Senin, 01 Juli 2013

Manager : Meningkatkan Service Excellence di Perusahaa



Manager  :  Meningkatkan Service Excellence di Perusahaan

Di era kompetisi bisnis saat ini, dimana kekuatan barang tidak hanya menjadi penentu keberhasilan perusahaan, setiap perusahaan dituntut untuk memberikan service excellence yang baik ke pada konsumen.
 
Cerita buruk menyebar 10 kali lebih cepat dan cerita baik hanya menyebar 2x.

Service akhirnya menjadi pedang bermata dua. Ketika salah sedikit dan di blow up di media atau dari mulut ke mulut, maka citra perusahaan akan tercoreng dengan mudah di mata konsumen. Sayangnya berita baik atau service excellence yang Anda berikan tidak akan menyebar secepat kabar buruk.
Itu lah kenapa, service yang buruk di hentikan mulai sekarang. 

Dan service excellence di genjot habis – habisan di setiap lini perusahaan. Mulai dari Office boy, resepsionis, sales, accounting , board of director mestinya bisa memberikan service excellence yang baik.

Bagaimana cara agar setiap lini bisa memberikan service excellence ?

Be a personal excellence
Apa itu personal excellence ? personal excellence adalah kondisi dimana emosi seseorang berada pada kondisi mood yang baik. Sehingga secara alami orang tersebut merasa bahagia, dan good mood. Secara otomotis orang tersebut lebih mudah tersenyum dibandingkan orang yang sedang dirudung masalah atau bad mood. Service excellence berkaitan dengan reaksi spontan seseorang terhadap perilaku konsumen.
Kalau Anda ketemu orang yang lagi happy, paling tidak kita ikut tertular “happy”. Tapi kalau ketemu orang lagi bete atau unhappy, besar kemungkinan kita juga ikut terpengaruh

Paham konsep “Self Marketing”
Apa pun posisi kita sebenarnya kita adalah seorang penjual.
Dokter menjual jasa pengetahuan dan keahliannya ke pasien.
Tukang bangunnan menjual tenaga dan keahliannya membangun rumah atau gedung.
Resepsionis menjual kemampuan dia menerima tamu dan berbicara di telfon.
Foto Model menjual kecantikan dan fotogeniknya dia saat di foto.
Dan sebagainya.
Ketika orang paham APA yang di jual oleh dirinya dan SIAPA konsumennya, maka orang tersebut pasti akan memberikan service excellence.

Paham keinginan Pelanggan
Mari bermain peran 5 menit di pikiran Anda. Jika Anda datang ke perusahaan sejenis perusahaan Anda sekarang, service excellence seperti apa yang Anda harapkan ?
  • Anda ingin disapa dengan kalimat seperti apa ? supaya layak disebut service excellence
  • Nada bicara seperti apa yang Anda ingin dengar ? agar mereka pantas disebut memberikan service excellence
  • Penampilan karyawan seperti apa yang ingin Anda lihat ? supaya layak disebut service  excellence
  • Jika Anda complain, jawaban seperti apa yang Anda ingin dengar dari orang tersebut ? Sehingga Anda betah dan acungkan jempol atas service excellence yang mereka berikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar