Strategi Marketing Kreatif dengan Pemasaran Presisi
Dalam berbisnis pasti membutuhkan strategi marketing yang efektif dan
cocok dengan bisnis yang sedang dijalankan. Maka tidak sedikit para
pebisnis yang salah mengambil strategi dalam memasarkan bisnisnya. Untuk
itu diperlukan beberapa pengetahuan dan penelitian agar bisnis yang
dijalankan bisa terus maju dan berkembang.
Untuk tahap awal dalam menjalankan
strategi marketing kreatif dengan pemasaran presisi tersebut dibutuhkan
ketelitian dan ketepatan dalam mengamati konsumen seperti:
- Putuskan siapa pelanggan ideal Anda
- Putuskan kemana mereka pergi
- Apa yang mereka lakukan
- Apa yang mereka inginkan
Selain itu, dalam pemasaran presisi ini
melibatkan empat pertanyaan, siapa, apa, kapan, dan bagaimana sehingga
akan terbentuk strategi pemasaran yang jitu.
Dalam menerapakan strategi tersebut bisa
di contohkan seperti ABN, sebuah bank yang ingin membidik pelanggan di
negeri kincir angin yang termasuk negara yang kaya, yakni membuat
sebuah lounge di Schiphol Airport, Amsterdam, yang digunakan secara eksklusif oleh klien Preferred Banking.
Dalam Lounge elit tersebut di
buka setiap hari dari pukul 6 pagi hingga 10 malam, menyediakan ruangan
untuk rapat, akses internet, makanan dan minuman, penukaran mata uang
asing, serta tempat untuk bersantai di tengah-tengah ketergesaan dalam
perjalanan. Dengan proyek ini, ABN menunjukan pemahaman yang jelas
mengenai pemasaran presisi seperti:
- Siapa pelanggannya: orang-orang kaya yang akan berpergian dari Belanda.
- Apa yang mereka inginkan: sebuah tempat bersantai yang mewah ketika berpergian.
- Kapan mereka menginginkannya: antara pukul 6 pagi sampai 10 malam, ketika penerbangan tiba dan pergi.
- Bagaimana mewujudkannya: dengan membuat lounge eksekutif yang memberikan fasilitas yang disukai oleh orang kaya yang sedang berpergian.
Bagaimana penerapan strategi ini agar bisnis yang dijalankan tidak salah langkah, yang di kutib dari 100 ide bisnis terhebat:
- Pastikan Anda membidik pasar yang tepat dengan mengakses riset pasar yang dapat diandalkan misalnya, melalui web pemasaran. Ketetapan adalah elemen penting dari pemasaran presisi.
- Adakan sesi brainstorming dimana setiap pertanyaan dari empat pertanyaan pemasaran presisi dipikirkan secara mendalam.
- Pertimbangkanlah strategi pemasaran presisi yang ingin Anda jalankan secara realistis untuk melampaui upaya pesaing saat ini.
- Temukan cara untuk memperluas pemasaran dan penawaran Anda. Usahakan agar tetap segar, menarik, tepat sasaran, dan unik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar