Sabtu, 17 Agustus 2013

iPhone : 15 Cara Pintar Menggunakan LINE


iMessage sebagai bawaan sistem chat di iOS hanya bisa dipakai untuk megirimkan pesan ke sesama iOS atau Mac. Untuk berbincang dengan pengguna di platform OS lain, bisa memakai aplikasi pihak ketiga seperti LINE, Kakao Talk, WeChat atau WhatsApp yang populer digunakan oleh pengguna di Indonesia.
LINE sebagai salah satu aplikasi populer mempunyai banyak fitur yang mungkin tidak diketahui oleh para penggunanya. Berikut ini beberapa tips menggunakan aplikasi LINE supaya chatting dengan temanmu lebih asik.

Hemat Pulsa dengan Free Call LINE

Free Call LINE
Salah satu fitur yang asik dari LINE adalah bisa adanya telepon langsung memakai koneksi data. Artinya, bisa menghemat pulsa berbicara yang cukup mahal, apalagi kalau beda operator. Free call bekerja dengan koneksi 3G dan WiFi, artinya bisa menerima pangglan kapanpun. Hanya saja, kadang-kadang koneksinya lebih berat daripada berbincang langsung melalui telepon biasa.

Sembunyikan Kontak

Hide Contact LINE
Apabila daftar temanmu penuh dengan orang-orang yang tidak dikenal hasil dari import kontak melalui sosial media. Sembunyikan saja mereka untuk membuat daftar kontakmua hanya di isi oleh orang-orang yang memang kamu kenal dan sering bertukar pesan.
Cara menyembunyikannya sangat gampang. Di dalam tab Friends, tekan tombol Edit kemudian pilih kontak dan tekan tombol Hide.
Menyembunyikan kontak berbeda dengan Block, mereka masih bisa mengirim pesan kepada kamu.

Matikan Auto Add Friends

Akun LINE terhubung dengan nomor telepon. Ketika ada seseorang di Address Book terdaftar ke LINE maka akan otomatis juga masuk ke dalam daftar kontak LINE. Begitu juga dengan teman Facebook apabila LINE kamu sudah terhubung dengan akun Facebook.
Supaya kontak tetap rapih, kamu bisa mematikan fitur Auto Add Friends melalui tabMore > Settings > Friends > Contacts.
Di sini juga kamu bisa mematikan fitur Allow Others to Add. Artinya, apabila seseorang mempunyai LINE dan menambahkan nomor telepon kamu, maka otomatis kamu akan masuk ke daftarnya dia.

Gunakan Aplikasi Desktop

Bagi kamu yang banyak nongkrong didepan komputer dan sekaligus sering chatting pakai LINE. Pakai LINE versi desktop akan lebih nyaman daripada harus meraih iPhone setiap kali ada pesan masuk. Tautan untuk versi desktop bisa didapatkan dihalaman review LINE.

Dapatkan Sticker Gratis dengan Mengikuti LINE Event

Salah satu daya tarik LINE adalah sticker karakter LINE yang menggemaskan dan menggelikan. LINE sering membagikan atau menggratiskan sticker, ikuti akun LINE Event Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini mengenai sticker-sticker yang bisa diunduh gratis. Akun official LINE Event Indonesia bisa ditemukan melalui tab More > Official Accounts, kemudian cari “LINE Event”.

Matikan Notifikasi Group atau Temen yang berisik

Turn Off Notifications LINE
Grup message bisa menjadi berguna atau sangat-sangat menyebalkan karena lalulintas pesan yang kadang tidak terkontrol. Kamu bisa mematikan notifikasi suatu grup chat atau temanmu dengan menekan tombol Setting di layar chat yang bersangkutan (posisinya di atas kanan). Kemudian pada pop-over, tekan tombol Notifications, akan terlihat icon speaker dicoret di sebelah nama grup atau temamu yang menandakan bahwa notifikasi telah dimatikan.
Mematikan notifikasi artinya tidak akan ada pemberitahuan. Tapi jumlah pesan terbaru tetap akam muncul di layar Chats. Jadi, kamu harus membuka LINE dan mengecek manual untuk mengetahui apakah ada pesan baru atau tidak.

Perketat privacy jadikan akun non-publik

Akun LINE kamu sebenarnya publik, bisa diakses oleh siapapun. Dulu saya sering mendapatkan permintaan menjadi teman dari orang tak dikenal. Ternyata akun ID saya bisa terlihat secara publik.
Untuk mematikannya, masuk ke dalam Profile kemudian matikan Publisc User ID.

Jangan terlalu banyak install game LINE

Yang paling menyebalkan dari Facebook adalah request game petani yang minta ini-itu. Sekarang LINE juga menjadi platform game, dimana para pengguna LINE bisa memainkan game dan saling berinteraksi. Sistem gamenya mirip dengan game sosial di Facebook.
Apabila temanmu penggila game-game LINE, pasti kamu sering mendapatkan permintaan untuk memainkan suatu game. Permintaan tersebut sangat mengganggu, karena muncul di notifikasi dan tidak bisa dimatikan (kamu apakah tahu cara mematikannya? Mohon berbagi caranya di komentar, ya). Hindarilah game-game tersebut sebisa mungkin untuk hidup yang lebih tenang :)

Matikan Notifikasi Game LINE

Menyambung tips sebelumnya. Game-game LINE memang imut-imut. Tapi seringkali terasa spammy karena pesan-pesan notifikasinya.
Kamu bisa mematikan pesan dan notifikasi dari game LINE yang telah kamu berikan otoritas (install). Tempatnya ada di tab More > Settings > Accounts > Authorize Apps. Di dalam layar ini akan terlihat daftar game LINE yang telah di install. Matikan opsi Receive Messages dan Notifications.
Atau apabila sudah tidak memainkannya lagi, tekan saja tombol Unauthorize the App.

Simpan QR Code ke Photos

Mengakses QR Code akun LINE kamu membutuhkan banyak Tap. Supaya lebih cepat, simpan QR Code kamu ke Camera Roll. Dengan menekan tombol panah-bawah di atas kanan pada layar QR Code. Apabila ada teman yang ingin menambahkan akun ID-mu, tinggal buka gambarnya dari aplikasi Photos.
Selain itu, kamu bisa menyimpan screenshot ke komputer dan bisa menempelkannya ke email atau website kamu.

Biar gak bosan, pakai themes

Pada artikel ini ditulis, ada 3 themes LINE untuk iOS; Original, Cony dan Brown. Themes didesain dengan unik, dengan karaker Cony dan Brown sebagai daya tarik utama.

Kirim pesan lebih cepat dengan Return Key

Secara bawaan untuk mengirimkan pesan yang sudah diketik harus menekan tombol Send. Supaya lebih cepat bisa mengirimkannya dengan tombol Return. Untuk mengaktifkannya bisa diset melalui, tab More > Settings > Chat & Voice Calls, aktifkan opsi Send with Return Key. Tapi artinya, kamu tidak bisa membuat garis baru apabila fitur ini diaktifkan.

Bungkam LINE pada saat tertentu

Apabila kamu sedang sibuk, atau ingin tidur nyenyak tanpa terganggu oleh pesan dari LINE. Bungkan saja aplikasi Notifikasi LINE selama satu jam kedepan atau sampai jam 8 pagi. Untuk setting yang satu ini ada di tab More > Settings > Notifications.

Ingin beli Sticker tapi gak punya kartu kredit? Minta saja sama teman.

Sayangnya, menghadiahkan Sticker LINE di iOS app saat ini sudah tidak bisa lagi. Dikarenakan larangan dari Apple. Tapi, kamu masih bisa mendapatkan hadiah sticker dari teman LINE versi Android.

Amankan percakapan dengan Passcode Lock

Supaya percakapan LINE kamu tidak dibaca oleh orang lain. Kamu bisa mengaktifkan Passcode Lock, fitur ini mirip dengan Passcode pada iOS.
Itulah tips memakai LINE yang kami temukan untuk meningkatkan pengalaman berbincang, ber-chatting yang lebih menyenangkan. Kamu punya tips menggunakan LINE sendiri? Silakan berbagi di kolom komentar di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar