Rabu, 28 November 2012

Market Segmentation

Pasar sendiri sesungguhnya tidak homogen, penuh dengan keanekaragaman kebutuhan manusia yang terus berkembang secara kuantitatif maupun kualitatif disatu pihak, dan perbedaan kemampuan untuk memuaskan kebutuhan itu dipihak lain. Upaya identifikasi pasar dicapai melalui segmentasi pasar yang bertitik tolak bahwa pasar sangat heterogen.

Semua keluarga membutuhkan televisi, tapi ada satu keluarga yang tidak cukup dengan dua pesawat televisi dan tidak semua orang membutuhkan televisi yang sama. Perbedaan citarasa dan kebutuhan, juga kemampuan mengakibatkan terjadinya perbedaan kebutuhan. Demikian juga dengan kebutuhan yang lain. Kebutuhan wewangian, busana, kendaraan,pendidikan, jasa perbankan dll. Semua menuju kepada satu kesimpulan bahwa "tak ada produk (apapun) yang baik dan cocok untuk semua orang".
Segmentasi Pasar membagi pasar dalam segmen-segmen yang berbeda sehingga tiap-tiap segmen merupakan unit yang kompak, terukur (measureable), dapat dijangkau/dicapai (accessible) dan layak dilayani (substansial).

 

Dasar-dasar untuk Segmentasi
1.        Faktor Demografi
Ø Umur
Ø Kepadatan Penduduk
Ø Jenis Kelamin
Ø Agama
Ø Kesukuan
Ø Pendidikan
Ø dll
2.        Faktor Sosiologis
Ø Kelompok Budaya
Ø Kelas-kelas sosial
Ø Dsb
3.        Faktor Psikologis
Ø Kepribadian
Ø Sikap
Ø Manfaat produk yang diinginkan
Ø Dsb
4.        Faktor Geografis
Ø Daerah sejuk
Ø Daerah panas/pantai
Ø Dsb
5.         Faktor Penghasilan
Ø Penghasilan tinggi
Ø Penghasilan menengah
Ø Penghasilan rendah 
 
Pentingnya membuat peta target market/audience akan membuat tujuan atau sasaran menjadi tajam sehingga tidak bias.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar