Word of Mouth
Marketing di Rumah Sakit
Salah
satu bentuk marketing yang cukup populer adalah word of mouth
marketing. Dan marketing jenis ini jelas dapat diterapkan dengan baik.
Menurut definisinya, yang dimaksud dengan word of mouth marketing adalah
promosi gratis yang disampaikan oleh pelanggan yang puas kepada orang
lain tentang kehebatan dari produk atau jasa kita. Dalam istilah jawanya
dikenal dengan gethok tular.
Mungkin
kita pernah mendengar cerita dari teman kita sendiri tentang hebatnya
rumah sakit A, dimana misalnya sang teman bercerita bahwa orang tuanya
yang sudah terkena kanker ternyata bisa sembuh tanpa dilakukan tindakan
operasi. Atau ada cerita lain, dimana di suatu rumah sakit perawatnya
super ramah. Mungkin masih banyak cerita lain yang pernah anda dengar.
Bila anda tidak keberatan silakan tuliskan word of mouth marketing di
rumah sakit atau praktek dokter yang pernah anda dengar pada kolom
komentar dibawah ini. Sekarang mari kita lanjutkan ceritanya.
Apakah
word of mouth marketing ini bisa dibuat? Atau datang dengan sendirinya?
Jawabannya adalah wajib untuk diciptakan. Bagaimana caranya? Caranya
adalah dengan menciptakan customer great experience. Atau pengalaman tak
terlupakan bagi customer.
Mari
kita lihat lagi di dunia selain rumah sakit, bagaimana customer great
experience itu diciptakan. Kalau anda pernah tinggal di Jawa Timur,
tentu pernah mampir ke Soto Dhok. Disitu, setelah penjual menuangkan
kecap di dalam sotonya, maka dengan sengaja botol kecap tersebut
dipukulkan ke meja, sehingga menimbulkan suara yang keras. Suara ini
menjadi ciri khas dari soto tersebut, sehingga orang tidak pernah
melupakannya dan bahkan menceritakan hal ini kepada orang lain. Jadilah
warung soto itu terkenal dengan ciri khas tersebut.
Itu
adalah satu contoh customer great experience yang diciptakan oleh
penjual soto. Sekarang bagaimana di rumah sakit? Untuk di rumah sakit
atau di praktek dokter ternyata sedikit berbeda. Yang pertama anda
lakukan adalah kenali apa yang paling diperhatikan oleh pasien ketika
datang ke rumah sakit atau praktek anda. Saya berikan contoh kecil yang
mungkin pernah anda alami. Selanjutnya mari kita sharing dalam komentar
dibawah, silakan anda tuliskan pengalaman anda. Ketika kita kecil, kita
malas ke dokter karena tidak mau mendapat obat yang pahit. Tetapi, ada
dokter yang suka memberikan obat yang manis kepada anak-anak. Karena
selalu mendapat obat yang manis, tentu anak ini akan bercerita kepada
temannya kalau berobat harus ke dokter itu karena obatnya pasti manis.
Atau orang malas ke rumah sakit karena di rumah sakit antriannya panjang
dan ruangannya berbau obat. Suatu saat, anda ciptakan rumah sakit yang
tidak antri dan ruangannya berbau wangi. Ini tentu akan menjadi
pengalaman yang tak terlupakan bagi pasien. Siapkah anda menciptakan
customer great experience di rumah sakit atau tempat praktek anda?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar