Rabu, 28 November 2012

Cara Agar Apartemen Mungil Tampak Lebih Luas

img
Bagi sebagian orang memiliki apartemen jauh lebih praktis dan nyaman ketimbang mempunyai rumah. Sayangnya, banyak apartemen yang hadir dengan ukuran ruangan tidak terlalu luas.

Untuk menyiasati bentuk ruangan yang sempit, ada beberapa trik yang bisa dilakukan. Misalnya dengan mengatur dan menambah perabotan tertentu. Seperti yang dikutip dari freshome, berikut lima trik agar apartemen Anda terlihat lebih luas.

1. Pemilihan Warna
Ubahlah warna dinding Anda agar ruangan terlihat lebih besar. Warna cerah dan terang bisa membuat ruang keluarga tampak lebih luas. Kombinasi warna krem dan biru langit adalah salah satu kombinasi warna yang tepat karena dapat memberikan ilusi lebih luas. Warna terang dan cerah membuat ruangan terasa lapang dan terbuka, terutama jika tersinari oleh cahaya alami matahari.

2. Tata Cahaya
Untuk menjadikan ruangan lebih besar, usahakanlah agar apartemen Anda dimasuki cahaya dari luar. Jangan lupa mengaplikasikan tirai tipis agar cahaya yang masuk memberi kesan dramatis. Jika pemandangan di luar jendela Anda tampak kurang indah, ada baiknya menaruh beberapa pot tanaman di sekitar jendela. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan jumlah lampu di langit-langit ruangan, selain terlihat lebih cerah, ruangan juga tampak lebih luas.

3. Jaga Agar Tetap Rapi & Terorganisir
Tak ada hal lain yang memberi kesan sempit selain barang yang berserakan di mana-mana. Barang yang tersusun rapi akan membuat ruangan tampak lebih lapang. Jaga agar lantai Anda tetap terlihat dan tidak tertumpuk banyak perabotan atau barang. Selain itu, hindari menaruh banyak lukisan atau foto di dinding, karena akan berikan kesan sempit.

4. Taruh Cermin
Cermin besar dapat merefleksikan sebuah ruangan sehingga membuatnya lebih luas hingga dua kali lipat. Pengaplikasian cermin yang terbaik adalah di seberang vocal point dari sebuah ruangan. Vocal point sendiri, bertujuan agar ketika melihat ruangan tersebut, mata seseorang langsung tertuju pada titik tersebut. Anda bisa menjadikan meja atau sofa yang menjadi vocal point dalam ruang keluarga.

5. Pilih Furniture yang Multifungsi
Furniture seringkali memakan banyak tempat. Solusinya, pilih furniture dengan desain ramping dan multifungsi. Misalnya seperti sofa bed, lemari peti yang bisa dijadikan coffee table atau sofa yang juga berfungsi sebagai penyimpanan buku. Selain itu pilih meja makan yang bisa dilipat ketika Anda sedang tidak membutuhkannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar