Kamis, 16 Mei 2013

Manager ........... Ini 4 Cara Mengelola Ide

Manager ........... Ini  4  Cara Mengelola Ide


Tidak sedikit bisnis besar yang bermula dari ide-ide kecil. Tak bisa diduga, ide dapat muncul di mana saja dan dari siapa saja. Kadang ide muncul saat menjelang tidur, atau saat kita duduk santai di beranda rumah. Tidak jarang pula ide diperoleh melalui riset, focus group discussion, atau berbagai pendekatan ilmiah lainnya. Masalah yang muncul kemudian adalah bagaimana kita mengelola ide, terutama yang kita dapat “cuma-cuma”, agar tidak hilang atau terlupa begitu saja.

Berikut adalah beberapa cara yang dirilis Entrepreneur untuk mengelola ide dan mentransformasinya dalam sebuah tindakan nyata. Tentu saja sebuah ide akan percuma jika berupa mimpi yang tidak dapat diwujudkan.

Pertama, diskusikan ide di lokasi yang terpusat. Menciptakan sebuah tempat dengan iklim yang kondusif guna mendorong terciptanya ide sangat penting untuk dilakukan. Usahakan tempat ini memungkinkan orang-orang yang terlibat dapat saling bertukar pikiran dan berbagi feedback.

Kedua, berilah label untuk ide-ide yang berbeda. Hal ini akan memudahkan identifikasi serta tindak lanjut dari ide-ide yang didapat. Misalnya masukan dari konsumen dipilah dari ide-ide yang disampaikan pemasok atau distributor. Kategorisasi label dapat dilakukan sesuai dengan selera atau kebutuhan agar lebih efektif dan memudahkan pemilahan.

Ketiga, pastikan daftar ide diberikan pada orang yang tepat. Jika anda seorang pemimpin di perusahaan anda, pastikan ide-ide pilihan diberikan kepada orang yang tepat. Ide tentang desain mobil yang perlu diubah misalnya, harus disampaikan kepada bagian desainer atau engineer, bukan kepada bagian akunting, demikian pula sebaliknya.

Keempat, perlakukan daftar ide seperti kotak masuk email (inbox). Untuk menjaga ide-ide anda tidak terblokir, segera tindaklanjuti dengan respon yang tepat. Singkirkan ide-ide yang tidak memiliki nilai dan pilihlah yang memiliki potensi untuk dikembangkan. Beberapa ide mungkin butuh penyesuaian lebih lanjut, sementara ide lain mungkin dapat diimplementasikan dengan segera. Jadi jangan tunggu hingga lupa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar