Pelanggan Mengeluh...?
Jangan Panik...!
Itu Peluang, Bukan Ancaman
Marketing.co.id- Statistik
menunjukkan bahwa ketika ada pelanggan yang mengeluh, seharusnya
pemilik bisnis dan manajer harus merasa senang dan bersemangat. Karena,
pelanggan yang mengeluh merupakan peluang bagi bisnis Anda untuk menjadi
lebih besar lagi.
Mendengarkan dengan penuh hormat,
perhatian, serta melakukan upaya terbaik untuk mengatasi keluhan
pelanggan, biasanya akan menimbulkan sebuah hubungan yang lebih kuat
dengan pelanggan.
Tentunya, kita akan merasa panik setiap
kali pelanggan mengeluh. Terutama jika kita tidak mengetahui dampak yang
akan ditimbulkan dan cara menangani keluhan dari pelanggan setia.
Butuh waktu yang lama memang untuk dapat
melihat sebagian besar keluhan yang kita tangani mengakibatkan hubungan
yang kuat. Kenapa? Karena kita harus menunjukkan perilaku kepada
pelanggan bahwa kita dan perusahaan yang sedang mereka hadapi peduli
tentang mereka dan masalah mereka.
Tindakan kita menunjukkan bahwa kita
ingin menyelesaikan keluhan demi kepuasan mereka. Hal ini biasanya akan
membangun kepercayaan dan loyalitas dengan pelanggan.
Jika kita ingin membangun sebuah bisnis
yang menguntungkan dengan basis pelanggan setia, memberikan layanan
terbaik di atas rata-rata adalah kuncinya.
Ketika seorang pelanggan mengeluh, itu
adalah kesempatan bagi kita untuk memperkuat hubungan dengan mereka.
Mereka mencari solusi untuk masalah yang sedang mereka hadapi dan dalam
proses kita memiliki kesempatan untuk mengatasinya dengan cara yang
lebih baik untuk memperkuat hubungan kita dan merek dengan pelanggan.
Ketika pelanggan merasa:
- Mendengar dan mengerti (kami telah mendengarkan mereka memberitahu kami tentang masalah)
- Penting dan dihormati (bahasa tubuh kita, kata-kata, dan nada suara kita mengatakan kita peduli).
…….Dengan begitu, mereka lebih mungkin untuk bersikap lebih tenang dan rasional dengan masalah yang dihadapinya.
Biasanya, kebanyakan pelanggan tidak suka
mengeluh atau membuat keributan ketika mereka mengalami masalah dengan
produk dan jasa. Mereka hanya ingin masalah yang mereka hadapi cepat
diselesaikan.
Penanganan keluhan pelanggan dengan cara
yang positif sering kali sangat mengejutkan bagi pelanggan. Dan kejutan
yang mereka rasakan sering kali mereka ceritakan dengan teman-teman
mereka. Begitu juga sebaliknya.
Sumber : http://www.marketing.co.id/blog/2012/10/19/pelanggan-mengeluh-jangan-panik-itu-peluang-bukan-ancaman/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar