivitas yang harus anda hasilkan untuk melakukan semuanya. Menyelesaikan semua pekerjaan anda sebanyak-banyaknya dalam sehari kerja bukan berarti menyelesaikan semuanya dalam 8 jam kerja anda. Anda harus mengetahui kapan deadline dari pekerjaan anda agar anda bisa mengurangi beberapa tugas anda dihari itu dan memanfaatkan sisa waktunya untuk melakukan poin-poin penting diatas sebelumnya. Jadi, fokus dan selesaikan pekerjaan-pekerjaan yang paling penting dulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar