Sabtu, 17 Agustus 2013

iPhone : Cara Mengakses Photo Stream Tanpa iPhoto


iCloud memberikan akses Photo Stream untuk sinkronisasi hasil jepretan foto dari satu perangkat ke perangkat lain. Photo Stream sangat berguna apabila kamu sering mengambil foto menggunakan iPhone, kemudian ingin mengeditnya langsung memakai memakai aplikasi pengolah foto. Biasanya untuk mengakses Photo Stream harus menggunakan iPhoto. Sebenarnya, ada trik membuka Photo Stream tanpa harus membuka atau menggunakan iPhoto sama sekali, hanya membutuhkan Finder di Mac kamu.
Caranya dengan memanfaatkan fitur Smart Folder pada Finder. Tutorial kali ini akan dibagi dua, yaitu memfilter foto dan screenshot iOS.

Membuat Smart Folder Foto yang berasal dari Photo Stream

  1. Di Finder, tekan Command + Shift + G. Kemudian ketikan path file ini: ~/Library/Application Support/iLifeAssetManagement/assets/sub. Finder akan berpindah ke dalam folder sub yang terdapat di dalam Library yang secara bawaan tersembunyi. Folder tersebut berisi folder-folder dengan nama angka dan huruf acak. Di sinilah semua foto dari iOS simpan. Hanya saja, filenya tersebar secara.
  2. Untuk mensortir file foto yang tersebar tersebut, kita akan menggunakan fitur Smart Folder Finder. Langkah selanjutnya, ketikan .jpg di search filed Finder. Kemudian pilih folder Sub, jangan This Mac atau Shared.
  3. Selanjutnya, klik tombol plus. Pilih opsi Kind > Image > JPEG. Kalau bingung lihat sajascreenshot di bawah ini.
    Search Photo Finder
  4. Klik tombol Save untuk menyimpannya menjadi Smart Folder. Saya memberi namanya Camera Roll, silakan berinama sesuka hati. Opsi lainnya tidak perlu diubah.
    Camera_Roll
  5. Di sidebar Finder akan muncul Camera Roll, apabila kamu klik, berisi file foto dari yang di Photo Stream.

Membuat Smart Folder Screenshot iOS yang berasal dari Photo Stream

  1. Langkahnya sama dengan langkah nomor 1 diatas.
  2. Langkah kedua hampir mirip, bedanya di sini ketikan .png. Karena, screenshot di iOS berjenis gambar PNG.
  3. Selanjutnya, klik tombol plus. Pilih opsi Kind > Image > PNG.
  4. Klik tombol Save untuk menyimpannya menjadi Smart Folder. Saya memberi namanya iOS Screenshot, silakan berinama sesuka hati. Opsi lainnya tidak perlu diubah.
  5. Di sidebar Finder akan muncul iOS Screenshot, apabila kamu klik, berisi file screenshot dari perangkat iOS kamu yang tersinkronisasi melalui Photo Stream.
Perhatian: Kamu hanya diperbolehkan meng-copy file yang ada di folder tersebut. Jangan pernah memindahkan, atau menghapus file gambar yang ada di dalam Smart Folder tersebut. Karena file tersebut dibutuhkan oleh iCloud, apabila ada yang hilang maka iCloud kamu bisa kacau balau.
Saya sendiri, lebih menyukai sistem ini daripada harus membuka iPhoto setiap kali harus mengambil screenshot atau foto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar