Manager : Meningkatkan Service Excellence di Perusahaan
Di era kompetisi bisnis saat ini,
dimana kekuatan barang tidak hanya menjadi penentu keberhasilan perusahaan,
setiap perusahaan dituntut untuk memberikan service excellence yang baik
ke pada konsumen.
Cerita buruk
menyebar 10 kali lebih cepat dan cerita baik hanya menyebar 2x.
Service
akhirnya menjadi pedang bermata dua. Ketika salah sedikit dan di blow up di
media atau dari mulut ke mulut, maka citra perusahaan akan tercoreng dengan
mudah di mata konsumen. Sayangnya berita baik atau service excellence
yang Anda berikan tidak akan menyebar secepat kabar buruk.
Itu lah
kenapa, service yang buruk di hentikan mulai sekarang.
Dan service
excellence di genjot habis – habisan di setiap lini perusahaan.
Mulai dari Office boy, resepsionis, sales, accounting , board of director
mestinya bisa memberikan service excellence yang baik.
Bagaimana cara agar setiap lini bisa memberikan
service excellence ?
Be a personal excellence
Apa itu personal
excellence ? personal excellence adalah kondisi dimana emosi
seseorang berada pada kondisi mood yang baik. Sehingga secara alami orang
tersebut merasa bahagia, dan good mood. Secara otomotis orang tersebut lebih
mudah tersenyum dibandingkan orang yang sedang dirudung masalah atau bad mood. Service
excellence berkaitan dengan reaksi spontan seseorang terhadap perilaku
konsumen.
Kalau Anda
ketemu orang yang lagi happy, paling tidak kita ikut tertular “happy”. Tapi
kalau ketemu orang lagi bete atau unhappy, besar kemungkinan kita juga ikut
terpengaruh
Paham konsep “Self Marketing”
Apa pun
posisi kita sebenarnya kita adalah seorang penjual.
Dokter
menjual jasa pengetahuan dan keahliannya ke pasien.
Tukang
bangunnan menjual tenaga dan keahliannya membangun rumah atau gedung.
Resepsionis
menjual kemampuan dia menerima tamu dan berbicara di telfon.
Foto Model
menjual kecantikan dan fotogeniknya dia saat di foto.
Dan
sebagainya.
Ketika orang
paham APA yang di jual oleh dirinya dan SIAPA konsumennya, maka orang tersebut
pasti akan memberikan service excellence.
Paham keinginan Pelanggan
Mari bermain
peran 5 menit di pikiran Anda. Jika Anda datang ke perusahaan sejenis
perusahaan Anda sekarang, service excellence
seperti apa yang Anda harapkan ?
- Anda ingin disapa dengan kalimat seperti apa ? supaya layak disebut service excellence
- Nada bicara seperti apa yang Anda ingin dengar ? agar mereka pantas disebut memberikan service excellence
- Penampilan karyawan seperti apa yang ingin Anda lihat ? supaya layak disebut service excellence
- Jika Anda complain, jawaban seperti apa yang Anda ingin dengar dari orang tersebut ? Sehingga Anda betah dan acungkan jempol atas service excellence yang mereka berikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar