Jumat, 08 Maret 2013

Tips Mempermudah Seleksi Teks di iOS


Tips Mempermudah Seleksi Teks di iOS

 


Kalau kamu seorang pembaca yang rajin menyimpan kutipan-kutipan tulisan yang bermakna, atau cuma sebagai referensi pada saat mempersiapkan tulisanmu selanjutnya, maka seleksi teks merupakan sebuah kegiatan yang bisa kamu kerjakan setiap kali menggunakan iPad.
Seleksi teks, meskipun berkesan sederhana, bukanlah sebuah kegiatan yang gampang di iOS. Butuh presisi dalam seleksi supaya teks tidak keluar dari daerah yang ingin diseleksi. Kali ini saya akan mencoba berbagi beberapa tips yang sering saya terapkan ketika membaca melalui iBooks, ataupun aplikasi lainnya seperti Instapaper.
Membaca di dalam kendaraan yang berjalan sering membuat saya mual. Salah satu cara mengakali masalah ini adalah menyalakan Speak Selection — fitur yang meminta iOS membacakan teks yang diseleksi. Agar tetap dapat mengatur tempo membaca, biasanya saya meminta iOS membaca paragraf per paragraf. Cara tercepat untuk seleksi paragraf adalah dengan tap daerah kosong di baris terakhir sebuah paragraf.

Seleksi Cepat Paragraf
Seleksi Cepat Paragraf
Sedangkan untuk beberapa aplikasi, seperti iBooks, terdapat cara lain memilih teks dari satu titik ke titik lainnya. Daripada harus mengaktifkan kursor seleksi dengan tap and hold diikuti menarik kursor sampai titik yang diinginkan, kamu cukup tap and hold menggunakan 2 jari, biasanya jempol, ke 2 titik tujuan.

Seleksi Wilayah Tertentu
Seleksi Wilayah Tertentu
Tips terakhir yang umum digunakan adalah menemukan definisi kata dengan tap and hold kata itu sendiri. Yang ini seharusnya sudah diketahui setiap pemilik iOS, tetapi tidak ada salahnya menulisnya kembali.
Apakah kamu mempunyai tips-tips lainnya yang dapat dimanfaatkan saat bekerja dengan teks?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar