Customer Service and Retention
Marketing.co.id -
Banyak perusahaan yang mengandalkan pelayanan pelanggan dan
mempertahankannya sebagai salah satu strategi usahanya. Berbagai cara
agar strategi yang mereka jalankan berjalan dengan baik dan efektif,
seperti dengan menghadirkan produk-produk yang berkualitas tinggi serta
ketepatan waktu pada saat pengiriman barang ke tangan para pelanggannya
Strategi untuk mepertahankan pelanggan
Jadi, bagaimana Anda bisa meyakinkan
klien bahwa Anda menginvestasikan waktu dan uang Anda ke dalam bisnis?
Pastikan bahwa itu adalah bagian dari rencana layanan pelanggan Anda.
Mengetahui industri Anda dengan baik
Mengetahui secara gamblang industri Anda
tidak hanya membantu dalam membangun kepercayaan dengan klien Anda
ketika Anda pertama kali menjalin hubungan, akan tetapi memungkinkan
Anda untuk mengantisipasi kebutuhan dan harapan mereka.
Misalnya, jika Anda menemukan pesaing
Anda secara konsisten menawarkan bonus didalam layanan mereka, Anda
jangan berharap klien Anda akan bertahan dengan Anda jika Anda tidak
melakukannya juga. Mungkin yang lebih penting adalah dengan mengetahui
seluk beluk industri, itu akan membedakan bisnis Anda dengan pesaing dan
menunjukkan mengapa layanan Anda lebih unggul daripada pesaing.
Bangun hubungan yang erat dengan klien Anda.
Bahkan, ketika Anda melakukan pekerjaan
untuk orang yang Anda layani, mereka mungkin tidak ingin bekerja dengan
Anda lagi dikemudian hari jika mereka tidak merasa dekat dengan Anda.
Untuk membangun sebuah hubungan, keluarlah dan cari tahu tentang
kehidupan klien Anda, sehingga Anda dapat mengetahui apa yang terjadi di
dunia mereka. Ketika Anda dapat menjalin hubungan antara diri sendri
dan orang yang anda layani, hal ini akan dapat mempertahankan mereka
untuk jangka panjang.
Sering berkomunikasi
Untuk memastikan bahwa kebutuhan dan
harapan setiap orang terpenuhi, buatlah jadwal rutin untuk bertemu
dengan mereka untuk memantau/mengetahui kemajuan proyek apapun yang
sedang anda kerjakan. Melalui jaringan internet, melalui jejaring
sosialnya akan terjalin komunikasi yang lebih baik dengan mitra bisnis
Anda. Mereka dapat berbagi ide dan mengajukan pertanyaan dimana pun dan
kapanpun mereka berada.
Ingat! Dengan membangun strategi yang tepat dan benar dapat menghemat waktu Anda sebaik mungkin.
Sumber : http://www.marketing.co.id/blog/2012/06/26/customer-service-and-retention/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar