Senin, 28 Oktober 2013

Personal Branding Yang Terus Menguntungkan ; David Beckham


Tidak hanya consumer product dan jasa, marketing dapat diterapkan dalam banyak hal, termasuk dalam mengemas image seseorang sehingga dapat dimonetisasi dan menghasilkan uang. Salah satu contoh personal branding yang cukup sukses dapat kita lihat pada diri David Beckham.

Wajah mantan pemain sepak bola timnas Inggris ini tidak hanya mengisi lapangan hijau, namun juga billboard dan berbagai sampul majalah sebagai brand ambassador maupun endorser. Pada tahun 2012, Bloomberg menyebutkan bahwa Beckham berhasil membukukan pendapatan 14,1 juta pound (sekitar USD 23 juta) dari perusahaan sponsorship dan image-rights miliknya.

Seperti yang dilaporkan Bloomberg, perusahaan Footwork Production Ltd. yang bermarkas di London mengatakan bahwa pendapatannya meningkat 8 persen menjadi 16,5 juta pound. Hal ini terjadi berkat kemampuan Beckham dalam mengelola image serta penempatan dirinya dalam lingkungan sosial dengan baik. Ia dan sang istri, Victoria Beckham, adalah keluarga selebritis tingkat atas dan terbilang sukses dalam karir maupun keluarga.


Beckham pensiun dari lapangan hijau pada musim lalu dan mengakhiri karirnya di Paris Saint-Germain. Ia juga termasuk dalam salah satu figur olahraga dengan bayaran tertinggi. Saat ini Beckham masih memiliki kontrak dengan Adidas AG, Hennes & Mauritz AB, serta Coty Inc. Pada bulan Maret lalu, Beckham juga didaulat menjadi global ambassador untuk industri sepak bola China.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar