Penggantian
ukuran velg (roda) mobil ada plus dan minusnya. Pengubahan sidewall (profil atau dinding ban)
sebesar satu ukura dengan ukuran telapak, velg, dan ketinggian suspensi tetap,
dapat memberikan konsekuensi sebagai berikut :
Celah Tanah. Penggunaan profil ban lebih
tinggi dapat meningkatkan ground clearance. Misalnya ukuran 215/55 R17 menjadi
ukuran 215/60 R17 secara matematis akan menambah ground clearance sebesar 1,075
cm. Hal ini tentu berguna bagi mobil dengan ground clearance rendah agar
tidak mengalami hambatan pada saat melewati polisi tidur (bump) dan jalan
berlubang.
Sedangkan
penggunaan profil ban yang lebih rendah dapat menurunkan ground clearance.
Misalnya ban 215/55 R17 menjadi ukuran 215/50 R17 secara matematis akan
menurunkan ground clearance sebesar 1,075 cm. Mobil dengan ground clearance
rendah, akan meningkatkan risiko terbenturnya kolong mobil pada
saat melewati permukaan jalan yang tidak rata.
Stabilitas. Penggunaan profil ban yang lebih tinggi dapat menambah efek body
roll sehingga pada akhirnya akan mengurangi stabilitas pengendaraan. Hal ini
disebabkan karena semakin tinggi ukuran dinding ban, maka risiko dinding ban
terlipat pada saat mobil berpindah jalur atau melewati tikungan menjadi lebih
besar.
Akselerasi. Penggunaan profil ban yang lebih tinggi
akan menambah diameter dan bobot ban secara keseluruhan sehingga diperlukan
output yang lebih besar dari mesin untuk menggerakkan ban. Konsekuensinya
adalah kemampuan mobil untuk berakselerasi akan menurun (tarikan menjadi lebih
berat), bahkan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bakal lebih boros.
Pengereman. Penggunaan profil ban yang lebih tinggi menambah diameter dan
bobot ban secara keseluruhan sehingga momentum (massa x kecepatan sudut) ban
yang harus diatasi oleh sistim rem menjadi bertambah. Dengan demikian,
efektivitas pengereman menjadi menurun sehingga jarak dan waktu pengereman yang
dibutuhkan menjadi lebih panjang.
Radius
Putar Minimum. Penggunaan
profil ban lebih tinggi mengakibatkan panjang diameter ban menjadi bertambah
sehingga secara empiris dapat dirasakan bahwa radius putar minimum mobil
menjadi berkurang, dan mobil menjadi lebih sulit untuk berbelok atau melakukan
u-turn.
Setelah
mengetahui tentang berbagai konsekuensi yang timbul dari perubahan ukuran ban
mobil, maka kiranya keputusan untuk melakukan penggantian atau modifikasi atas
ban tersebut dapat melewati pertimbangan bijak, yang disesuaikan dengan
kebutuhan, anggaran, dan ketersediaan ban yang dijual di pasaran, serta dengan
menempatkan faktor keselamatan sebagai hal utama dan terutama. Have A Safety
Driving
Tidak ada komentar:
Posting Komentar