Rabu, 28 November 2012

5 Cara  Belanja Pintar

img
Shop 'till you drop, istilah ini mungkin sering Anda dengar dalam kehidupan wanita modern masa kini. Padahal sebenarnya kebiasaan ini bukanlah merupakan kebiasaan yang baik untuk dilakukan karena meninggalkan masalah yang baru, yakni menumpuknya tagihan kartu kredit.

Belanja sepuasnya mungkin terdengar sebagai salah satu alternatif penghilang stress yang baik. Namun filosofi ini membuat Anda didera bencana finansial. Semua hal yang dipajang pada etalase toko memang menarik, dan memikat kita, untuk mengeluarkan uang yang telah didapat dengan susah payah agar membelinya. Namun, semua itu kembali lagi kepada Anda apakah cukup aware dan cermat, sehingga terhindar dari jebakan tersebut. Berikut adalah tips bagaimana untuk menjadi pembeli yang bijak seperti dikutip dari situs Mag for Women.

1. Menolak Godaan 'Diskon'
Jangan selalu pergi berbelanja pada saat Anda mendengar kata sale atau diskon. Berbelanjalah ketika benar-benar dibutuhkan ataupun ketika barang yang sedang diskon tersebut benar-benar barang yang layak untuk dibeli. Itu barulah merupakan hal yang bijak dalam berbelanja. Jangan berbelanja hanya karena barang yang ditawarkan sedang diskon, sebab itu bukanlah strategi berbelanja yang baik. Jangan sekali-kali membeli benda yang tidak Anda butuhkan.

2. Keluar dari Lingkaran 'Beli 3 Gratis 1'
Jika Anda ingin membeli satu buah kemeja bermerek, namun menjumpai tulisan 'Beli 3 dengan Harga 2' ataupun 'Beli 3 Gratis 1', jangan membelinya. Sebab jika membelinya, Anda akan terjebak dan akhirnya membeli lebih banyak dibandingkan harga produk yang gratis, dimana Anda juga belum tentu membutuhkan dalam jumlah yang banyak.

3. Jebakan Kartu Kredit
Memiliki kartu kredit merupakan hal yang cukup membuat nyaman. Namun, sebenarnya memiliki kartu kredit membuat pemakainya menghabiskan uang lebih banyak. Setiap kali melihat perhiasan ataupun dress yang cantik dengan harga yang tidak terjangkau, Anda akan tergiur dan berkeinginan untuk menggunakan kartu kredit. Cukup satu kali gesekan, maka barang yang diinginkan menjadi milik Anda.

Tetapi ingatlah hutang yang harus dibayarkan kemudian. Apalagi jika Anda termasuk orang yang tidak cukup disiplin, hutang akan menumpuk dan akhirnya membebani Anda.

4. Buatlah Catatan Belanja
Dengan membuat list barang yang akan dibeli dan fokus terhadap daftar catatan belanja, Anda dapat berbelanja dengan cermat dan hanya membeli barang yang benar-benar dibutuhkan.

5. Budget Mingguan atau Bulanan
Memiliki anggaran belanja membuat Anda memiliki tujuan, dan arah yang jelas dalam berbelanja. Hal ini membuat Anda menjadi lebih disiplin dalam mengeluarkan uang dan berbelanja sesuai kebutuhan.

Dengan berbelanja secara cermat, Anda akan memiliki hidup yang lebih bahagia dan sejahtera dengan kondisi finansial yanng lebih baik. Maka dari itu ikuti tips berbelanja ini dengan bijak. Good Luck!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar