Beberapa minggu ke depan, saya akan coba menyajikan tulisan mengenai apa
itu email marketing, mengapa sangat penting dan bagaimana melaksanakan
email marketing yang tepat dan efektif. Jujur saja saya cukup tergelitik
untuk sharing masalah ini karena bagi saya, setelah mencari buku-buku
referensi, tulisan-tulisan ringan, makalah, blog dan sumber lainnya saya
tidak menemukan panduan yang betul-betul sederhana bagi orang awam
untuk dapat melakukan strategi email marketing dengan tepat dan efektif
khususnya dalam bahasa indonesia. Tentu saja ada beberapa yang sangat
lengkap namun kita harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan satu
lagi dalam bahasa Inggris (is that a big problem?) hehe, mungkin saja
bagi banyak orang.
Tentu buat yang sudah expert di bidang online strategy yang saya sajikan
bisa jadi sudah “basi”, namun biarlah, toh saya buat tuilsan ini untuk
awam dan ingin belajar salah satu komponen yang paling penting dalam
online strategy atau binis online yaitu email marketing. Dengan
mengikuti setiap minggunya di blog ini saya akan coba kupas satu persatu
mulai dari mengapa, bagaimana strategynya, apa saja email marketing
itu, bagaimana mengukurnya dan tentu dengan contoh-contoh yang bisa
memberikan gambaran yang lebih jelas. Ok bagaimana kalo kita mulai
temen2.
Apa sih email marketing itu? Email Marketing adalah “sebuah bentuk
direct marketing dengan menggunakan email yang ditujukan untuk
memberikan informasi dan penawaran (komersial, social, news, CRM) kepada
target audience.” Email marketing adalah “salah satu tools paling lama
dan powerfull dalam online strategy sampai saat ini”, kira-kira
begitulah pendapat beberapa pakar online. Tujuan akhirnya? Sederhana
saja penjualan dan brand equity.
Beberapa fakta mengenai email marketing yang saya rangkum dari belantara online yang mungkin bisa dijadikan acuan.
• Menurut penelitian yang dilakukan oleh Direct Marketing
Association, email marketing menghasilkan ROI sebesar $ 43,62 untuk
setiap dolar yang dihabiskan di atasnya pada tahun 2009. Di prediksi
tahun 2010 akan menjadi sebesar $ 42,08. Hal ini memlebih efektivitas
pemasaran brosur secara offline dengan biaya yang jauh lebih murah.
• Sejumlah penelitian yang berasal dari Forrester Research, Gartner,
eMarketer, dan Direct Marketing Association secara konsisten menunjukkan
email tetap menjadi salah satu saluran yang paling efektif dalam
pemasaran pemasaran dan ROI.
• Menurut survey Datran pada tahun 2010, 39,4% dari para eksekutif
industri mengatakan email marketing merupakan tools pemasaran yang
sangat efektif dan menjadi pilihan para eksekutif tersebut.
• Survei Forbes Media di Februari / Maret 2009 mengungkapkan bahwa
email marketing dan e-newsletter dianggap sebagai tools online nomor dua
yang paling efektif dalam menciptakan conversion setelah SEO.
• Survey di Irish pada tahun 2009 memperlihatkan bahwa marketers
menilai 79% email marketing merupakan tools yang penting dan sangat
penting bagi strategi pemasaran mereka.
• Shop.org's State of Retailing Online 2009 survey menemukan bahwa
"E-mail adalah tactic pemasaran yang paling sukses sejauh ini.
• Desember 2008 survei yang melibatkan ratusan pemasar oleh Marketing
Sherpa menemukan bahwa per-klik iklan pencarian memiliki ROI tertinggi,
diikuti dengan email marketing pada tempat kedua.