Rabu, 28 November 2012

PENGEMBANGAN PELAYANAN RUMAH SAKIT TANPA MERUBAH STRUKTUR MODAL / INVESTASI (IMPLEMENTASI  KSO)

  1. Manajemen Rumah Sakit membentuk tim khusus yang terdiri dari dokter spesialis sebagai calon operator dari alat yang akan dibeli, bagian pengadaan dari rumah sakit yang bertugas sebagai seleksi akan nama supplier ataupun penyedia alat yang akan dibeli dan yang terakhir bagian keuangan rumah sakit yang berfungsi sebagai pencari pola pembiayaan yang akan dipakai dan seleksi terhadap calon mitra KSO pada alat tersebut. 
  2. Medical Decision : Tim dokter operator bersama manajemen rumah sakit (dalam hal ini diwakili oleh bidang marketing) akan menentukan kebutuhan alat yang akan dibeli termasuk kondisi kompetisi pasar yang akan dimasuki dengan alat tersebut, pada tahap ini dibutuhkan data dari marketing rumah sakit atas kondisi keberadaan alat sejenis pada rumah sakit kompetitor di daerah yang sama sehingga didapat suatu feasibility sudy yang valid akan tingkat keberhasilan dari alat yang akan dibeli.
  3. Screening Decision : Pada tahap ini hasil dari pemetaan pasar serta hasil dari kebutuhan alat yang akan dibeli sudah masuk ke dalam tim pengadaan rumah sakit dan tim ini menindak lanjuti dengan menyeleksi (screening) terhadap nama supplier (minimal tiga nama) agar mereka memberikan penawaran dan presentasi akan kelebhan alat yang akan diadakan, sehinga didapat nama alat yang akan dibeli.
  4. Financing Decision : Setelah didapat nama supplier dan alat yang akan dibeli maka tugas bagian keuangan rumah sakit akan mencarikan mitra KSO yang layak dan mampu untuk membantu pembiayaan pada pembelian alat tersebut .
  5. Legal Decision : Pada tahap ini tim legal dari rumah sakit akan membuat suatu kontrak kesepakatan perjanjian dengan mitra KSO demi keamanan dari pelaksanaan kontrak KSO ini. (biasanya lama kontrak ditentukan dari perhitungan bagi hasil dan nilai pengembalian investasi pada alat yang akan dibeli).
Dengan konsep KSO diatas segala sesuatunya terkesan mudah walau pada implementasinya tidaklah sesederhana itu, tetapi tujuan dari tetap rampingnya struktur modal / struktur neraca pada rumah sakit akan tercapai dengan masuknya mitra KSO.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar