Untuk menjadi orang yang produktif dalam bekerja sebenarnya tidaklah sulit. Semua bisa dikendalikan oleh diri sendiri asal Anda bisa menerapkan empat hal berikut:
1. Find The
Moodbooster
Yap!
Temukanlah Moodbooster yang bisa membuat Anda semangat bekerja. Jika Anda
berhasil membuat diri Anda sendiri semangat maka Anda akan tidak mudah merasa
lelah dan frustasi. Jika Anda berhasil mengangkat mood Anda untuk bekerja, maka
pekerjaan sesulit apapun akan terasa ringan dikerjakan.
2. Make a
Short List
Buatlah daftar
apa yang akan Anda kerjakan di hari itu. Anggaplah daftar-daftar tersebut
sebagai target Anda yang harus Anda capai. Jika Anda berhasil mengerjakan semua
yang ada di daftar dan masih ada waktu untuk mengerjakan pekerjaan lainnya,
cobalah mengerjakannya di hari itu juga, itu berarti Anda melebihi target yang
sudah Anda tulis di daftar.
3. Say No To
“Them”
Terkadang
banyak godaan-godaan yang membuat Anda teralihkan dari pekerjaan Anda. Sebanyak
apapun godaan-godaan yang datang jika Anda bisa berkata TIDAK kepada “mereka”
maka semangat Anda untuk bekerja tidak akan goyah. Tetapi ada saatnya Anda
harus mencari udara segar untuk sekedar meregangkan otot dan merefresh otak
Anda sejenak. Lalu lanjutkan pekerjaan Anda dengan semangat yang sama, bahkan
lebih besar dari sebelumnya.
4. Focus!
Last but Not
Least. Fokus! Iya, fokus lah pada yang Anda kerjakan. Sebesar apapun semangat
Anda, tapi jika Anda tidak bisa fokus maka pekerjaan Anda akan tidak selesai
tepat waktu atau malah menjadi berantakan. Jika Anda sudah mulai kehilangan
fokus Anda, cobalah istirahat sebentar atau minumlah segelas air putih atau
mungkin kopi agar bisa mengembalikan fokus Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar