Loyalitas Pelanggan :
Tips Agar Pelanggan Anda Semakin Dekat
Marketing.co.id- Banyak merek yang menggunakan skema loyalty atau hadiah untuk menarik dan mempertahankan pelanggan.
Tetapi bagaimana mereka memanfaatkan cara ini untuk membangun hubungan dengan pelanggan mereka?
Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda gunakan agar pelanggan semakin dekat dengan Anda:
Konsisten dalam berkomunikasi dengan mereka
Jika pelanggan Anda berhak untuk menjadi
bagian dari skema penghargaan Anda, maka ingatkan mereka bahwa mereka
memiliki keuntungan dan mengkaitkan dengan kebutuhan mereka saat ini.
Bekerjalah dengan keras untuk meraih
pemahaman dari pelanggan Anda sehingga mereka lebih jelas dan mengerti
bahwa mereka sedang diberikan hadiah.
Salah satu waktu yang tepat untuk memulai
skema ini adalah pada saat pelanggan melakukan pembelian, karena akan
menjadi faktor pendorong dalam proses pengambilan keputusan pembelian
mereka.
Relevan
Pastikan hadiah yang Anda tawarkan
relevan dengan kebutuhan pelanggan Anda. Dalam suasana sekarang, dimana
konsumen terus memperketat ikat pinggang (berhemat), merek yang yang
sukses dalam melahirkan loyalitas mereka menawarkan diskon yang relevan
dalam bentuk produk, merek dan waktu.
Keep in simple
Jangan memperumit program reward karena
mengandung resiko. Pelanggan akan enggan untuk terlibat jika prosesnya
rumit. Tetaplah konsisten dalam menyajikan penawaran yang memberikan
tingkat fleksibilitas besar yang tidak hanya terbatas pada angka dan
periode. Ini akan membantu melibatkan pelanggan dengan merek serta
membangun hubungan jangka panjang.
Tetap segar
Jaga program reward yang terus berkembang
dan menarik untuk memastikan pelanggan tidak menjadi bosan dengan hal
lama yang sama. Mengisi dan merangsang skema tersebut dengan imbalan dan
kesempatan baru bagi konsumen Anda sehingga Anda dianggap memiliki
minat yang sama dengan mereka. Tentunya ini akan meningkatkan pembelian
ulang dan membangun loyalitas.
Hal ini juga memberikan Anda kesempatan
lebih banyak untuk berkomunikasi dengan mereka dan mempermudah Anda
dalam mengumpulkan data yang dapat membantu anda dalam mengembangkan
komunikasi lebih lanjut ke depan dan akhirnya dapat membantu memperbaiki
bottom line.
Tampil beda
Berikan reward pelanggan Anda dengan
sesuatu yang berbeda dari yang lain. Hal ini dimaksudkan agar anda
terlihat lebih menonjol. Memberikan nilai tambah lebih baik dibandingkan
dengan memberikan harga murah atau diskon yang tersedia secara bebas di
Koran dan situs publik lainnya.
Dengarkan pelanggan Anda
Pelanggan akan merasa lebih terlibat
dengan merek jika merasa pendapat mereka didengarkan dan
ditindaklanjuti. Anda mungkin berpikir bahwa Anda mengetahui apa yang
diinginkan dan dikehendaki pelanggan Anda dari sebuah program reward.
Namun, sebaiknya Anda tetap melakukan kemunikasi dua arah dengan audiens
Anda.
Pastikan program Anda menarik dan pertahankan
Hadiah dan bonus merupakan cara yang
tepat untuk mendorong pelanggan untuk berbisnis dengan Anda dan terbukti
menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. Namun, setelah hadiah
awal selesai ditawarkan, elemen sekunder akan dibutuhkan untuk menambah
elemen retensi atau hubungan.
Sebuah program yang dapat melakukan dua
pekerjaan sekaligus dalam satu waktu dapat menghemat banyak waktu dan
uang, dan memberikan hasil yang fantastis.
Pelanggan akan terlibat dengan penuh
loyalitas dalam skema penghargaan ini jika disajikan dengan cara yang
relevan dan menawarkan nilai nyata bagi mereka, dan skema yang tepat
dapat menjadi instrumen dalam mengubah pembelian pertama pelanggan
menjadi hubungan jangka panjang.
Sumber : http://www.marketing.co.id/blog/2012/08/30/loyalitas-pelanggan-tips-agar-pelanggan-anda-semakin-dekat/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar