8 Tren Komunikasi Tahun 2012
Pergantian tahun sudah di depan
mata. Seperti biasa segala macam ramalan dan prediksi tren soal
macam-macam hal dibuat. Mulai dari ramalan kehidupan percintaan, bisnis,
hingga tren fashion dan tren seputar ekonomi dan pasar modal. Kurang
afdol rasanya kalau bidang komunikasi tidak ikut mengeluarkan tren.
Berikut ini delapan hal yang akan menjadi tren tahun depan seputar dunia
komunikasi dan public relations.
- Laporan kepada Stakeholder
Keberhasilan atau kegagalan perusahaan
umumnya hanya dilaporkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan, seperti
dewan komisaris atau para pemegang saham. Namun, di beberapa negara
seperti Australia laporan tidak hanya diberikan kepada mereka. Hasil
yang diperoleh perusahaan juga dilaporkan kepada para karyawan,
pelanggan, termasuk kepada orang-orang yang punya kemampuan mempengaruhi
opini publik. Hal ini tampaknya akan menjadi tren tahun depan, terutama
ketika brand awareness telah menjadi bagian yang diperhitungkan dalam neraca keuangan.
- Konvergensi TV Sosial
Ada hal menarik dari aplikasi-aplikas
yang ada saat ini. Mungkin Anda pernah dengan tentang aplikasi Get Glue.
Dengan aplikasi ini Anda dapat “check in” dalam sebuah program
televisi dan berincang-bincang dengan orang-orang di seluruh dunia yang
sedang menonton program yang sama. Hal ini memungkinkan kita mengulas
sebuah program, membicarakan tentang hal yang terjadi seputar program
tersebut, serta mendengarkan pembicaraan orang-orang. Hal ini juga
berlaku untuk music dan film. Jika benar proyek terakhir Steve Jobs
sebelum ia mangkat adalah iTV, maka hal ini akan jadi sangat populer
tahun depan. Siap-siap saja.
- Integrasi Semua Bidang
Integrasi akan menjadi kata kunci
sekaligus hal yang sangat krusial tahun depan. Saat ini kita bicara
tentang mobile, sosial, marketing, public relations, iklan, direct mail,
surel, customer service, dan sales seperti masing-masing bekerja dalam
silo. Pada tahun 2012 hal ini harus diintegrasikan. Customer service
tidak bisa bekerja tanpa kita bicara soal sales. Sales membutuhkan
public relations. Dan mobile tidak bisa hidup tanpa marketing. Kita akan
melihat bidang-bidang ini bekerja sama seperti mereka berada dalam satu
lingkaran, dan bukan di dalam silo.
- Hasil = Jumlah Rupiah
Jika tidak mengukur hasil dalam ukuran
rupiah, maka Anda akan kehilangan pekerjaan tahun depan. Anda sepertinya
perlu belajar tentang marketing, manajemen produk, dan akuntansi dasar
agar dapat melakukan hal tersebut dengan efektif.
- Email Marketing
Meski terdengar usang, tapi email
marketing akan tetap efektif digunakan tahun depan. Memang surel bukan
mainan baru yang berkilau layaknya media sosial. Malah surel terdengar oldies.
Tapi hal tersebut masih tetap efektif. Hampir semua orang menggunakan
surel saat ini, dan belum semua orang menggunakan jejaring sosial. Jadi,
ya, email marketing masih akan menjadi tren tahun depan.
- Sistem Pembayaran yang lebih Mudah
Tahun depan urusan bayar membayar akan
lebih mudah dan cepat. Apple Store misalnya. Mereka telah memiliki
aplikasi pembayaran yang membuat orang tidak perlu antri di kasir. Hal
yang perlu dilakukan hanya mengunduh Apple app, memindai bar code,
dan total pembelian pun akan keluar. Tagihan tersebut akan ditagihkan
melalui akun iTunes dan Apple akan mengirimkan struk pembayaran Anda
melalui surel. Mudah dan cepat. Hal serupa juga telah dilakukan di
Starbucks. Tahun depan kemudahan-kemudahan semacam ini akan lebih sering
kita jumpai.
- Jejaring Sosial Baru
Kita sepertinya telah memiliki cukup
banyak situs jejaring sosial. Namun, mereka masih akan terus bermunculan
tahun depan. Beberapa di antaranya akan cukup menarik. Misalnya saja platform yang dimiliki Pinterest. Platform
ini bertujuan untuk mendorong penjualan. Samuel Gordon Jewelers telah
menggunakannya dan merilis kontes Pinterest pertama mereka yang bertajuk
“Pin to Win”. Keberhasilannya tentu masih harus diuji, namun kita akan
melihat bagaimana pemilik merek memanfaatkan hal ini dan jejaring baru
yang akan muncul tahun depan.
- Cetak Bergeser ke Tablet
Tidak ada komentar:
Posting Komentar