Membangun Kepercayaan Pelanggan Online
Marketing.co.id- Customer trust
atau kepercayaan pelanggan merupakan hal yang paling penting bagi Anda
ketika membangun sebuah bisnis berbasis internet (bisnis online).
Tidak seperti berbelanja di toko ritel
pada umumnya, bisnis online adalah sebuah lingkungan tanpa tatap muka.
Kita tidak memiliki toko ritel dalam bentuk fisik, bagi pelanggan itu
sangat sulit untuk mengetahui apakah bisnis Anda itu legal atau hanya
sebuah website yang dijalankan oleh seseorang penipu?
Situs yang Anda bangun adalah wajah dari perusahaan Anda. Inilah yang digunakan untuk membangun kepercayaan pelanggan.
Berikut adalah 7 langkah untuk membantu Anda melakukannya:
Desain website professional
Salah satu bagian terpenting dari bisnis
online adalah dilihat dari sisi desainnya. Tidak perlu sesuatu yang wah,
tapi lihatlah desain website dari sudut pandang professional.
Kita bisa mencari referensi di internet
tentang desain situs perusahaan dan lihat bagaimana tampilan situs
mereka. Apakah kita terkesan dan ingin melakukan bisnis dengan
perusahaan tersebut? Ini adalah perasaan yang sama yang perlu diberikan
kepada pelanggan Anda.
Email branding perusahaan
Jika kita ingin melakukan bisnis dengan
seseorang, di mana email adalah andalan Anda, sebaiknya gunakan email
dengan nama domain (sales@yourcompany.com) atau dari akun email gratis
seperti Gmail? Tapi ingat, menggunakan akun email gratis menunjukkan
kepada pelanggan bahwa Anda tidak serius dalam menjalankan bisnis.
Customer review site
Customer review site seperti
BizRate adalah alat untuk membangun keyakinan pelanggan. Situs ini
memungkinkan pelanggan untuk meninjau pelanggan sebelumnya yang telah
melakukan transaksi di situs, apa yang mereka suka dan tidak suka dari
perusahaan.
Profil perusahaan
Anda dapat membangun kepercayaan
pelanggan dengan mengenalkan kepada orang-orang di belakang layar.
Sertakan informasi umum seperti sejarah, alasan perusahaan didirikan dan
profil karyawan jika anda memilikinya.
Anda juga dapat mengambil pendekatan
pribadi dengan berbicara tentang diri Anda, alasan memulai sebuah
bisnis, kelebihan perusahaan, dan terakhir sertakan foto diri.
Hubungi pelanggan
Ini memiliki hubungan yang sama dengan
halaman Tentang Kami. Pelanggan dapat mengetahui ketika mereka
membutuhkan bantuan. Akan lebih baik jika Anda memberikan alamat, nomor
telepon, alamat email dan formulir kontak.
Testimonial
Testimonial di situs Anda merupakan
indikator yang baik dari kepercayaan diri dan hampir sama dengan ulasan
pelanggan. Akan lebih baik jika Anda menyertakan foto atau informasi
seperti kontak pelanggan, nomor telepon, atau alamat situs.
Penghargaan dan keterlibatan komunitas
Ini akan menjadi lebih mudah bagi
pelanggan untuk percaya kepada perusahaan yang merupakan bagian dari
komunitas mereka. Ada banyak cara untuk terlibat. Anda dapat bergabung
dengan kamar dagang lokal atau organisasi lokal lainnya. Jika Anda
memenangkan penghargaan dari organisasasi tertentu, pastikan untuk
menampilkan logo tersebut di situs Anda.
Sumber : http://www.marketing.co.id/blog/2012/07/26/membangun-kepercayaan-pelanggan-online/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar